Media
Language

Negara yang Berpartisipasi di EHEF 2018: Irlandia, Italia, Polandia dan Spanyol

Last updated on 23 Aug 2019

IMG_4584.JPG

Oleh Nurchalimah


Bermimpi Melanjutkan Studi ke Eropa? Jangan lewatkan EHEF 2018, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti. Segera daftarkan dirimu sebagai peserta dalam perhelatan akbar EHEF 2018 secara GRATIS di sini.


Bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri, tapi hanya berdiam diri tanpa usaha apapun?

Percayalah application-mu tidak akan berjalan sendiri menuju universitas impianmu.

Kamu yang selama ini memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri, khususnya Eropa, mungkin kini saatnya kamu mewujudkan keinginan itu.

EHEF 2018 kembali lagi lho!

Kali ini akan diadakan di 3 kota besar di Indonesia yaitu Bandung (8 November), Jakarta (10-11 November) dan Yogyakarta (13 November).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, EHEF Indonesia 2018 juga diisi oleh perwakilan dari negara-negara di Eropa. Jadi kamu bisa leluasa untuk mencari informasi tentang negara dan universitas yang kamu incar.

Di ulasan kali ini kita akan membahas 4 negara Eropa yang cukup populer di kalangan mahasiswa asing yaitu Irlandia, Italia, Polandia dan Spanyol.

Yuk simak ulasannya berikut ini:

Irlandia

Irlandia menjadi salah satu negara yang dikenal dengan keramahanan dan keamanannya.

Negara ini memiliki kombinasi sempurna antara kota-kota modern kontemporer dan pinggiran kota yang penuh sejarah dan alami. Hijau menjadi warna yang cukup identik bagi Irlandia.

Jika kamu penggemar film, mungkin kamu tidak asing dengan Cliffs of Moher. Tebing cantik di Irlandia ini muncul dalam film Harry Potter and The Half Blood Prince, Princess Bride dan The Mackintosh Man. Selain itu kapal Titanic yang legendaris ternyata dibuat di kota Belfast, Irlandia Utara lho!

Kualitas Pendidikan di Irlandia

Sebagai negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, Irlandia menawarkan kemudahan lebih bagi mahasiswa asing untuk beradaptasi.

Kamu perlu tahu bahwa Irlandia secara reguler selalu masuk dalam jajaran negara UE dengan pelajar asing yang memiliki index kebahagiaan tinggi. Bahkan menurut situs SteXX.eu di tahun 2015 dan 2016, Irlandia berhasil meraih nilai tertinggi bersama dengan Polandia dan Norwegia.

Beberapa perusahaan besar seperti Google, EA Games, Twitter, Facebook dan Apple juga memiliki kantor pusat di Irlandia. Hal ini membuat kesempatan untuk berkarir dan magang di perusahaan besar lebih terbuka.

Selain itu 33 institut pendidikan tinggi di Irlandia total menawarkan lebih dari 5000 program yang membuat kamu bisa lebih leluasa dalam menentukan program studi mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pilihan program studi yang bagus di Irlandia adalah humaniora dan ilmu sosial, sains, arsitektur serta engineering dan teknologi.

Universitas Terbaik dan Kota Pelajar di Irlandia

Beberapa universitas top di Irlandia yang bisa kamu pertimbangkan adalah Dublin Institute of Technology, University of Limerick, University College of Dublin, Trinity College dan lain sebagainya.

Universitas-universitas di Irlandia menjadi pemimpin berbagai penelitian global. Di berbagai bidang yang berbeda, universitas Irlandia masuk dalam deretan 10 besar untuk riset sains. Sama dengan negara lain, Irlandia juga memiliki beberapa kota pelajar yaitu Dublin, Cork, Limerick, Galway, Maynooth dan Dundalk.

Dundalk menjadi salah satu kota yang populer untuk mahasiswa Indonesia karena keberadaan Dundalk Institute of Technology.

Biaya pendidikan di Irlandia cukup bervariasi tergantung program studi, status (pelajar UE dan non UE) serta kota yang kamu tinggali. Kamu bisa mengecek biaya-biaya yang dibutuhkan dengan institusi atau universitas pilihanmu sebelum memulai proses aplikasi.

Lembaga dan universitas Irlandia yang ikut menjadi exhibitor di EHEF Indonesia 2018 adalah Limerick Institute of Technology dan Embassy of Ireland. Keduanya sama-sama hadir di 3 kota yang menggelar pameran pendidikan EHEF 2018 yaitu Bandung, Jakarta dan Yogyakarta.


