Media
Language

Jajaran Universitas Finlandia, Irlandia, Polandia, Republik Ceko dan Swiss di EHEF 2018

Last updated on 18 Nov 2018

IMG_4415.JPG

Oleh Kristantinova


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


FINLANDIA

Sebagai salah satu negara yang terletak di paling utara dunia, Finlandia memiliki kecantikan alam dan kelebihan lainnya yang tidak dimiliki negara-negara Eropa bahkan negara-negara di dunia. Tetapi masih banyak orang yang ragu dan bertanya-tanya untuk melanjutkan studi ke Finlandia.

Alasan pertama mengapa Finlandia cocok untuk destinasi studimu adalah karena keindahan alamnya.

Memang tujuan utamamu adalah untuk belajar tetapi buat kamu senang mengeksplor keindahan negara yang jarang dijamah oleh pelajar-pelajar lainnya maka Finlandia dapat menjadi pilihanmu.

Selain itu, meskipun Finlandia adalah negara kecil dan jarang terdengar beritanya tetapi sistem pendidikan disini sangat berkualitas.

Finlandia secara konsisten berada dalam top 5 PISA (Program for International Student Assessment) Scores.

Yang lebih menariknya lagi, masyarakat di Finlandia rata-rata bisa berbicara bahasa Inggris dan ada sekitar 450 program studi di Finlandia yang berbasis bahasa Inggris.

Tahun lalu, Finlandia menduduki posisi ke 4 dalam Education First English Proficiency Index.

Tidak berhenti sampai disitu, Finlandia juga memiliki universitas yang dilengkapi fasilitas modern yang berkelas. Jangan lupakan juga bahwa Finlandia adalah negara produsen alat telekomunikasi terkenal di dunia, Nokia. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Finlandia adalah negara kecil tetapi mereka adalah negara yang berkembang dalam teknologi dan mampu bersaing dengan negara-negara besar lainnya.

Jika disimpulkan, Finlandia tidak kalah menariknya dengan negara-negara Eropa lainnya dan patut masuk ke dalam pertimbanganmu untuk dijadikan destinasi studi.

Buat kamu yang penasaran universitas mana saja yang bagus dan cocok denganmu di Finlandia, Kedutaan Besar Finlandia akan hadir di EHEF 2018 nanti.

Yuk buat daftar pertanyaan yang ingin kamu ketahui seputar studi ke Finlandia.

Selain itu, Finland University juga akan hadir pada EHEF 2018.

Finland University merupakan gabungan dari beberapa universitas: the University of Eastern Finland, University of Tampere, University of Turku, dan Åbo Akademi University. Semua universitas tersebut berada dalam 2% ranking global untuk universitas. Jika digabungkan, keseluruhan dari anggota universitas-universitas ini memiliki lebih dari 57.000 mahasiswa.

Finland University memiliki lebih dari 60 program Master yang mencakup bidang:

  • Natural Science
  • Health and Miomedical Sciences
  • Economics and Business Administration
  • Education
  • Engineering
  • Forest Sciences
  • Information and Communication Technology
  • Language Studies
  • Law
  • Social Sciences.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Finland University, klik di sini.


IRLANDIA

Selanjutnya ada negara tetangga Inggris nih, yaitu Irlandia.

Di Irlandia, bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang digunakan tidak hanya di lingkungan akademik tetapi juga di masyarakat.

Hal ini yang menjadi poin plus untuk belajar dan berinteraksi dengan masyarakat lokal selama berkuliah disana.

Selain itu, kualitas pendidikan di Irlandia juga tidak kalah bagusnya dengan negara-negara berbahasa pengantar Inggris lainnya loh.

Fakta lain jika kamu memilih studi di Irlandia berarti kamu memilih untuk tinggal di salah satu negara paling ramah dan aman di dunia.

Hal ini diakui oleh Lonely Planet pada tahun 2010 dan Global Peace Index pada tahun 2013 loh.

Pada EHEF 2018 kali ini, Limerick Institute of Technology akan ikut bergabung sebagai satu-satunya universitas dari Irlandia.

Buat kamu yang ingin kuliah ke Irlandia, kamu bisa tanya-tanya banyak ke universitas ini. Limerick Institute of Technology merupakan salah satu dari 14 anggota institusi THEA (Technological Higher Education Association).

Limerick memiliki tiga fakultas yaitu:

  • Faculty of Applied Science
  • Faculty of Engineering and Technology
  • School of Business and Humanities.

Universitas ini telah dua kali mendapatkan penghargaan sebagai The Sunday Times Institute of Technology of the Year oleh The Sunday Times University Guide pada tahun 2008 dan 2013.

Selain itu, Education in Ireland akan hadir juga untuk membantumu mencari universitas mana yang cocok dengan kebutuhanmu.

