Media
Language

Menjadikan Polandia Sebagai Destinasi Belajarmu Selanjutnya, Kenapa Tidak?

Last updated on 24 Aug 2019

Artikel 4.jpg Sumber: maxpixel.freegreatpicture.com

Oleh Dwi Septianingsih

Polandia, sebuah negara republik yang berada di Eropa Tengah ini pernah menjadi salah satu kerajaan terbesar di Eropa. Namun, sejarah mencatat bahwa pada abad-abad selanjutnya, Polandia sering ditaklukkan dan diduduki oleh negara-negara lain di sekitarnya. Akhirnya, setelah Perang Dunia II dan terlepas dari kendali Uni Soviet, mereka membentuk pemerintahan yang mereka pilih sendiri.

Kini, Polandia telah menjadi sebuah negara independen yang mengandalkan sektor industri dalam memajukan perekonomian negaranya, terutama industri besi, baja, dan industri logam lainnya. Seiring dengan hal tersebut, Polandia juga terus mengembangkan sistem pendidikan di negaranya. Polandia bahkan memiliki universitas tertua yang telah ada sejak 650 tahun yang lalu.

Polandia sebagai Tujuan Menuntut Ilmu Selanjutnya

Polandia adalah negara yang memiliki perhatian lebih pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, keputusan teman-teman untuk melanjutkan kuliah di Polandia merupakan keputusan yang baik. Kampus-kampus di Polandia memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan mahasiswanya, seperti peralatan laboratorium, perpustakaan, asrama, serta fasilitas lainnya yang dibangun secara modern mengikuti perkembangan teknologi. Teman-teman bisa menempuh program sarjana, master, dan doktor di universitas-universitas Polandia, dimana ijazah dari seluruh program pendidikan tersebut diakui di seluruh dunia. Tentunya, hal ini akan memudahkan teman-teman untuk berkarir di dunia profesional kerja nantinya.

Pemerintah Polandia pun secara rutin melakukan evaluasi dan monitoring dalam bidang pendidikan melalui sebuah lembaga yang bernama Polish Accreditation Committee (PAC). Aktivitas tersebut dilakukan untuk menjaga mutu dan kualitas pendidikan di universitas-universitas Polandia.

Program Beasiswa Ignacy Lukasiewicz

Jika teman-teman mulai tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di negara beriklim sejuk ini, teman-teman bisa menjajal seleksi beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Polandia. Beasiswa Ignacy Lukasiewicz merupakan beasiswa yang diberikan Pemerintah Polandia dan ditujukan kepada warga negara berkembang seperti Angola, Ethiopia, Indonesia, Kenya, Kolombia, Meksiko, Mayanmar, Mongolia, Mozambik, Nigeria, Palestina, Afrika Selatan, Senegal, Tanzania, dan Vietnam.

Beasiswa yang ditawarkan adalah studi program master dan doktoral yang dilakukan dalam bahasa Polandia di sebuah perguruan tinggi negeri yang dinaungi diawasi oleh menteri yang bertanggung jawab untuk pendidikan tinggi. Teman-teman tidak perlu khawatir soal bahasa, sebab jika lolos, teman-teman berhak mengikuti kursus wajib persiapan bahasa Polandia selama setahun sebelum mengambil studi di Polandia.

Tidak semua jurusan mereka buka dalam program beasiswa ini. Hanya mereka yang memiliki latar belakang ilmu alam dan ilmu-ilmu teknis seperti matematika, fisika, kimia, biologi, pertanian, kehutanan, kedokteran hewan, ilmu bumi, fisheries, geography, architecture, serta engineering yang dapat mengikuti program beasiswa Ignacy Lukasiewicz.

Jika teman-teman memiliki latar belakang keilmuan seperti yang disebutkan di atas, teman-teman bisa langsung menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Untuk teman-teman yang akan mengikuti program studi master, berkas dapat diserahkan ke Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta. Sedangkan bagi yang akan menempuh program studi doktoral dapat mengirimkan berkas-berkasnya ke universitas yang dituju.

Teman-teman yang lolos Beasiswa Ignacy Lukasiewicz nantinya akan mendapatkan biaya akomodasi selama kuliah dan biaya hidup, namun tidak termasuk biaya transportasi (pesawat pulang - pergi) dan asuransi. Kabar baiknya, jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, Polandia disebut-sebut memiliki biaya kuliah dan biaya hidup yang lebih terjangkau.

Teman-teman bisa mengecek secara langsung informasi terkait beasiswa Ignacy Lukasiewicz di situs remi Kedutaan Besar Polandia dan di website EHEF. Sedangkan untuk referensi universitas yang bisa teman-teman masuki nantinya, teman-teman juga bisa melihatnya di sini.

Tampaknya menyenangkan bisa belajar di negara asal perintis radiologi peraih Nobel, Marie Currie. Selain memiliki daya tarik dari segi sejarah, Polandia juga memiliki daya tarik dari bentang alamnya yang indah. Jadi, sampai jumpa di Polandia!