Media
Language

Belajar Water Management dan Urban Planning di Negeri Kincir Angin

Last updated on 23 Jan 2019

IMG_6712.PNG

Oleh Mia Angeline

Tahukah kalian kalau nama ‘Nederland’ dalam bahasa aslinya berarti negeri yang berdaratan rendah?

Kata tersebut sangat tepat untuk menggambarkan negara Belanda, di mana sekitar 20% daratan dan populasinya berada di bawah permukaan laut.

Bahkan 50% tanah di Belanda berada kurang dari satu meter di atas permukaan laut!

Kondisi ini membuat Belanda menghadapi dua masalah utama, pertama, bagaimana menjaga agar air laut tidak masuk ke daratan dan sekaligus menjamin ketersediaan air bersih untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Masalah kedua adalah bagaimana menjaga agar Belanda, terutama kota-kota besarnya, tetap menarik, compact, inklusif, dan kompetitif. Terutama karena wilayah negara yang kecil, maka pemerintah Belanda harus merencanakan dengan detail mengenai alokasi penggunaan daratan dan perairan agar tetap berkelanjutan (sustainable) untuk generasi mendatang.

Untuk menjawab kedua permasalahan di atas, maka tidak heran kalau Jurusan Water Management dan Urban Planning menjadi sangat maju di Belanda.

Kemajuan ini juga disebabkan karena Pemerintah Belanda telah menginisiasi Water Top Sector untuk mencari solusi berkelanjutan terhadap banjir dan kelangkaan air bersih. Pemerintah Belanda juga telah menanam investasi di sektor-sektor yang terkait perairan dan urban planning, termasuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa Jurusan Water Management dan Urban Planning.

Nah, fakta berikutnya, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beberapa karakteristik alam yang mirip dengan Belanda. Salah satu kota yang 45% tanahnya berada di bawah permukaan air laut adalah Jakarta.

Jadi sebenarnya ilmu Water Management dan Urban Planning ini sangat penting untuk diterapkan di Indonesia, lho.


Untuk daftar beasiswa Kuliah di Belanda, klik di sini.


Kalau kalian tertarik mengambil Jurusan Water Management dan Urban Planning di Belanda, ini adalah Top 5 Universitas yang menyediakan Jurusan tersebut berdasarkan QS ranking by Subject:

1. Wageningen University - #8 di Environmental studies

Wageningen University merupakan salah satu universitas Belanda yang masuk ke dalam top-ranked university di seluruh dunia. Wageningen University mendapat peringkat QS ke-8 dunia dalam bidang Environmental Sciences. Kalian bisa mengambil Jurusan Water Management di universitas terkenal ini.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Wageningen University, klik di sini.

2. Utrecht University - #46 di environmental studies

Utrecht University adalah salah satu universitas tertua di Belanda. Spatial Planning telah menjadi jurusan yang populer di Utrecht University. Kalau kalian mengambil jurusan ini maka kalian akan belajar mengenai bagaimana menghadapi masalah kompleks area metropolitan dan menghadapi perubahan lingkungan serta iklim.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Utrecht University, klik di sini.

3. Vrije Universiteit Amsterdam (VU) - #51 – 100 di Environmental Studies

VU menyediakan program Environment dan Resource Management yang akan melatih generasi mendatang untuk berpikir berkelanjutan dan mencari solusi akan masalah-masalah yang terkait dengan keterbatasan sumberdaya. Program ini dapat terbuka untuk siswa dari berbagai latar pendidikan, sehingga jika kalian tertarik mengejar S2 di bidang ini tapi berasal dari jurusan S1 yang berbeda, VU dapat menjadi pilihan tepat untuk kalian.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Vrije Universiteit Amsterdam (VU), klik di sini.

4. University of Groningen - #120 QS rankings

University of Groningen merupakan salah satu universitas tertua dengan tradisi yang kuat. University of Groningen telah mencetak sejarah dengan memiliki mahasiswa dan dosen perempuan pertama di Belanda. University of Groningen memiliki Water and Coastal Management bagi kamu yang tertarik untuk mendalami mengenai Environmental Studies.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di University of Groningen, klik di sini.

5. Radboud University - #204 QS rankings

Radboud University Nijmegen adalah universitas yang terkenal akan riset dan green campus-nya. Radboud University terkenal di beberapa bidang, salah satunya untuk Geography Planning and Environment. Kalau kalian berminat kuliah di Radboud University maka kalian dapat mengambil Jurusan Human Geography – Urban and Cultural Geography atau European Spatial and Environmental Planning.

Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Radboud University, klik di sini.


Temukan daftar universitas di Belanda, di sini.


Nah, berita baiknya kalian dapat bertemu langsung dengan perwakilan dari kelima universitas tersebut di atas pada acara Dutch Placement Day yang akan digelar pada bulan November 2018 mendatang.

Acara Dutch Placement Day ini diselenggarakan oleh Nuffic Neso untuk membantu calon mahasiswa dari Indonesia yang tertarik melanjutkan studi ke Belanda. Acara ini akan diselenggarakan di dua lokasi, yaitu di Four Points Hotel Tunjungan Plaza, Surabaya pada tanggal 6 November 2018, dan di Perpustakaan Nasional RI Jakarta pada tanggal 9 November 2018.

Kalau kalian datang ke acara DPD ini, kalian bisa konsultasi mengenai program dan beasiswa secara one-on-one dengan perwakilan institusi pendidikan tinggi di Belanda.

Selain itu kalian juga bisa melakukan try-out tes IELTS lho.

Tunggu apa lagi, langsung mendaftar dengan klik di sini!

Untuk mendapatkan kesempatan untuk mengikuti one-on-one session, klik di sini. Dan untuk mengikuti IELTS prediction test, klik disini.