Language

Cari Tahu Info Lengkap Studi di Hungaria, Negara yang Memiliki Kualitas Pendidikan Tinggi dengan Harga Terjangkau

Last updated on 15 Jul 2024
Cari Tahu Info Lengkap Studi di Hungaria, Negara yang Memiliki Kualitas Pendidikan Tinggi dengan Harga Terjangkau

building-77610_1280.jpeg Sumber: Pixabay

Oleh: Kristantinova

Pembicara: Patricia Pankovics, Atase Kebudayaan di Kedutaan Besar Hungaria

Kalau kalian lagi mencari negara studi di Eropa yang letaknya di Eropa Tengah, jadi dekat kemana mana, dengan kualitas pendidikan yang bagus dan harga yang terjangkau, Hungaria harus masuk dalam daftar pertimbangan kalian. Patricia Pankovics, selaku representatif Hungaria pada acara EHEF 2023, menjelaskan banyak hal mengenai sistem studi di Hungaria, beasiswa yang tersedia, dan alasan alasan mengapa kalian harus memilih untuk studi di Hungaria. Berikut ulasan lengkapnya.

Pendidikan Tinggi di Hungaria

Kalau bicara soal pendidikan di Hungaria pastinya tidak bisa lepas dari sejarah pendidikan di sana yang sudah berlangsung lebih dari 700 tahun lalu. Hungaria merupakan rumah dari salah satu universitas tertua di Eropa yang sudah berdiri sejak abad ke 14. Memutuskan untuk belajar di Hungaria berarti kalian bisa menjadi bagian dari warisan tersebut.

Bidang studi yang dapat dipelajari di Hungaria juga beragam, mulai dari IT, Kedokteran, Musik, Tehnik, Agrikultur dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat kurang lebih 40.000 murid internasional yang sedang belajar di Hungaria. Jadi kalian tidak perlu khawatir kalian harus belajar bahasa Hungaria untuk bisa kuliah disana karena program studi di sana bisa diambil dengan bahasa Inggris. Kurang lebih ada sekitar 600 program yang bisa kalian ambil dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Struktur Pendidikan Tinggi di Hungaria

Struktur pendidikan tinggi di Hungaria kurang lebih hampir sama dengan negara negara Eropa lainnya. Untuk program S1 membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk menyelesaikan studinya tergantung dari jurusan yang diambil. Untuk program Master atau S2 kurang lebih membutuhkan waktu 2 tahun. Begitu pula dengan program PhD yang juga membutuhkan waktu 2 tahun.

Kota Kota Destinasi Studi di Hungaria

Hungaria memiliki beberapa kota kota yang sering menjadi destinasi studi untuk kuliah. Berikut beberapa daftarnya.

Budapest

Kota yang pertama pastinya ibukota Hungaria sendiri, yaitu Budapest. Budapest berlokasi di tengah kota dan merupakan rumah dari beberapa universitas terkenal seperti Corvinus University of Budapest dan Budapest University of Technology and Economics.

Szeged

Kota lain yang tidak kalah terkenal terutama di kalangan murid murid Indonesia adalah Szeged. Kota ini memiliki populasi murid Indonesia yang besar. Berlokasi di di sebelah Selatan Hungaria, kota ini merupakan tempat salah satu universitas tertua di negara ini yaitu Szeged University yang sudah berdiri sejak tahun 1581. Universitas ini terkenal dengan jurusan Humanity dan Social Sciences nya.

Debrecen

Kota ketiga yang juga bisa jadi pertimbangan kalian adalah Debrecen, yang memiliki universitas terkenal untuk jurusan Kedokteran dan Engineering, yaitu University of Debrecen.

Pécs

Di kota inilah salah satu universitas tertua di Eropa berada yaitu University of Pécs yang sudah berdiri dari tahun 1367. Selain Szeged, Pécs juga memiliki banyak populasi murid Indonesia. Hal ini dikarenakan dua kota tersebut masuk dalam daftar beasiswa IISMA yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Tahun ini saja ada 36 pelajar Indonesia yang mendapat beasiswa IISMA untuk berkuliah di Szeged dan 32 pelajar untuk berkuliah di Pécs.

Biaya Kuliah di Hungaria

Untuk biaya kuliah di Hungaria bervariasi tergantung dari jurusan yang kalian ambil. Tentunya jurusan Kedokteran merupakan jurusan dengan biaya kuliah yang paling tinggi. Jika kalian mengambil jurusan Bisnis dan Administrasi, biaya kuliahnya bervariasi dari 1.500 - 3.500 EUR. Biaya ini tidak berlaku per semester atau per tahun melainkan untuk keseluruhan periode studi.

Kehidupan di Hungaria

Selama berkuliah di Hungaria, ada banyak hal yang bisa kalian eksplor di Hungaria, mulai dari kuliner lokal, tradisi dan festivalnya. Untuk kalian yang senang musik, satu festival musik terbesar di Eropa juga diselenggarakan di Budapest yaitu Sziget Festival. Untuk kalian yang senang kuliner, festival makanan juga banyak diadakan tidak hanya di Budapest tapi juga di kota kota lain.

