Media
Language

Ini 4 Jurusan Favorit Pelajar Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan di Belanda

Last updated on 16 Dec 2018

IMG_6634.PNG

Oleh Nurul Hardiyanti

Apa hal pertama yang akan kamu lakukan ketika ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi?

Sudahkah kamu tahu di negara mana kamu ingin melanjutkan pendidikan tinggi tersebut? Universitas seperti apa yang akan kamu tuju?

Lalu, jurusan apa yang akan menjadi pilihanmu nanti?

Perlu kamu ketahui, jawaban-jawabanmu untuk pertanyaan di atas sangatlah menentukan bagaimana masa depanmu kelak.

Terutama menyangkut soal jurusan.

Memilih jurusan yang tepat dapat menjadi hal yang memiliki andil besar bagi kehidupan kamu nantinya. Pasalnya, masih banyak sarjana-sarjana yang mengeluh sulit untuk mendapatkan pekerjaan dengan alasan jurusan yang mereka ambil tidak sesuai atau bahkan salah. Entah karena sudah terlalu banyak lulusan dari jurusan tersebut, jurusan yang diambil kurang terkenal atau mereka tidak sepenuhnya paham dengan jurusan yang diambil selama ini.

Salah satu cara termudah untuk dapat mengetahui jurusan terbaik yang bisa kamu ambil adalah dengan melihat popularitas jurusan tersebut di Universitas atau negara tempat kamu akan melanjutkan pendidikan tinggi nantinya.


Untuk daftar beasiswa Kuliah di Belanda, klik di sini.


Seperti halnya jika kamu ingin berkuliah di Belanda, maka kamu harus mencari tahu jurusan apa saja yang menjadi favorit di sana dan seperti apa jurusan tersebut.

Di Belanda setidaknya ada 4 jurusan pendidikan tinggi yang menjadi favorit para pelajar Indonesia:

1. Bisnis dan Manajemen

Jurusan Bisnis dan Manajemen dianggap menjadi jurusan yang memiliki kesempatan karier paling besar di beberapa bidang. Seperti di bidang konsultasi, penelitian atau Sumber Daya Manusia. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang sangat fleksibel. Hampir seluruh bidang pekerjaan membutuhkan pengelolaan bisnis.

Kalau kamu berminat di jurusan ini, pilihan Universitas yang kamu punya beberapa diantaranya adalah Radboud University, Utrecht University, Vrije Universitiet Amsterdam, atau Erasmus University Rotterdam. Universitas tersebut merupakan beberapa yang diunggulkan oleh QS Ranking.

2. Teknik

Tidak hanya di Belanda saja, Teknik merupakan jurusan yang sangat diminati oleh para pelajar di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, jurusan Teknik dipercaya memiliki jenjang karier yang begitu cerah. Teknik juga menjadi jurusan yang lulusannya paling dicari saat ini, itu semua berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika kamu menyukai penerapan ilmu-ilmu yang ada di bidang IPA, jurusan favorit ini sangat cocok untuk kamu.

Di Belanda sendiri, salah satu Universitas yang memiliki jurusan Teknik paling popular dan salah satu yang unggul di QS Ranking adalah Eindhoven University of Technology.


Temukan daftar universitas di Belanda, di sini.


3. Pertanian

Tinggal di negara agraris, di mana tentu saja praktisi di bidang pertanian sangat dibutuhkan, membuat pelajar Indonesia berlomba-lomba melanjutkan pendidikan tinggi mereka sebagai mahasiswa jurusan Pertanian di Belanda.

Masa depan sebagai praktisi di bidang pertanian dianggap cukup menjanjikan. Kelak, jika kamu lulus dari jurusan ini, masyarakat akan sangat membutuhkan kamu dalam hal mengembangkan Sumber Daya Alam dan mengelola hal lainnya yang berhubungan dengan pertanian dan lingkungan.

Wageningen University and Research bisa jadi pilihan kamu nantinya. Universitas ini salah satu yang unggul di bidang Pertanian berdasarkan QS Ranking.

4. Hukum

Belanda menjadi salah satu tujuan utama bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya di bidang hukum.

Salah satu alasannya adalah jurisdiksi antara Belanda dan Indonesia hampir sama. Belanda juga menerapkan sistem hukum European Continental, dimana pelajar bisa secara mendalam belajar soal hukum di berbagai sekolah hukum yang tersedia di sana.

Beberapa Universitas terkenal yang memiliki jurusan Hukum dan diunggulkan oleh QS Ranking di Belanda yaitu Leiden University, University of Groningen, Utrecht University, University of Amsterdam, dan Erasmus University Rotterdam.

Kalau kamu masih bingung seputar jurusan terbaik yang seharusnya kamu pilih, kamu bisa datang ke pameran pendidikan yang menyediakan jasa konsultasi. Salah satunya adalah Dutch Placement Day (DPD 2018). Perwakilan Universitas yang kami rekomendasikan untuk masing-masing jurusan di atas akan hadir di acara ini, lho!

Di DPD 2018 nantinya kamu bisa mendapatkan one-on-one session dengan Universitas di Belanda yang mungkin ingin sekali kamu apply dan gali lebih dalam informasi mengenai jurusannya. Kamu bisa bertanya selengkap mungkin dan mendalam dengan pihak Universitas.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa-beasiswa yang sedang berjalan di Belanda, mengetes kemampuan IELTS kamu, dan bahkan mengikuti seminar menulis motivation statement yang merupakan syarat penting dalam persayaratan kuliah di luar negeri.

DPD 2018 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 6 November 2018 di Surabaya, tepatnya di Four Points Hotel, Tunjungan Plaza dan di Jakarta, pada hari Jumat, 9 November 2018 bertempat di Perpustakan Nasional RI.
Untuk registrasi ke acara Dutch Placement Day 2018, klik di sini!

Acara ini terbuka untuk umum dan pendaftarannya pun gratis!

Untuk mendapatkan kesempatan untuk mengikuti one-on-one session, klik di sini. Dan untuk mengikuti IELTS prediction test, klik disini.


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Belanda, klik di sini.