Untuk info lengkap Kuliah di Irlandia, klik di sini.


Italia

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan negara yang satu ini?

Kaya budaya, kuliner, sejarah dan sistem pendidikan yang diakui secara global merupakan definisi yang tepat untuk menggambarkan Italia. Negara ini juga menduduki peringkat kempat di dunia sebagai negara yang paling sering dikunjungi lho.

Italia merupakan negara ke-3 dengan perekonomian terbesar di Eropa dan ke-8 di dunia yang berbatasan langsung dengan Slovenia, Austria, Swiss dan Perancis. Negara ini menyandang predikat sebagai negara dengan jumlah situs warisan dunia terbanyak yaitu sebanyak 50 situs. Tiga buah gunung berapi aktif yang ada di Eropa yaitu Etna, Stromboti dan Vesuvius terletak di Italia.

Keuntungan Belajar di Italia

Meskipun dikenal dengan sepakbolanya, tapi Italia juga terkenal di kalangan pelajar asing lho. Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika belajar di Italia adalah sebagai berikut:

  • Universitas-universitas di Italia dikenal keunggulannya secara global dan gelarnya diakui oleh Uni Eropa.
  • Pilihan program studi yang beragam mulai dari seni, sastra, desain, hukum, kesehatan, ekonomi, bisnis, humaniora, lingkungan hidup, pertanian, pariwisata dan lain sebagainya.
  • Universitas Italia juga dikenal sangat profesional.
  • Tersedia program studi dengan bahasa inggris.
  • Program studi di Italia dapat menawarkan lebih banyak kesempatan kerja sebagai bentuk pengembangan kerja sama Italia-Indonesia.
  • Struktur program gelar diselenggarakan sesuai dengan credit tertentu (CFU).
  • Tersedia beberapa beasiswa bagi mahasiswa asing.

Kota mana di Italia yang menjadi favoritmu?

Jika kamu belum memutuskan untuk tinggal di kota mana, mungkin Milan, Roma, Bologna dan Pisa bisa menjadi pilihan karena 4 kota tersebut adalah kota pelajar. Roma sebagai ibukota negara merupakan rumah bagi berbagai spot terkenal Italia dan juga universitas terbaik di Italia.

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Milan juga mendapat predikat sebagai kota fashion. Di Milan, kamu akan mendapat paket lengkap antara universitas berkelas dunia, gaya hidup yang tinggi hingga populasi pelajar yang bergam. Total ada 8 universitas di kota Milan, termasuk Politecnico de Milano yang ikut meramaikan EHEF Indonesia 2018 nanti.

Faktor Biaya dalam Menempuh Pendidikan di Italia

Biaya hidup dan biaya pendidikan di Italia berbeda tergantung institusi dan program yang diambil serta di mana kota yang kamu tinggali. Di kota-kota besar, khususnya di bagian utara Italia biaya hidupnya lebih tinggi dibandingkan kota lainnya.

Biaya reguler untuk pelajar UE dan non UE ditentukan berdasarkan penghasilan keluarga dan program studi yang diambil. Dalam angka, biaya pendidikan di Italia antara 900 hingga 4000 Euro untuk universitas negeri. Sedangkan untuk biaya pendidikan universitas swasta akan lebih mahal.

Kemudian untuk biaya hidup, setidaknya kamu membutuhkan 10.000 Euro pertahun untuk mengcover akomodasi, transportasi, makan, hiburan dan pengeluaran lainnya.

Jika kamu berminat untuk menghemat budget, kamu bisa apply beasiswa di Italia seperti Grants For Foreign Citizens and Italian Citizens Living Abroad Awarded by The Italian Government (beasiswa penuh untuk Master, PhD, dan Research Projects under academic supervision), Invest Your Talent in Italy (beasiswa penuh untuk Master dan Academic Master), dan Regional Authority Scholarships.

Beberapa organisasi dan universitas Italia yang ikut meramaikan EHEF Indonesia 2018 adalah Uni-Italia and Istituto Italiano di Cultura, IED Istituto Europeo di Design, NABA – Domus Academy, Politecnico di Milano, Istituto Marangoni, dan University of Pavia.

Kamu bisa mengunjungi keenam booth mereka selama pameran EHEF Indonesia 2018 berlangsung di Bandung, Jakarta dan Yogyakarta.

Kemudian khusus untuk Istituto di Moda Burgo, kamu hanya bisa mengunjungi booth nya saat pameran EHEF Indonesia 2018 di Jakarta saja.


Untuk info lengkap Kuliah di Italia, klik di sini.


