Language

Jurusan Dengan Karir Memastikan di Era Digital

Last updated on 14 Oct 2019
Jurusan Dengan Karir Memastikan di Era Digital

project_20190921_092235.jpg

Oleh Irene Atalia


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Perbedaan dengan dunia masa kini dengan dunia masa lampau adalah perubahan teknologi yang kita gunakan saat ini. Dengan perubahan ini, banyak bidang pekerjaan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tersebut.

Kebanyakan universitas dunia telah mengembangkan jurusan yang relevan dengan kebutuhan peradaban masa kini dan berfokus pada era digital. Di luar itu, banyak juga universitas yang memperkenalkan jurusan-jurusan baru yang sangat menarik untuk kamu ketahui.

Dengan berpatok pada World University Rangkings milik The Higher Education, EHEF mendaftar list jurusan dan universitas yang sesuai dengan perkembangan zaman yang bisa kamu pertimbangkan sebagai bidang studimu. Berikut daftarnya:

Digital Management, Montpellier Business School

Screen Shot 2019-09-22 at 9.50.48 PM.png

(Photo by Mark Wilson/Getty Images)

Montpellier Business School adalah salah satu sekolah tinggi magister paling bergengsi di Prancis. Menjadi salah satu dari 500 universitas terbaik di dunia ini memang tidak bermain-main dengan kualitasnya. Walau terletak di Prancis, kamu tidak perlu khawatir karena universitas ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Digital Management sangat cocok kamu ambil kalau kamu tertarik dengan dunia marketing. Jurusan ini akan mengajarkan kamu skill profesional untuk berpikir kreatif dan out of the box. Hal ini dibutuhkan karena inovasi dipercaya sangat penting untuk keberhasilan setiap proyek yang berpusat di bidang digital dan keberlanjutan organisasi publik dan swasta.

Digital Service Innovation, Halmstad University

Screen Shot 2019-09-20 at 2.39.57 PM.png

(Photo by Sean Gallup/Getty Images)

Halmstad University berlokasi di Halmstad, Swedia. Universitas ini menawarkan jenis studi di beberapa bidang pendidikan, yaitu School of Business, Engineering and Science, School of Health and Welfare, School of Education, Humanities and Social Sciences dan School of Information Technology.

Sesuai namanya, Halmstad University menawarkan jurusan Digital Service Innovation agar kamu dapat disiapkan menjadi orang yang tepat untuk mengembangkan pelayanan secara digital. Program ini mengajarkan pengembangan berkelanjutan, kesetaraan dan berpikir secara kritis. Skill yang kamu dapatkan dalam jurusan ini diharapkan meningkatkan kemampuan kerjamu dengan skala global dalam bidang pelayanan masyarakat, terutama karena bidang pelayanan sangat dibutuhkan untuk terus berinovasi dalam mengoptimalkan jasanya ke masyarakat.

Embedded Systems Engineering, Universitat Duisberg Essen

Screen Shot 2019-09-20 at 2.40.14 PM.png

(Photo by Patrick Lux/Getty Images)

Menjadi salah satu universitas termuda di Jerman tidak membuat Universitat Duisberg Essen lengah dalam memberikan pendidikan yang terbaik dan karir yang menjanjikan untuk lulusannya. Bahkan, universitas ini sudah bisa berlomba menjadi universitas terbaik ke-190 di dunia.

Salah satu jurusan yang ditawarkan universitas ini adalah Embedded Systems Engineering, yang menarik karena menyatukan dua disiplin yaitu: ilmu komputer dan teknologi komunikasi. Jurusan ini menawarkan studi mendalam tentang teknik elektro, ilmu komputer dan teknologi informasi, kuliah khusus tentang pemrosesan data, teknologi informasi, dan jaringan komunikasi.

Setelah menyelesaikan studi ini, kamu dianggap bisa menempatkan teknologi tersebut untuk digunakan dalam pengembangan sistem dan layanan baru.

Entrepreneurship for the Global Hospitality and Tourism Industry, Caesar Ritz College

Di luar teknologi sendiri, banyak bidang yang ikut terdorong atas berkembangnya dunia yang serba digital. Salah satu bidang yang sangat dimudahkan adalah turisme.

Cesar Ritz Colleges adalah salah satu sekolah pariwisata dan perhotelan yang terbaik di dunia, berlokasi di Swiss. Salah satu jurusan yang ia tawarkan adalah Entrepreneurship for the Global Hospitality and Tourism Industry. Lewat jurusan ini, kamu akan belajar di mata kuliah yang fokus pada mengembangkan model bisnis baru, di mana pengusaha harus mengelola inovasi dalam pariwisata dan perhotelan tersebut untuk para konsumen. Jurusan ini tidak hanya mengenalkan kepada kamu lingkungan persaingan yang ketat dalam industri perhotelan dan pariwisata, tetapi juga menuntun kamu untuk terus berinovasi dan berkomitmen tinggi untuk survive bahkan maju dalam bidang ini.


