Language

Last updated on 11 Aug 2020

IMG_2601.PNG

Oleh Kristel Virena

Apa kamu sudah diterima di universitas tujuan di Estonia? Sebelumnya selamat, ya! Artikel ini ditujukan untuk mahasiswa asing yang sudah memiliki Letter of Acceptance dari salah satu universitas di Estonia untuk jenjang studi postgraduates dan doctoral. Untuk menghemat pengeluaran transportasi sehari-hari selama berkuliah di Estonia, Dora Plus Scholarship menawarkan beasiswa yang mengcover biaya transportasi selama masa studi kamu di Estonia.

Dora Plus Scholarship adalah program beasiswa yang diinisiasikan oleh pemerintah Estonia yang bertujuan meningkatkan daya tarik Estonia sebagai destinasi untuk berkuliah dan melakukan penelitian. Program ini pertama kali dimulai pada tanggal 1 Agustus 2015 hingga 31 Mei 2023 dengan anggaran operasional sebesar 22.567.790 Euro, dimana 87.29% dari besar dukungan tersebut didanai oleh Dana Pembangunan Regional Eropa.

Program beasiswa ini menawarkan tunjangan biaya transportasi sebesar 350 Euro untuk mahasiswa di jenjang S2 dan total 1100 Euro untuk jenjang S3.

Selain bertujuan untuk mendukung mahasiswa asing, tujuan pemerintah Estonia memberikan kesempatan beasiswa ini adalah agar terjadi pertukaran pengetahuan antara akademis Estonia dan pelajar dari penjuru dunia. Hal ini diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas pekerja di Estonia dalam jangka panjang.

Dora Plus Scholarship menawarkan empat kegiatan, diantaranya:

Action 1: Mobilitas untuk belajar dan melakukan penelitian di luar Estonia

Dora Scholarship membuka kesempatan untuk peneliti muda Estonia untuk mengikuti konferensi penelitian, seminar, kursus, atau aktivitas profesional yang relevan di luar negeri.

Action 2: Mobilitas untuk belajar dan melakukan penelitian untuk mahasiswa asing di Estonia.

Pemerintah Estonia memberikan tunjangan transportasi untuk mahasiswa asing pascasarjana dan doktoral yang sedang belajar full-time maupun mahasiswa doktoral undangan yang sedang berada di Estonia dalam waktu singkat.

Action 3: Program studi musim panas dan musim dingin.

Universitas-universitas Estonia menyelenggarakan program studi khusus yang bersifat intensif dan jangka pendek bagi para mahasiswa asing.

Action 4: Pemasaran studi dan peluang kerja di Estonia.

Pemasaran studi dan peluang kerja di Estonia dan dukungan untuk lapangan kerja di Estonia bagi sarjana mahasiswa asing.

Di artikel ini, kita akan lebih dalam membahas Action 2 yang diperuntukan mahasiswa internasional seperti kamu, ya!


Baca Juga:


Siapa saja yang berkualifikasi untuk menerima Dora Plus Scholarship?

  • Mahasiswa asing pascasarjana full-time di Estonia selama satu tahun akademik
  • Mahasiswa asing jenjang doktor full-time di Estonia selama satu tahun akademik
  • Mahasiswa doktoral yang berkunjung ke Estonia untuk studi jangka pendek atau penelitian (1-10 bulan)
  • Tidak memiliki kewarganegaraan Estonia
  • Mahasiswa yang tidak pernah tinggal di Estonia lebih dari satu tahun dalam tiga tahun kebelakang, kecuali Mahasiswa di jenjang S3 yang sudah berkuliah dan menyelesaikan studi S2 di universitas Estonia.

Penerima beasiswa ditunjuk oleh lembaga pendidikan tinggi (universitas) yang dituju. Beasiswa ini akan diberikan saat masa studi, jika penerima melengkapi kriteria yang diminta dan jika kondisi yang diberikan oleh universitas yang dituju.

Daftar universitas yang mendukung Dora Plus Scholarship:

  • Estonian University of Life Sciences
  • Estonian Academy of Music and Theatre
  • Estonian Business School
  • TalTech University
  • Tallinn University
  • University of Tartu
  • Estonian Entrepreneurship University of Applied Sciences
  • Euroacademy
  • Estonian Academy of Arts

Berapa nominal yang diterima oleh mahasiswa pascasarjana / master?

Beasiswa diberikan untuk satu tahun akademik perkuliahan, yaitu 10 bulan sekaligus. Nominal per bulannya sebesar 350 Euro. Beasiswa ini didedikasikan untuk tunjangan hidup selama penerima berkuliah di Estonia.

Berapa nominal yang akan diterima oleh mahasiswa doktoral / PhD?

Nominal yang diberikan sebesar 660 Euro untuk tunjangan doktoral dan 440 Euro untuk beasiswa akademik. Total yang diberikan adalah 1100 Euro. Travel grant atau tunjangan transportasi (nominal tunjangan tergantung pada jarak antara Estonia dan negara tempat tinggal awardee).

Screen Shot 2020-03-11 at 9.11.18 PM.png

Jika jarak antara titik keberangkatan dan tujuan adalah 100 km atau lebih, biaya perjalanan akan diganti berdasarkan harga satuan tetap, seperti yang diberikan dalam tabel berikut:

Kapan untuk mendaftar?

Batas waktu untuk mendaftar berbeda di setiap universitas. Umumnya, aplikasi pendaftaran dibuka pada bulan Juni dan September. Kamu harus pastikan ke universitas yang kamu mau daftar untuk cari tahu pastinya di websitenya masing-masing.

Banyak pilihan beasiswa yang bisa mendukung pendidikanmu di Eropa. Harus pintar dan rajin mencarinya saja! Menurut Tiffani Hayyu, penerima beasiswa Dora Plus yang sedang menjalani penelitian jenjang S3 di Eropa merasa beasiswa ini cukup untuk menutupi biaya hidup per bulannya, termasuk tempat tinggal dan kebutuhan pokok lainnya.

Tertarik untuk berkuliah di Estonia dengan uang saku dari pemerintah Estonia? Daftarkan dirimu untuk mendapatkan beasiswa Dora Plus!