Study in Hungary

Study in Hungary

Last edited on 27 Oct 2020
Language





Hi! Üdv Magyarországon!

Hi! Selamat datang di Hungaria!

Hungaria terletak di Eropa Tengah dan merupakan tempat pertemuan berbagai kebudayaan Eropa. Ibu kotanya, Budapest, merupakan salah satu kota dengan penampilan tercantik di Eropa. Negara ini memiliki populasi sebanyak 10 juta jiwa dan memiliki iklim yang menyenangkan. Bahasa negara adalah bahasa Hungaria sedangkan bahasa Inggris dan Jerman diajarkan di sekolah sebagai bahasa ke dua. Berkat perpaduan pengaruh barat dan Eropa, Hungaria membanggakan kekayaan peninggalan dan sejarah yang menarik semua orang di seluruh dunia. Selain itu, Hungaria juga menawarkan lebih banyak lagi, pemandangan alamnya, peninggalan bangsa Romawi Kuno, peninggalan kebudayaan Turki,dan berbagai bangunan bersejarah yang dilestarikan, menyediakan informasi dari berbagai kebudayaan bersejarah arsitektur Eropa. Delapan diantaranya merupakan Situs Bersejarah Dunia UNESCO.

Sebagai jembatan Eropa Tengah dan Timur, Hungaria menawarkan kombinasi daya tarik kedua wilayah tersebut – dan masih mempertahankan tradisinya. Tradisi yang membanggakan ini bukanlah tanpa dasar. Meskipun negara ini relatif kecil, ia memiliki banyak yang dapat ditawarkan kepada pengunjung, dari arsitektur dan kebudayaan yang menyenangkan dari ibukota Budapest, hingga bukit yang diselimuti kebun anggur dan kastil bersejarah. Deengan beragam daya tarik alami dan buatan, dikombinasikan dengan biaya hidup yang relatif rendah dan focus yang kuat terhadap dunia internasional, tampaknya kepopuleran Hungaria sebagai tujuan belajar akan semakin berkembang. Pilihlah untuk belajar di Hungaria sekarang, dan kamu bisa saja menjadi pemimpin dalam tren terbaru ini.

Sehubungan dengan pendidikan internasional, sektor pendidikan tinggi Hungaria terdiri atas universitas negri, universitas publik, kampus keuangan negara dan institusi pendidikan keagamaan – dengan pengakuan dari Uni Eropa dan negara – negara lainnya.

Walaupun tidak semapan Britania Raya, Jerman, atau Perancis dalam peta pendidikan internasional, Hungaria berdedikasi untuk menjadi pusat pendidikan tinggi. Universitas – universtias di Hungaria menerima pelajar dengan jumlah yang semakin meningkat, baik dalam program pertukaran dan sarjana, dan meningkatkan kelas – kelas perkuliahan dalam bahasa Inggris.


Sistem Pendidikan Tinggi

Sejalan dengan Proses Bologna yang bertujuan menjadikan sistim pendidikan seluruh Eropa lebih harmonis, universitas – universitas di Hungaria menawarkan tiga tingkat pendidikan: alapképzés (sarjana), mesterképzés (pasca sarjana) and doktori képzés (doktor). Program sarjana pada umumnya berlangsung selama tiga atau empat tahun, program pasca sarjana satu atau dua tahun dan program doktoral selama tiga tahun. Dalam beberapa bidang studi, mengkombinasikan program sarjana dan pasca sarjana dimungkinkan dengan panjang kuliah lima hingga enam tahun. Hungaria memiliki total 20 universitas negara, tujuh universitas umum, sepuluh kampus negara dan 31 kampus swasta.

Persyaratan Bahasa untuk berkuliah di Hungaria


Bahasa Hungaria

Berdasarkan peraturan Hungaria, pelajar asing harus lulus ujian bahasa Hungaria sebagai persyaratan untuk mendapatkan diploma. Bila kamu mengambil program sarjana, kamu akan diwajibkan memiliki level kefasihan berbahasa Hungaria, setidaknya ditingkat C1 dalam Paspor Bahasa Europass. Untuk pelulusan program, lembaga perkuliahanmu akan menentukan bahasa ujian yang harus kamu ambil sebelum kamu mendapatkan diploma. Namun, jika bahasa pengantar perkuliahan bukan dalam bahasa Hungaria, kamu dibebaskan dari keharusan mengikuti ujian bahasa Hungaria.

Bahasa Inggris

Jika bahasa pengantar perkuliahan dalam bahasa Inggris, kamu akan diminta menunjukkan bukti kemahiran berbahasa Inggris. Untuk itu, kamu dapat memberikan hasil yang didapat dari lembaga internasional yang sudah diakui, seperti test TOEFL, atau lulus tes di lembaga pendidikan Hungaria pilihanmu. Bila kamu adalah pelajar dari Uni Eropa, kamu juga akan meminta sekolahmu untuk mengevaluasi pelajaran Bahasa Inggrismu dari sekolah menengah untuk memastikan apakah kemampuan berbahasa Inggrismu memenuhi persyaratan yang diminta. Pelajar dari negara – negara yang berbahasa Inggris dan telah mengikuti program pelajaran dengan bahasa Inggris di sekolah menengah akan dibebaskan dari ujian bahasa Inggris.


Kelas Persiapan

Bila kamu belum atau tidak lulus ujian masuk universitas di negaramu atau kamu bukanlah pelajar dari Uni Eropa, kamu hampir dipastikan harus mengikuti kelas persiapan di institusi pilihanmu sebelum mendaftar ke pendidikan tinggi. Kelas persiapan bertujuan untuk mempersiapkan pelajar dengan level pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti program perkuliahan pilihan. Kelas persiapan ini pada umumnya berlangsung selama dua semester dan biaya yang dibutuhkan beragam, disesuaikan dengan program dan lembaga pendidikan.

Nilai minimum yang memenuhi syarat berkuliah di Hungaria

Pelajar di Hungaria dinilai berdasarkan pendidikan sebelum mereka menempuh pendidikan tinggi. Peringkat berdasarkan nilai rata – rata siswa di sekolah sebelumnya dan bahkan pengalaman kerja jika diminta oleh program – program tertentu. Karena itu, selalu bertanya pada universitas/kampusmu di Hungaria tentang nilai minimum yang kamu butuhkan untuk diterima.

Kamu dapat menggunakan diagram nilai Eropa untuk membandingkan nilaimu dengan persyaratan nilai di Eropa.

Sumber: Act CXXXIX of 2005 on Higher Education in Hungary

Videos