Media
Language

9 Jurusan Master Terpopuler Bagi Pelajar Internasional di Eropa

Last updated on 19 Dec 2018

IMG_9204.PNG

Oleh Nurul Hardiyanti

Gelar master internasional akan membantu kamu untuk lebih bisa berpikir secara global, serta diakui kemampuannya secara internasional.

Memiliki gelar master internasional tidak hanya membuat CV kamu jadi cantik. Gelar master yang kamu raih di luar negeri juga akan mengasah kemampuan berpikir kamu yang global, membuat kamu terbiasa dengan lingkungan internasional, dan kemampuan kamu pun diakui secara internasional.

Dengan begitu, kesempatan kamu untuk mendapatkan pengalaman bekerja di luar negeri juga semakin besar.

Melansir dari Studyportals, ehef.id sudah merangkum daftar beberapa jurusan yang paling populer di kalangan pelajar internasional yang kuliah di Eropa.


Ingin kuliah S2 di Eropa dengan beasiswa? Klik di sini dan dapatkan daftar beasiswanya!


Ini dia 9 jurusan terpopuler yang bisa jadi pertimbangan kamu:

1. Master Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan

Pada prinsipnya, setiap orang butuh kemampuan dalam berorganisasi dan memimpin. Dengan mengambil program master di bidang ini, kamu akan dipersiapkan untuk secara kompetitif mencapai tujuan-tujuan bisnis/perusahaan.

Kamu bisa mengambil pendidikan terbaik seputar Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan di Jerman, Inggris atau Prancis.

2. Master Ilmu Komputer

Zaman semakin canggih, semua aspek kehidupan sekarang ini sudah terdigitalisasi. Kemampuan dalam komputisasi semakin dibutuhkan, sehingga master di bidang ini sangatlah dicari oleh banyak industri.

Beberapa negara di Eropa seperti Belanda dan Finlandia tersebut dipercaya memiliki kualitas terbaik perihal Ilmu Komputer.

3. Master Bisnis Administrasi

Pasti kamu sudah tidak asing kan dengan MBA?

Yup, gelar ini menjadi salah satu yang paling populer karena sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Nantinya kamu akan belajar bagaimana cara perusahaan mengambil keputusan besar lalu, menjadikannya sebagai strategi bisnis.

Kalau kamu tertarik memiliki gelar MBA, dua negara yang bisa menjadi pertimbangan kamu adalah Denmark dan Spanyol.


Untuk info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini!


4. Master Hubungan Internasional

Relasi saat ini menjadi penting sekali bagi berbagai negara, bahkan individual. Di dunia yang serba terkoneksi seperti sekarang, menjaga relasi dengan negara lain atau organisasi internasional lain sangatlah wajib bagi setiap negara.

Selain memegang jabatan di pemerintahan atau bekerja di luar negeri, Anda juga dapat menggunakan gelar Sarjana Anda di HI untuk memasuki dunia: Bisnis, Jurnalisme, Ekonomi, LSM, Periklanan, dan penelitian Sosial. Oleh karena itu, kalau kamu memiliki master di bidang ini, kesempatan besar menantimu.

Jerman, Belgia dan Prancis adalah beberapa negara terbaik untuk mempelajari Hubungan Internasional.

5. Master Ekonomi

Keterampilan yang dikembangkan melalui studi ekonomi sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai industri.

Banyak profesional di bidang perbankan dan akuntansi memegang gelar ekonomi. Untuk karir apa pun yang terkait dengan keuangan, gelar ekonomi adalah fondasi yang baik untuk dikembangkan. Peran dalam analisis data seperti aktuaris, atau analis investasi, adalah karier khas untuk lulusan ekonomi.

Mempelajari Ekonomi yang disarankan yaitu di negara Inggris, Belanda dan Lithuania.

6. Master Psikologi

Masalah psikologi pada diri individu selalu jadi perhatian, maka dari itu bidang ini terus menjadi 10 besar yang paling diminati dan dicari oleh perusahaan.

Berbagai posisi bisa ditempati jika memiliki gelar master dalam psikologi, seperti menjadi psikolog olahraga, psikolog pusat rehabilitasi, atau HRD di berbagai perusahan. Kemampuan kamu dalam menganalisa perilaku dan cara berpikir manusia juga bisa digunakan untuk membuat strategi bisnis yang sesuai dengan pasar.

Negara-negara yang memiliki pendidikan Psikologi yang patut diperhitungkan adalah Norwegia atau Belanda.


Temukan daftar universitas di Eropa disini!


7. Master Bisnis Internasional

Sekali lagi, gelar yang berhubungan dengan bisnis menjadi salah satu yang paling populer.

Orang yang jago dalam bidang ini sangat dibutuhkan, hal itu tidak terlepas dari globalisasi yang membuat perusahaan-perusahaan yang ada terus meningkatkan cangkupannya menjadi perusahaan global.

Anda nantinya perlu mengembangkan pola pikir global agar sukses dalam bisnis. Mempelajari bisnis internasional memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana globalisasi telah meningkatkan 'hubungan' bisnis, pasar, orang, dan informasi di berbagai negara.

Inggris, Jerman, dan Italia bisa jadi negara tujuan kamu untuk belajar Bisnis Internasional.

8. Master Biologi

Sampai sekarang masih banyak spesies yang harus ditemukan dan Biologi memegang peran penting terhadap penemuan obat untuk setiap penyakit. Kalo kamu ambil gelar ini, kamu bisa bekerja sekaligus membantu untuk kelanjutan hidup berbagai makhluk hidup.

Norwegia, Swedia dan Inggris adalah negara yang dianggap tepat untuk belajar Biologi.

9. Master Teknologi dan Mesin

Sama seperti Ilmu Komputer, Teknologi dan Mesin menjadi incaran banyak industri saat ini. Terlebih, belum banyak juga lulusan dari bidang ini.

Insinyur sangat dibutuhkan di semua sektor; organisasi membutuhkan mereka untuk mengembangkan solusi inovatif dan kreatif yang akan membuat produk lebih maju atau efisien. Dan beberapa disiplin menawarkan keragaman kesempatan kerja, dengan lulusan yang melanjutkan bekerja dalam perawatan medis, desain pesawat terbang, atau bahkan sejauh ruang.

Kamu bisa mendapatkan gelar ini di negara Turki, Jerman, atau Republik Ceko.

Itu dia 9 jurusan yang populer yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam meraih gelar master internasional.

Gelar tersebut nantinya membuka kesempatan kamu untuk bisa mendapatkan pengalaman bekerja di Eropa. Kamu juga nantinya bisa menerapkan semua pelajaran serta pengalaman yang kamu punya di Indonesia.

Jadi, jurusan mana yang paling cocok dengan kamu?


Info lengkap mengenai kuliah di Eropa, klik di sini.