Media
Language

4 Kampus Film Bergengsi di Eropa

Last updated on 26 Sep 2018

2018-07-03 11.14.56.jpg Photo by Chris Murray via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Bermimpi menjadi pegiat industri film nasional?

Bingung untuk memutuskan kampus mana yang punya kualitas pendidikan film terbaik?

Kamu patut menantang dirimu, untuk kuliah di empat kampus berikut.

Empat kampus berikut merupakan kampus film terbaik di Eropa. Dengan menempuh studi di sana, dijamin skill-mu di dunia perfilman akan semakin bertambah.

Terlebih, saat ini perkembangan industri film nasional, maupun dunia, bertumbuh semakin cepat. Itu artinya, peluang karir di industri film, kian tahun kian bertambah.

Apabila kamu memang benar-benar serius untuk melanjutkan studi di kampus perfilman, maka simak ulasan empat kampus film terbaik di Eropa sebagaimana berikut:

National Film and Television School (NFTS), UK

Untuk daftar pertama kampus film di Eropa ini, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan reputasinya.

Sekolah film satu-satunya di Inggris tersebut merupakan sekolah bertaraf internasional yang telah mencetak tokoh kelas dunia di bidang perfilman. Salah satunya adalah David Yates. Sutradara film papan atas dunia, Harry Potter, itu merupakan salah satu alumni NFTS.

Tidak hanya terkenal telah mencetak tokoh-tokoh film kelas dunia. NFTS juga memiliki reputasi baik di mata para pegiat industri film. Hal tersebut dibuktikan pula dengan masuknya tiga film yang dibuat mahasiswa NFTS sebagai nominasi Oscar dalam enam tahun belakangan ini. Raihan juara di British Short Animation BAFTA oleh salah satu alumni NFTS, serta dominasi urutan pertama pada tiga kategori di CILECT Prize dua tahun lalu (2016), juga menambah deretan prestasi NFTS.

Hochschule für Fernsehen und Film München (HFF Munich/The University of Television & Film), Jerman

Tidak hanya di Inggris, Jerman juga memiliki perguruan tinggi perfilman, yakni HFF Munich. Kampus yang berlokasi di Kota Munich ini juga merupakan salah satu kampus perfilman terbaik di Eropa. Reputasi kampus di mata dunia juga tergolong sangat baik.

Dalam pelaksanaan sistem pendidikan, HFF Munich sangat menjunjung tinggi tradisi pelatihan komprehensif dalam semua aspek pembuatan film. Maksudnya, siswa di kampus tersebut akan dijejali dengan pendidikan yang merupakan dasar-dasar dari dunia film, seperti desain kreatif, teknologi, ilmu media, hingga ilmu bisnis. Hal tersebut membuat lulusan-lulusan HFF Munich dapat bekerja secara profesional, karena telah mendalami prinsip dasar dari pembuatan film, serta industri televisi.


Ingin kuliah gratis di Jerman? Dapatkan kesempatanmu dengan beasiswa DAAD! Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini.


La Femis, Perancis

La Femis merupakan akronim dari “Fondation Européenne pour les Métiers de l’Image et du Son” atau bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi “European Foundation for Image and Sound Professions”. Sekolah tinggi perfilman ini berbasis di Prancis dan merupakan salah satu anggota dari PSL (Paris Sciences & Lettres) Research University.

Sistem pendidikan yang ditawarkan La Femis sendiri berpacu pada integrasi antara seni, riset, pengembangan profesi dan pelatihan teknik. Hal tersebut lah yang membuat La Femis menjadi salah satu kampus perfilman yang mahasiswa dan alumninya, dapat mendominasi posisi teratas di berbagai ajang perfilman bergengsi dunia. Antara lain, Cannes Film Festival, Venice Film Festival dan Berlin International Film Festival.

Leiden University, Belanda

Nah, di antara ketiga nama perguruan tinggi lain, barangkai Leiden University merupakan nama perguruan tinggi yang paling sering kerap didengar. Ya, perguruan tinggi ini memang terdiri dari banyak program. Namun, di antara berbagai program tersebut, salah satu yang banyak diminati dan patut kamu perhitungkan adalah program-programnya yang berhubungan dengan dunia perfilman.

Di Leiden University sendiri, terdapat jurusan Film & Literary Studies untuk program Sarjana, serta jurusan Film & Photographic Studies untuk program paskasarjana yang dapat kamu pilih. Selain itu, terdapat pula jurusan Arts, Media and Society, sebagai alternatif bagi kamu yang juga ingin mendalami dunia seni dan media.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


+++

Demikian ulasan mengenai empat kampus film terbaik di Eropa. Bila berminat, ada baiknya kamu segera mempersiapkan diri untuk mendaftar ke salah satu kampus film tersebut.

Nah, sambil mempersiapkan diri, kamu pun juga bisa mengikuti workshop dan seminar-seminar seputar dunia perfilman.

Misalnya, Basic Filmmaking Workshop yang diselenggarakan Spin Production pada 4 s/d 5 Agustus 2018 mendatang.

Acara tersebut diisi oleh pembicara berpengalaman, yakni George Arif dan Dimas Prasetya. Akan ada banyak pengetahuan yang bisa kamu dapat dengan mengikuti workshop intensif selama dua hari tersebut. Seperti bagaimana persiapan selama pra-produksi, merekam video dan audio dengan baik dan benar, dan tentang bagaimana cara mengedit video anda agar mengesankan dan dapat menghibur penontonnya.


Untuk registrasi Basic Filmmaking Workshop, klik di sini.


Selain workshop pembuatan film, terdapat pula workshop basic news presenting untuk menambah wawasan kamu di bidang industri televisi.

Workshop tersebut akan diadakan pada tanggal 28 Juli 2018 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, dan diisi langsung oleh News Presenter nasional Anisha Dasuki, serta praktisi televisi dan komunikasi nasional, Reni Kusuma. Keduanya akan memberikan teknik-teknik dasar news presenting dalam dua perspektif. Dan kamu juga berkesempatan untuk melakukan praktik news presenting langsung di hadapan kamera.


Untuk registrasi Basic News Presenting Workshop, klik di sini.


Kedua workshop tersebut, pastinya akan menambah persiapanmu untuk melanjutkan studi film ke Eropa. Ingin mencoba?

BASIC FILMMAKING-01.jpg

BASIC NEWS PRESENTING-01.jpg