Language

Ingin Lanjut S2? Coba Jawab Pertanyaan Berikut Ini Sebelum Mengambil Keputusan

Last updated on 05 Dec 2019
Ingin Lanjut S2? Coba Jawab Pertanyaan Berikut Ini Sebelum Mengambil Keputusan

project_20191022_183134.jpg

Oleh: Kristantinova

Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Apakah kamu sedang berpikir untuk melanjutkan S2?

Melanjutkan studi S2 memang memiliki banyak keuntungan. Selain yang pasti dan utama kamu bisa menambah ilmu lebih dalam terkait jurusan yang kamu pilih, kamu juga bisa memperluas peluang kerjamu ke depannya, menambah value pada latar belakang pendidikanmu, hingga memperbesar kemungkinan naiknya penghasilanmu di masa yang akan datang.

Ada beberapa orang yang langsung melanjutkan S2 setelah lulus S1, tetapi ada juga beberapa orang yang memilih untuk bekerja terlebih dahulu baru kemudian berpikir untuk melanjutkan S2.

Nah, buat kamu yang sudah bekerja kemudian memutuskan untuk kembali ke bangku belajar mengejar S2, tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri buat kamu. Kenapa? Karena setelah sekian lama waktumu berfokus untuk pekerjaan, kini kamu harus membagi waktu untuk kembali belajar dan mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Untuk bisa menempuh studi S2 dengan baik dan menyelesaikannya tepat waktu, dibutuhkan tekad dan komitmen yang kuat serta manajemen waktu yang baik. Apalagi jika kamu mempertimbangkan untuk melanjutkan S2 di Eropa.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk melanjutkan S2. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sebaiknya kamu coba tanyakan kepada dirimu sendiri dan pikirkan baik-baik untuk memastikan langkahmu.

Kenapa saya mau melanjutkan S2?

Kamu harus menemukan alasan yang kuat mengapa kamu ingin melanjutkan S2 agar kamu bisa memiliki komitmen yang kuat juga ketika kamu menjalaninya. Jika kamu melanjutkan S2 karena kamu belum siap memasuki dunia kerja setelah lulus S1, maka melanjutkan S2 bukanlah jawaban atau escape plan yang tepat karena pada akhirnya setelah lulus S2 nanti kamu akan berada di situasi yang sama lagi. Jika kamu sedang berada di situasi ini, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk memperluas jangkauan pencarian kerjamu, misalnya cobalah mencari pekerjaan di luar kota tempat tinggalmu.

Tetapi apabila kamu ingin melanjutkan S2 karena kamu ingin mempelajari suatu bidang baru secara lebih mendalam, atau karena pekerjaan yang kamu lakukan sekarang membutuhkan kamu untuk memiliki keterampilan yang lebih mendalam, maka melanjutkan studi S2 dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika pekerjaan impianmu memintamu untuk memiliki gelar Master atau PhD, maka melanjutkan studi S2 akan menjadi pilihan yang tepat.

Program studi apa yang tepat untukku?

Ketika pikiranmu sudah bulat untuk melanjutkan S2, hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan baik-baik adalah program studi atau jurusan apa yang harus kamu ambil. Apakah kamu ingin melanjutkan S2 di dalam negeri atau di luar negeri? Apakah jurusan yang kamu ambil masih satu lingkup area dengan jurusan yang kamu ambil saat S1? Tidak jarang ditemui orang-orang mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan yang ia ambil di S1. Namun itu tidak menjadi masalah jika kamu memang merasa jurusan yang ingin kamu ambil di S2 ini akan lebih berguna untuk karir masa depanmu.

Jika kamu sudah bisa menjawab pertanyaan nomor 1, maka seharusnya kamu sudah lebih tahu program studi seperti apa yang ingin kamu pelajari lebih dalam sehingga pada pertanyaan ini kamu bisa lebih fokus untuk mencari di universitas mana kamu akan melanjutkan S2 mu. Lakukanlah riset terkait program studi yang kamu inginkan beserta dengan persyaratan yang diperlukan.

Kapan waktu yang tepat untuk melanjutkan S2?