Polandia

Jika membicarakan tentang negara Eropa dengan budaya dan kultur yang beragam, maka Polandia menjadi salah satunya.

Negara yang beribukota di Warsawa ini secara geografis juga memiliki 9,300 danau, 23 taman nasional dan satu gurun pasir. Ini membuktikan bahwa Polandia tidak hanya kaya sejarah dan budaya namun juga keindahan alam.

Polandia juga dikenal baik dengan masyarakatnya yang jujur, wanita cantik, musik berkualitas, makanan yang lezat dan budaya minum yang berbeda. Negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara di Eropa yang menganut demokrasi modern, meskipun beberapa orang masih beranggapan bahwa Polandia ada di bawah pengaruh Rusia.

Satu lagi yang tidak bisa dilepaskan dari Polandia yaitu Robert Lewandowski. Kamu yang notabene pecinta bola pasti mengenal pemain ganteng yang satu ini kan?

Kualitas Pendidikan di Polandia

Polandia juga dikenal sangat baik untuk sistem pendidikannya. Bersama dengan Slovakia, Slovenia dan Republik Ceko, Polandia juga mencapai pencapaian luar biasa di mana total 90% warga Polandia setidaknya telah menyelesaikan pendidikan menengah. Ini merupakan angka tertinggi di Uni Eropa lho.

Untuk masalah pendidikan, Polandia memiliki tradisi yang memukau di sektor pendidikan tinggi di mana universitas pertama didirikan tahun 1364. Hal ini membuat sejarah di mana Polandia sudah mengajar murid selama 650 tahun terakhir.

Hingga saat ini ada lebih dari 65.000 mahasiswa asing yang memilih untuk melanjutkan studi di Polandia. Jika kamu belum tahu, Polandia sendiri dinobatkan sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik oleh OCDE Pisa. Universitas pertama yang berdiri di Polandia adalah The Jagiellonian University yang terletak di Krakow, didirikan tahun 1364.

Salah satu alasan yang bisa mendasari kenapa kamu bisa memilih Polandia sebagai negara tujuan untuk belajar adalah karena ada lebih dari 400 program studi dalam bahasa Inggris di Polandia.

Tidak hanya itu, total ada sekitar 12 universitas yang termasuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education. Beberapa diantaranya adalah University of Warsaw, Jagiellonian University, Warsaw University of Technology, Adam Mickiewicz University dan AGH University of Science and Technology.

Faktor Biaya dalam Menempuh Pendidikan di Polandia

Biaya kuliah dan biaya hidup di Polandia cukup terjangkau jika dibandingkan dengan negara UE lainnya. Rata-rata biaya hidup mahasiswa di Polandia adalah 350 hingga 750 euro perbulan. Untuk kota Krakow dan Warsawa, biaya hidup yang dibutuhkan lebih tinggi yaitu sekitar 450-800 euro perbulan. Ini sudah termasuk akomodasi, transportasi lokal, makan, internet dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah sedikit gambaran pengeluaran bulanan selama di Polandia:

  • Akomodasi asrama (95-142 euro) dan sewa flat bersama (237-380 euro)
  • Makanan sekitar 120 euro
  • Buku dan hiburan antara 36-47 euro
  • Transport lokal sekitar 15 euro

Lalu untuk biaya kuliah program Bachelor dan Master ada di kisaran angka 2000 euro per tahun.

Kota Pelajar dan Program Beasiswa di Polandia

Beberapa kota pelajar di Polandia adalah Warsawa, Krakow, dan Lodz.

Warsawa merupakan ibukota dan kota terbesar di Polandia. Beberapa universitas terbaik seperti University of Warsaw dan Warsaw University of Technology berada di kota ini. Kemudian Krakow menjadi rumah bagi universitas tertua dan terbaik ke-2 di Polandia yaitu Jagiellonian University. Sedangkan Lodz menjadi rumah bagi University of Lodz yang merupakan universitas terbaik ke-4 di Polandia yang masuk ke QS World University Rangkings.

Jika kamu belum tahu, Polandia juga ikut tergabung dalam Bologna Process. Program ini akan memudahkan pelajar untuk melakukan transfer kredit kuliah di sesama negara Uni Eropa lain. Bagi kamu yang mungkin berminat untuk mendapatkan beasiswa di Polandia, kamu bisa mencoba apply Ignacy Lukasiewicz Scholarship Program.

Di EHEF Indonesia 2018, Embassy of the Republic of Poland akan hadir di ketiga kota (Bandung, Jakarta dan Yogyakarta) untuk menjawab pertanyaan kalian seputar kuliah di Polandia.