Cari tahu jurusan yang cocok untukmu di sini


Development Studies, Lund University

Lund University yang berlokasi di Swedia masuk dalam universitas terbaik dengan rank ke-98 di list Times Higher Education World University Rangkings. Lund menyatakan bahwa universitas mereka berupaya untuk mengerti, mengembangkan dan memperbaiki kondisi manusia di dunia sekarang ini.

Development studies menjadi salah satu contohnya. Pada dasarnya, studi ini menggabungkan Sosiologi, Ilmu Politik, Geografi Manusia dan Sejarah Ekonomi. Lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan mendapatkan perspektif multidisiplin tentang perkembangan sosial dan dapat menyelesaikan permasalahan bumi dengan perkembangan jaman.

Untuk kamu yang tertarik bekerja di lembaga pemerintah dan LSM, jurusan ini bisa menjadi tepat untuk kamu karena kamu bisa mempelajari langsung kondisi manusia sekarang ini serta apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan manusia dan memadai kebutuhannya.

Creative Media and Game Technologies, Saxion University

Screen Shot 2019-09-22 at 9.53.56 PM.png

(Photo by ADRIAN DENNIS/AFP/Getty Images)

Di tengah maraknya pengembangan digital, teknologi yang menyangkut media kreatif dan gaming pasti menjadi salah satu topik utamanya. Untungnya, hal ini juga menjadi titik fokus dari universitas dan tempat belajar. Salah satu dari universitas ini adalah Saxion University. Saxon mengutamakan pembelajaran manusia sebagai pusat proses pembelajarannya.

Sesudah masuk ke Saxion University, kamu akan dipersiapkan dalam berbagai cara untuk peran masa depan mereka dalam masyarakat yang dinamis ini. Saxion menerapkan lebih dari 60% dari proses pembelajarannya untuk kerja praktek, sehingga

Saxion tidak melewatkan aspek hiburan yang sekarang juga semakin berkembang. Dalam pembelajaran, Creative Media and Game Technologies akan mengajarkan kamu semua hal tentang media kreatif dan teknologi game, bahkan bergerak ke arah media interaktif secara umum atau berspesialisasi dalam permainan.Dengan CMGT, kamu juga bisa menjadi entrepreneur, dengan mempersiapkan kamu di berbagai bidang pekerjaan seperti desainer game, animator, desainer VR / AR, direktur seni dan banyak lagi.


Lihat juga


Migration and Diversity Track (MIG, Erasmus University Rotterdam)

Di tengah dunia yang sedang berkembang, sayangnya banyak juga masalah sosial yang timbul. Hal inilah yang membuat universitas terus melakukan riset, untuk mempersiapkan mahasiswanya memperbaiki masalah ini ketika terjun langsung ke masyarakat.

Satu lagi universitas di Belanda yang bisa mempersiapkan kamu untuk ini adalah Erasmus University yang terletak di kota Rotterdam. Sesuai dengan namanya, jurusan Migration and Diversity Track disediakan universitas terbaik dengan rank 70 du dunia untuk mahasiswa yang ingin mendalami masalah imigran, terutama untuk memastikan migran diperlakukan dengan adil. Kamu juga diharapkan untuk dapat mengetahui dan mendalami peningkatan kebijakan migrasi.

Jurusan ini juga cocok untuk kamu yang ingin menolong masyarakat dengan cara terjun langsung, baik dari pihak pemerintah daerah atau nasional, organisasi masyarakat dan pembangunan, LSM, universitas dan sektor swasta.

Biology, biotechnology and therapeutic research, Universite de Nantes

Screen Shot 2019-09-22 at 9.54.29 PM.png

(Photo by Dan Kitwood/Getty Images/Cancer Research UK)

Dengan perkembangan teknologi yang tersedia saat ini, salah satu kesempatan terbesar adalah menemukan cara pemulihan yang terbaik dari penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan pengobatannya.

Untuk ikut ambil bagian dalam riset ini, kamu bisa mendaftarkan diri ke Universite de Nantes di Prancis dengan jurusan Biology, biotechnology and therapeutic research. Universitas ini masuk ke daftar 400 universitas terbaik, sehingga kualitas yang dijanjikan tentu tidak perlu diragukan.

Pelatihan yang diterapkan dalan jurusan ini didasarkan pada pengembangan keterampilan yang berpusat pada penyembuhan manusia. Tentu saja, program ini menerapkannya sesuai dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

Setelah membaca daftar jurusan yang EHEF berikan diatas, EHEF berharap kamu dapat memantapkan jurusan pilihan yang akan kamu tempuh di universitas. Jangan lupa, semua harus sesuai bidang yang kamu minati, ya!


Irene Atalia sedang mengejar gelar Humaniora di Universitas Indonesia, tepatnya di program studi Prancis. Ia tumbuh di Indonesia dengan rasa cinta pada negara-negara Eropa dan budayanya. Selagi belajar dan menambah pengetahuan tentang negara yang ia kagumi, ia juga berharap bisa membagikan pengetahuannya dengan orang-orang yang memiliki mimpi yang sama.