Kamu tidak sedang dalam balapan mobil, sehingga kamu tidak perlu terburu-buru memikirkannya. Take your time sehingga kamu bisa memikirkan matang-matang semuanya. Mematangkan persiapan sangat penting apalagi jika kamu memutuskan untuk S2 di Eropa. Luangkan waktumu mengunjungi pameran pendidikan untuk mendapatkan informasi lebih dalam terkait jurusan dan universitas yang kamu minati.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke Eropa, kamu dapat mengunjungi pameran pendidikan EHEF 2019 yang akan diselenggarakan sebentar di Surabaya tanggal 31 Oktober 2019, Jakarta 2 - 3 November 2019, dan Bandung 5 November 2019. Disana, akan ada 106 representatif perguruan tinggi di Eropa

Inti pada poin ini adalah mendaftarlah ketika kamu merasa kamu sudah bisa berkomitmen untuk melanjutkan studi S2. Berkomitmen di sini berarti kamu sudah tahu tujuan jangka panjangmu dan kamu sudah tahu bidang apa yang ingin kamu pelajari di S2.

Bagaimana caraku membayar biaya pendidikan S2-ku?

Jika kamu memutuskan untuk berkuliah ke Eropa, maka pikiranmu juga akan banyak berkutat di pertanyaan ini. Akan ada banyak biaya yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelum akhirnya kamu bisa melangkah studi S2, mulai dari biaya pendaftaran, biaya pendidikan per semester atau per tahunnya, biaya hidup selama studi, hingga biaya keberangkatanmu ke Eropa.

Pada pertanyaan ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menjabarkan biaya-biaya apa saja yang perlu kamu bayar untuk melanjutkan S2 mu. Setelah kamu mengetahui nominalnya, kamu baru akan bisa menentukan apakah kamu bisa membiayai studi S2 mu tersebut dengan penghasilanmu sekarang atau kamu harus mencari jalan lain, misalnya seperti mencari beasiswa atau mencari part-time selagi kamu studi S2 nanti.

Apakah gelar S2-ku ini akan mengembangkan karir masa depanku?

Terlepas dari alasan lain yang kamu punya, salah satu alasan yang pasti dimiliki oleh setiap orang yang ingin melanjutkan S2 adalah agar dapat memiliki jenjang karir yang lebih bagus dari saat ini.

Jenjang karir yang lebih baik di depan juga berarti penghasilan yang lebih baik. Maka pada pertanyaan ini kamu harus memikirkan apakah dengan kamu mengambil studi S2 ini ke depannya kamu akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik? Secara umum, tentu orang-orang yang memiliki gelar S2 akan menemukan peluang kerja dengan gaji yang lebih besar pula. Tetapi kamu harus berhati-hati, setidaknya kamu harus memiliki skema jangka panjang, apakah penghasilan yang nanti akan kamu dapatkan setelah kamu lulus S2 akan sebanding dan jauh lebih besar dari biaya yang kamu keluarkan untuk membiayai pendidikan S2 mu?

Jika kamu perlu bantuan untuk mencari tahu ke arah mana karirmu nanti jika kamu mengambil program studi S2 yang ingin kamu ambil ini, kamu bisa bertanya kepada rekan kerja atau konseling karir di perusahaanmu. Perbanyak waktu untuk sharing cerita dengan orang-orang yang sudah lebih dulu terjun ke pengalaman ini.

Apakah kembali ke bangku kuliah akan memengaruhi gaya hidupku?

Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi S2 ke Eropa maka kemungkinan besar kamu akan kembali menjadi full-time student. Dalam posisi tersebut pertanyaan ini harus menjadi bahan pemikiranmu juga, apalagi jika kamu sudah berkeluarga. Apakah keluargamu akan ikut bersamamu? Jika ya, maka kamu harus memikirkan akomodasi yang lebih besar untukmu dan keluargamu.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbanganmu sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan studi S2. Semoga setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut tekad dan komitmenmu sudah lebih kuat sehingga kamu lebih siap untuk melangkah menuju gelar S2-mu. Wish you best of luck!