Untuk info lengkap Kuliah di Polandia, klik di sini.


Spanyol

Spanyol menjadi salah satu negara yang menjadi rumah universitas-universitas tertua di Eropa.

Budaya yang kaya, gaya hidup yang menarik, kuliner yang lezat dan sistem pendidikan kualitas tinggi adalah gambaran sempurna dari Spanyol.

Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang kaya akan budaya dan keragaman. Dari segi budaya, negara yang beribukota di Madrid ini mendapat pengaruh dari warisan Romawi Kuno. Tidak hanya itu, Spanyol juga mendapatkan banyak pengaruh di bidang seni, arsitektur, kuliner dan musik dari negara-negara Eropa dan Mediterania. Di tahun 2015 lalu, Spanyol bahkan mendapat peringkat ke-2 sebagai negara dengan jumlah situs budaya terbanyak di dunia oleh UNESCO.

Kualitas Pendidikan di Spanyol

Sistem pendidikan tinggi di Spanyol dibentuk oleh 84 universitas, 511 instistut penelitian dan 66 lembaga teknologi dan sains. Sistem ini didesain secara khusus untuk mengakomodir pelajar dengan berbagai program studi. Meskipun bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Spanyol, namun kamu tidak perlu khawatir karena tersedia juga program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Melalui program Erasmus+ dan pertukaran pelajar di musim panas, Spanyol berhasil menjadi destinasi populer untuk pelajar asing. Bahkan Spanyol juga menjadi destinasi favorit bagi mahasiswa S2 dan peneliti dari Amerika Latin. Karena itulah, apapun pilihanmu untuk belajar di Spanyol, entah program Master, PhD atau hanya sekedar program pertukaran pelajar, Spanyol bisa menjadi pilihan yang tepat.

Faktor Biaya dalam Menempuh Pendidikan di Spanyol

Dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan studi tentu saja harus memperhatikan faktor biaya. Untuk Spanyol sendiri, biaya pendidikannya ada di kisaran 680-1,400 euro pertahun bergantung dengan program studi.

Kemudian untuk biaya masuk di program Master dan PhD universitas negeri adalah 17 dan 65 euro per credit. Sedangkan biaya pendidikan untuk program Master dan PhD adalah 995-1,920 euro per tahun.

Lalu untuk universitas swasta biayanya berbeda karena ditentukan oleh universitas sendiri.

Bagaimana dengan biaya hidup di Spanyol? Standarnya, kamu membutuhkan antara 900-1,100 euro perbulan, bergantung dengan kota yang kamu tinggali. Biaya pendidikan dan biaya hidup di Spanyol rata-rata lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya.

Kota Pelajar dan Program Beasiswa di Spanyol

Untuk kategori kota pelajar, Spanyol juga memiliki beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan seperti Madrid, Sevilla, Granada, Valencia dan Barcelona.

Tentunya berbagai universitas unggulan di Spanyol juga berlokasi di kota-kota tersebut. Sebut saja Universida Complutense de Madrid dan Politecnico de Madrid di kota Madrid, University of Barcelona dan Universitat Pompeu Fabra di kota Barcelona, Universida Politecnica de Valencia dan Universitat de Valencia di kota Valencia, Universitat de Granada di kota Granada dan Universidad de Sevilla di Sevilla.

Beberapa program beasiswa untuk studi di Spanyol adalah Erasmus+ dan LPDP. Beasiswa ini difokuskan untuk tingkat Bachelor, Master dan PhD dengan kategori beasiswa penuh dan sebagian.

Beberapa universitas Spanyol yang ikut menjadi exhibitor di EHEF Indonesia 2018 adalah Study in Spain, Pompeu Fabra University, Universidade de Santiago de Compostela, dan Universidad Antonio de Nebrija, di mana keempatnya ikut meramaikan EHEF Indonesia 2018 di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Kemudian untuk UCAM INDONESIA INTERNASIONAL, kamu bisa mengunjungi booth mereka selama EHEF Indonesia 2018 berlangsung di Bandung dan Jakarta.

Nah, kamu yang kebetulan berminat untuk melanjutkan studi di empat negara di atas, jangan lupa untuk meluangkan waktu mengunjungi pameran pendidikan EHEF Indonesia 2018 ya.

Segera daftarkan dirimu di sini!

Siapa tahu mimpimu untuk kuliah di luar negeri bisa tercapai karena event ini. Kamu juga bisa menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan secara langsung ke perwakilan universitas dan institusi pendidikan tinggi yang ikut hadir dalam EHEF Indonesia 2018.


Untuk info lengkap Kuliah di Spanyol, klik di sini.