Language

Pentingnya Hubungan Baik dengan Akademisi Pembimbing

Last updated on 05 Dec 2019
Pentingnya Hubungan Baik dengan Akademisi Pembimbing

Artikel 6.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Nurchalimah

Saat berkuliah, umumnya mahasiswa akan bertemu academic advisor di awal semester untuk memilih kelas yang tepat untuk mendukung dalam karir akademis mereka. Saat perkuliahan dimulai, mahasiswa dianjurkan untuk secara rutin bertemu dengan profesor/instruktur di kelas-kelas yang dipilih di dalam dan di luar kelas. Mahasiswa juga sebaiknya meluangkan waktu untuk bertemu dengan dekan fakultas agar saling mengenal secara personal.

Penting bagi mahasiswa untuk membina hubungan baik dengan ketiganya beralasan karena bukan mereka ini akan membantumu untuk mencapai gol-golmu di kemudian hari. Apa saja keuntungannya?

Sebagai inspirator dan motivator

Para akademisi pembimbing tentunya memiliki pengalaman jatuh-bangun dalam mencapai prestasi mereka. Belajar dari pengalaman mereka akan memberikan semangat, inspirasi, dan motivasi untukmu mencapai prestasi.

Tabungan pengalaman yang mereka miliki menjadikan akademis-akademisi ini sanggup untuk memberikan saran terpelajar dalam memberikan arahan kepadamu. Bisa jadi, mengenal mereka lebih jauh akan membuka pemikiran kamu tentang hal – hal yang sebelumnya tak pernah kamu pikirkan. Pengetahuan yang kamu dapatkan bisa menjadi inspirasi untuk menemukan topik yang tepat sebagai bahan skripsi dikemudian hari.

Kesempatan Magang dan Pekerjaan

Menjalin hubungan baik dengan para akademisi juga mampu membuka peluang pekerjaan untukmu di masa depan. Para dosen, dekan dan profesor tentu sering melakukan penelitian dan tak jarang membutuhkan asisten untuk membantu penelitian mereka. Kesempatan seperti inilah yang juga bisa kamu dapatkan, bahkan peluang untuk magang di beberapa perusahaan maupun di kampusmu sendiri bisa saja kamu dapatkan.

Peningkatan Nilai

Untuk memperoleh nilai yang bagus para dosen atau profesor tidak hanya mempertimbangkan wawasan saja, namun juga attitude mahasiswa. Jika kamu terbuka dalam mengkomunikasikan kesulitanmu dalam memahami suatu topik atau saat mengerjakan tugas, profesor atau dosen tersebut mungkin saja menilai usahamu. Hubungan yang baik juga membuat mereka lebih terbuka dalam membantumu sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan lebih baik.

Penjembatan Beasiswa

Bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan mendapatkan beasiswa tentu saja menjaga komunikasi dengan para akademisi memberikan kesempatan lolos lebih besar karena akademisi tersebut dapat menuliskan surat rekomendasi yang dibutuhkan saat kamu mendaftar. Oleh karena itu, menjalin hubungan sejak kamu mengambil kelas yang diajarkan oleh profesormu dan menjaga hubungan baik setelah lulus dari kelas tersebut akan memberikan manfaat di waktu mendatang.

Membantumu dalam Acara Organisasi

Bagi kamu yang aktif dalam kegiatan organisasi tak jarang membutuhkan pembicara untuk acara yang kamu canangkan. Hubungan baik dengan para akademisi ini mampu mempermudah kamu untuk mengajak mereka berpartisipasi atau meminta referensi yang tepat untuk acaramu.

Kemampuan Berosialisasi

Terbiasa berinteraksi secara rutin dengan akademisi juga bisa melatih soft skill dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Di dunia kerja nantinya saat dihadapkan dengan berbagai macam orang dengan latar belakang berbeda dan juga karakter kamu dibutuhkan untuk menunjukan emotional intelligence agar bisa bekerja sama dengan orang-orang sekitarmu.

Apa yang harus kamu lakukan untuk dekat dengan para akademisi?

Untuk dekat dengan para academic advisors, profesor, dan dekan sebenarnya sangatlah mudah. Jadikanlah dirimu menonjol diantara mahasiswa lainnya dengan bersikap aktif, terbuka, dan berani mengungkapkan pendapat.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan berbagai kesempatan untuk menjalin komunikasi dan mendekatkan diri dengan berdiskusi mengenai tema tertentu atau membantu mereka dengan hal-hal kecil. Bersikap ramah seperti selalu menyapa jika berpapasan dengan mereka juga bisa membuat kamu dikenal.