Media
Language

5 Alasan Berkuliah di Finlandia yang Patut Kamu Pertimbangkan!

Last updated on 23 Sep 2018

photo-1528371725128-570b49eac1c0.jpeg Photo by Denis Vdovin via Unsplash

Oleh Yuli S.

Finlandia merupakan negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan dengan Swedia, Norwegia dan Rusia. Negara ini hanya seluas 338.000 km2 dan hanya memiliki kurang lebih 6 juta jiwa.

Negara Nordik ini termasuk sebagai negara yang mempunyai tingkat pendapatan dan kemakmuran rakyat yang tinggi. Sektor utama ekonomi Finladia bergantung pada sektor industri logam, teknologi dan perhutanan.

Asal kalian tahu, merek ponsel Nokia berasal dari Finlandia.

Penduduk Finlandia dikenal sebagai penduduk yang paling bahagia di dunia.

Selain itu, Finlandia sudah lama dikenal mempunyai sistim pendidikan yang sangat baik.

Menurut laporan PISA ( Program For International Student Assesment) tahun 2017, Finlandia mendapat peringkat cukup tinggi dalam kemahiran para pelajar nya di bidang problem solving, reading dan science. Memang benar kenyataannya bahwa negara yang termasuk dalam Uni Eropa ini berhasil menata dengan sangat baik sistem pendidikan nya dan juga sudah diakui reputasinya secara global.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di Eropa, Finlandia merupakan salah satu pilihan negara yang pantas dijadikan tempat studi kamu.

Mengapa? Coba kita simak alasan nya di bawah ini ya.

Alasan-alasan utama belajar di Finlandia:

1. Universitas-universitas unggulan

Di Finlandia, terdapat beberapa universitas unggulan yang masuk dan diakui ke dalam hasil rilis peringkat universitas-universitas terbaik di dunia.

Pada hasil peringkat yang dirilis The Times Higher Education untuk tahun 2018, University of Helsinki merupakan universitas di Finlandia yang berhasil masuk top 100 universitas terbaik di seluruh dunia.

Universitas lainnya yang juga masuk perhitungan universitas terbaik di dunia adalah Aalto University, University of Tampere, University of Oulu, University of Eastern Finland, dan University of Turku.


Untuk daftar lengkap universitas di Finlandia, klik di sini.


2. Tersedianya Program Beasiswa

Biaya uang sekolah bagi penduduk di Finlanda sepenuhnya gratis, ini terjadi berkat dukungan penuh pemerintah Finlandia untuk menyukseskan pemerataaan kesempatan pendidikan dan mendorong tingkat pendidikan yang tinggi untuk warna negaranya.

Bagaimana dengan international student?

Bagi mahasiswa internasional yang ingin mengambil jurusan studi untuk program Bachelor dan Masters dengan pengantar bahasa Inggris, mahasiswa internasional tetap diharuskan untuk membayar uang sekolah yang berjumlah antara 4000-18.000 Euro/tahun tergantung program jurusan yang diambil.

Kalian sebagai mahasiswa Indonesia yang ingin belajar ke Finlandia juga bisa mencoba mendaftar untuk program beasiswa seperti program Beasiswa Erasmus+ untuk studi Masters dan Doktoral, dan juga program beasiswa CIMO Fellowships untuk studi Doktoral.

3. Keindahan Alam Finlandia

Finlandia terkenal dengan keindahan alam nya yang masih sangat terjaga, natural, dan dipenuhi dengan hutan-hutan dan danau-danau alami. Finlandia terkenal dengan julukan “negara 1000 danau” karena banyak terdapat landscape danau alami yang menakjubkan di negara ini, sebanyak 70% dataran di Finlandia adalah hutan alami dan sumber air alami Finlandia sangatlah banyak dan terkenal sangat bersih.

Finlandia juga terkenal dengan penampakan “Northern Light” atau Aurora Borealis yang merupakan pemandangan sangat menajubkan. Betapa menyenangkan nya kalian bisa studi sambil juga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di Finlandia.


Baca juga: Kota-kota Terpopuler Lainnya Untuk Kuliah di Finlandia


4. Keamanan yang Terjamin

Finlandia terkenal dengan reputasi negara dengan tingkat keamanan yang sangat baik. Tingkat kriminalitas di negara ini sangat rendah. Menurut laporan dari The Travel & Tourism Competitiveness dalam World Economic Forum tahun 2017, Finlandia menempati urutan pertama dari 136 negara sebagai negara dengan keamanan yang baik.

Faktor keamanan merupakan faktor penting yang harus diperhitungkan bila kalian ingin belajar di suatu negara. Dengan tingkat keamanan yang terjamin tentunya akan memberikan pengaruh positif pada studi dan diri kalian sendiri.

5. Penggunaan Bahasa Inggris yang Umum di Kehidupan Sehari-hari

Meskipun bahasa resmi Finlandia adalah bahasa Finnish, tapi kalian akan terkejut bahwa penggunaan bahasa Inggris di Finladia sangatlah umum. Hampir semua penduduk, tua maupun muda, mengerti berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Pelajaran bahasa Inggris adalah subjek wajib yang diajarkan di sekolah dari kecil, banyak pelajaran yang menggunakan bahasa pengantar nya bahasa Inggris. Kalian tidak perlu kuatir untuk berkomunikasi sehari-hari dengan bahasa Inggris di Finlandia.

Tertarik untuk belajar di sana? Yuk persiapkan dirimu dari sekarang!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Finlandia, klik di sini.