Education in Ireland sendiri merupakan bagian dari Enterprise Ireland dan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan. Enterprise Ireland bertanggung jawab untuk menjadi alat promosi pendidikan tinggi Irlandia secara internasional. Di Education in Ireland, kamu bisa menemukan berbagai informasi seputar studi di Irlandia, mulai dari program studi apa saja yang bisa kamu ambil, bagaimana kehidupan sebagai seorang pelajar internasional di Irlandia, dan cara untuk mendaftar di universitas di Irlandia.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Limerick Institute of Technology, klik di sini.


POLANDIA

Polandia juga dapat menjadi destinasi studi yang menarik.

Polandia memiliki lebih dari 450 institusi pendidikan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan universitas dari negara-negara lain.

Selain itu, biaya pendidikan di Polandia juga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa.

Pada EHEF 2018, Warsaw University of Technology yang akan ikut memeriahkan acara tahun ini.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1915 ini merupakan universitas tertua di Polandia. Tidak hanya itu, universitas ini juga merupakan universitas terbaik di bidang Teknik yang ada di Polandia. Dalam peringkat universitas di Polandia, Warsaw University of Technology selalu menempati posisi pertama untuk kategori Teknik selama sembilan tahun.

Selain itu, ada juga Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia yang akan hadir untuk memfasilitasi pelajar yang memiliki keinginan untuk studi di Polandia.

Kamu bisa bertanya banyak seputar proses yang harus dilakukan untuk bisa studi ke Polandia.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Warsaw University of Technology, klik di sini.


REPUBLIK CEKO

Jika kamu senang untuk studi di tempat yang anti-mainstream tetapi sebenarnya memiliki kualitas yang bagus juga, maka Republik Ceko dapat menjadi salah satu opsimu.

Kualitas pendidikan di Ceko telah diakui oleh banyak orang terutama untuk jurusan sains, Teknik, dan kedokteran.

Kemudian, tahukah kamu kalau apapun warga negaramu, jika kamu belajar di Republik Ceko baik di universitas negeri maupun swasta, kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya kuliah karena gratis?

Ya, biaya kuliah di Ceko ditanggung oleh pemerintah setempat sehingga calon mahasiswa hanya perlu membayar uang pendaftaran. Tapi hal ini hanya berlaku jika kamu mengambil program studi dengan bahasa pengantar Ceko.

Tidak hanya biaya kuliah yang gratis, biaya hidup selama disana pun jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Kamu juga nantinya akan mendapatkan International Student Identity Card yang semakin menguntungkanmu sebagai mahasiswa karena kamu bisa mendapatkan banyak diskon di berbagai tempat.

The Faculty of Engineering, Czech University of Life Sciences Prague akan hadir pada EHEF 2018 nanti.

Fakultas ini didirikan sejak tahun 1952 sebagai bagian dari University of Agriculture. Sepanjang sejarahnya, The Faculty of Engineering telah meluluskan lebih dari 8.000 mahasiswa. Fakultas ini memiliki 10 departemen, laboratorium untuk teknologi informasi, pusat sertifikasi teknologi, dan departemen untuk aktivitas bagi para ahli.

Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Indonesia juga akan hadir pada EHEF 2018.

Jika kamu mau bertanya-tanya seputar universitas lain yang ada disana atau bertanya mengenai proses pembuatan visa atau hal lainnya, kamu bisa tanyakan langsung ke perwakilan disana ya.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di The Faculty of Engineering, Czech University of Life Sciences Prague, klik di sini.


SWISS

Jika kamu senang dengan negara yang multibahasa, maka Swiss harus masuk ke dalam pertimbanganmu.

Ada empat bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat Swiss: bahasa Prancis, Jerman, Italia, dan Romawi.

Buat kamu yang senang belajar bahasa, Swiss adalah rumah dari banyak bahasa yang bisa kamu pelajari.

Institusi pendidikan dari Swiss yang akan hadir pada EHEF 2018 nanti adalah Swiss Education Group yang berfokus pada bidang perhotelan.

Swiss sendiri memang terkenal sebagai salah satu negara terbaik di bidang perhotelan sehingga mempelajari bidang tersebut di Swiss tentu menjadi pilihan yang tepat. Berdasarkan data yang dirilis oleh Swiss Education Group, 89% dari lulusannya sudah menduduki posisi manajer di hotel berbintang atau mempunyai perusahaan sendiri dalam kurun waktu 5 tahun, 73% lulusannya juga banyak bekerja di bisnis perhotelan dan restoran.

Pelajar internasional yang mengambil studi disini pun terbilang banyak dimana dari 6.582 murid yang sedang berkuliah disana berasal dari 111 negara. Kebanyakan dari mereka mengambil program studi perhotelan untuk S1 (69.7%), sedangkan sisanya mengambil program studi Culinary Arts dan S2 untuk perhotelan.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Swiss Education Group, klik di sini.


Itu tadi adalah daftar universitas dan institusi pendidikan yang akan hadir di EHEF 2018.

Banyak ya? Dan masih ada banyak lagi!

Jadi, ayo siapkan pertanyaan-pertanyaanmu sekarang dan sampai jumpa di EHEF 2018 bulan November nanti!


Baca juga: Jajaran Universitas Prancis di EHEF 2018