Study in Finland

Study in Finland

Last edited on 29 Nov 2022
Language





Selamat datang di Finlandia!

Finlandia adalah negara maju dengan infrastruktur maksimal, sistem pendidikan, pelayanan kesehatan dan kebudayaan yang dinamis. Belajar di Finlandia adalah pilihan yang tepat dan eksotis untuk mendapatkan pengalaman akademis dan profesional juga pengembangan diri. Memiliki populasi hanya lebih dari lima juta penduduk, menjadikan Finlandia negara yang lapang dengan penduduknya yang ramah – lalulintas yang teratur, jarang terjadi kemacetan dan tata kota didesain untuk pejalan kaki dan pesepeda juga pengemudi. Tak hanya sistem pendidikan kelas dunia dan lingkungan yang inovatif dan dinamis, Finlandia juga memiliki keindahan alam yang menawan. Berada di utara Eropa, Finlandia berbatasan dengan Rusia di sebelah timur, Teluk Finlandia di selatan, Teluk Bothania dan Swedia di selatan, dan Norwegia di utara. Beribukota Helsinki dan bahasa resmi negara bahasa Finlandia dan Swedia. 94% populasi penduduknya menggunakan bahasa Finlandia.

Finlandia adalah anggota Uni Eropa sejak tahun 1995, juga dikenal dengan komunitas informasi yang maju, riset besar – besaran, komunitas yang mengakui persamaan hak, antusiasme dalam dunia pendidikan dan rumah  bagi pabrik telepon genggam kenamaan, Nokia.

Keindahan alam yang mencengangkan dan kota- kota yang tenang, berfokus pada riset dan inovasi, berbagai pilihan universitas kelas dunia, semua hal tersebut menjadikan negara ini pilihan menarik bagi pelajar internasional.


Sistem Pendidikan Tinggi

Finlandia merupakan bagian dari negara persemakmuran Nordik dimana kesetaraan pendidikan menjadi ideologi. Berkat pendidikan berkualitasnya, Finlandia  menjadi pelopor komunitas pendidikan dunia, pendidikan di negara ini diselenggarakan oleh 15 universitas dan 25 universitas ilmu terapan. Institusi pendidikan Finlandia mempersiapkan lebih dari 450 program gelar dan non gelar dalam bahasa Inggris, jadi ada banyak sekali pilihan. Saat ini setidaknya ada 20.000 mahasiswa internasional mengikuti perkuliahab penuh di Finlandia – termasuk (500+) mahasiswa dari India. Komunikasi sehari – haripun akan mudah karena orang – orang Finlandia fasih berbahasa Inggris. Pendidikan tinggi Finlandia terdiri atas dua sektor tambahan; Universitas – universitas yang memberi pendidikan akademik berdasarkan riset. 14 universitas program sarjana (180 ECTS, 3 tahun), Pasca sarjana (120 ECTS, 2 tahun) dan Doktoral (240 ECTS, 4 tahun). Universitas Ilmu Terapan (politeknik) menawarkan pendidikan kejuruan di level lanjutan dan mendukung riset terapan. 24 universitas ilmu terapan (UAS) menawarkan program sarjana (210 – 240 ECTS, 4 – 4,5 tahun) dan program pasca sarjana khusus (60 – 90 ECTS, 1 – 1,5 tahun). Untuk mengetahui informasi mengenai biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk universitas dan universitas ilmu terapan, kamu dapat melihat di situs Studying in Finland. Pelajar yang lulus dari Finlandia memiliki keahlian yang dapat diterapkan dan memiliki kemampuan multi disiplin. Pelajar internasional akan sangat diuntungkan dengan fasilitas belajar yang ada, IT penunjang dan pelayanan penunjang; mereka juga dibimbing selama perkuliahan oleh badan penunjang profesional untuk mahasiswa. Enam universitas Finlandia terdaftar dalam 400 Besat Dunia berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2015-2016 – berada di peringkat tertinggi adalah Universitas Helsinki di posisi ke 76.