Selain itu, untuk kalian yang berencana untuk bekerja sambil kuliah, kalian juga boleh bekerja hingga 25 jam per minggu.

Menurut informasi dari studyinhungary.hu, apabila kalian tinggal di asrama, biaya hidup di Hungaria bervariasi mulai dari 65-78 EUR tergantung dari lokasi kota kalian berkuliah. Namun jika kalian ingin tinggal di flat baik sendiri maupun sharing, biaya hidupnya bervariasi mulai dari 200-500 EUR. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek di sini.

Beasiswa yang Tersedia di Hungaria: Stipendium Hungaricum Programme

Salah satu beasiswa yang tersedia untuk pelajar yang ingin belajar di Hungaria adalah Stipendium Hungaricum Programme. Program beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Hungaria dan ditawarkan oleh yayasan swasta yaitu Tempus Foundation. Indonesia merupakan salah satu partner kunci dengan 110 beasiswa yang tersedia setiap tahunnya. Kuota terbanyaknya biasa tersedia untuk program PhD, tetapi ada juga beasiswa penuh yang tersedia untuk program S1 dan S2.

Program beasiswa ini biasanya membuka pendaftaran dari bulan November hingga pertengahan Januari. Cara pendaftarannya hanya cukup melalui websitenya saja dan kalian bisa mendaftar hingga untuk 2 universitas atau untuk 2 program studi dalam 1 universitas yang sama.

Di websitenya terdapat 600 program dari 30 institusi yang tersedia untuk beasiswa ini. Kalian bisa mencari berdasarkan jurusan yang kalian mau kemudian nanti akan muncul daftar universitas yang tersedia untuk jurusan tersebut.

Persyaratan Beasiswa

Untuk yang ingin mendaftar, kalian cukup mengunggah ijazah pendidikan sebelumnya. Jika ingin mendaftar untuk beasiswa S1 berarti mengunggah ijazah SMA, jika ingin mendaftar untuk beasiswa S2 berarti mengunggah ijazah S1. Lalu yang perlu diperhatikan adalah jika kalian mendaftar untuk beasiswa S2 dan PhD, kalian harus memilih jurusan yang relevan dengan studi kalian sebelumnya.

Umumnya, untuk bisa mendaftar beasiswa ini kalian tidak perlu mengambil kelas bahasa Hungaria atau ikut English Language Exam, meskipun tidak menutup kemungkinan ada beberapa universitas yang meminta persyaratan tersebut. Ada juga beberapa universitas yang meminta untuk interview online sebagai salah satu persyaratan, ada juga yang hanya cukup mengunggah dokumen dokumen kelengkapan saja. Kalian bisa melihat persyaratan lengkap dari beasiswa ini di sini.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup pendanaan kuliah untuk keseluruhan periode studi kalian. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan tunjangan bulanan tergantung dari level studi kalian. Biasanya program PhD mendapatkan tunjangan paling besar.

Proses Seleksi

Secara garis besar urutan dari proses seleksi beasiswa ini kurang lebih sebagai berikut:

  • November - Pertengahan Januari: proses pendaftaran
  • Februari: Kemendikbud melakukan sortir kandidat
  • Maret - Mei: pihak Foundation yang menawarkan beasiswa membuat seleksi final
  • Juni: pengumuman penerima beasiswa

Jadi setelah pengumuman di bulan Juni kalian bisa langsung mengurus proses visa dan berangkat ke Hungaria di bulan September karena kegiatan belajar dimulai di bulan September.

Bekerja Setelah Lulus di Hungaria

Setelah lulus, biasanya para lulusan diberikan kesempatan untuk mendaftar visa kerja untuk mencari pekerjaan di Hungaria selama 1 tahun.

Perusahaan perusahaan berbasis internasional juga tersebar tidak hanya di ibukota Hungaria, Budapest, tetapi juga di kota kota lainnya, sehingga peluang untuk magang dan bekerja di perusahaan internasional di Hungaria sangatlah besar.

Beberapa Alasan Kalian Harus Memilih Studi di Hungaria

Pada kesempatan di acara EHEF 2023, Patricia juga menuturkan beberapa alasan kenapa kalian harus memilih Hungaria sebagai destinasi studi kalian.

  1. Lingkungan yang aman dan bersahabat.
  2. Kualitas pendidikan yang bagus dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.
  3. Berlokasi di tengah Eropa yang berarti mengunjungi kota negara negara tetangga seperti Wina dan Praha untuk jalan jalan tidaklah jauh dan mahal.
  4. Hungaria juga memiliki banyak situs bersejarah UNESCO yang bisa menjadi destinasi wisata kalian juga.

Oke, itu tadi beberapa informasi yang bisa menjadi bahan pertimbangan kalian jika kalian tertarik untuk berkuliah di Hungaria.