Language

Berbagai Fakta tentang ‘Negeri Digital’ Estonia

Last updated on 27 Sep 2020
Berbagai Fakta tentang ‘Negeri Digital’ Estonia

IMG_1577.PNG

Oleh Erzawansyah

Awal tahun 2019, dunia mulai diperkenalkan dengan istilah Society 5.0, konsep yang menggagas tentang peleburan teknologi ke dalam setiap unsur kehidupan manusia.

Konsep ini berpendapat bahwa transformasi teknologi digital dan informasi harus mampu mempermudah kehidupan manusia.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa jauh sebelum istilah Society 5.0 diperkenalkan pada dunia, di Eropa sudah ada negara yang sejak lama mengaplikasikan konsep yang serupa?

Negara tersebut adalah Estonia.


Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus+? Dapatkan info lengkapnya di sini.


Negara yang berada di Utara Benua Eropa ini sudah dalam dua dekade terakhir sudah mengembangkan teknologi untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia, khususnya yang berhubungan dengan kehidupan bernegara. Mereka menyebutnya sebagai digital society.

Dikutip dari halaman e-estonia.com, negara ini telah menerapkan e-governance sejak tahun 1997. Kemudian, disusul dengan program-program berbasis teknologi digital lainnya yang diluncurkan dari tahun ke tahun. Seperti, e-Tax, X-Road, I-Voting, Digital ID, e-Health, dll.

Salah satu gebrakan paling terkenal di Estonia adalah e-residency yang diperkenalkan pada 2014. Program ini diusung demi membuka peluang bagi penduduk dunia dari negara mana saja untuk memiliki kependudukan di Estonia. Sejak tahun pertama program ini diluncurkan, e-residency telah mampu menjaring penduduk sebanyak 35 ribu orang.

Iklim teknologi digital yang kental di Estonia ini pun mendorong perkembangan startup di negara berpenduduk 1,3 juta jiwa ini.

Saat ini, Estonia telah menjadi ‘rumah’ bagi lebih dari 200 startup. Empat di antaranya telah mendapat gelar ‘unicorn’, sebutan untuk startup yang memilki nilai valuasi lebih dari $1 miliar.

Fakta ini membuat Estonia juga disebut sebagai most unicorns per capita in the world, dengan jumlah rasio unicorn per 100 ribu penduduk paling tinggi di dunia.

Hingga saat ini pun startup di negara kelahiran Skype itu masih terus berkembang dengan jumlah pendanaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Laporan terakhir menunjukkan pada semester pertama 2018 pendanaan untuk startup di Estonia mencapai €245,7 juta.

Dengan berbagai fakta tentang digitalisasi di Estonia yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu di sana, lantas apakah kamu tertarik untuk berkuliah di Estonia?

Memilih Estonia sebagai negara destinasi kamu untuk melanjutkan kuliah adalah keputusan yang patut dipertimbangkan. Selain iklim startup yang berkembang pesat, negara ini juga memiliki kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan negara-negara lain.

Kuliah di Estonia juga akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan, terutama tentang bagaimana hidup di negara yang ‘serba online’. Tak hanya itu, keindahan alam di Estonia juga mengesankan. Masyarakat dan lingkungan yang tenang dan nyaman juga tentu akan mendukung proses belajar mu di sana.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk kuliah di Estonia


Nah, apabila kamu memang benar-benar tertarik untuk melanjutkan studi ke Estonia, berikut ada beberapa perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan rujukan.

1. University of Tartu

University of Tartu terletak di Kota Turtu, Estonia. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi terbaik di negara tersebut. Berdasarkan QS EECA University Rankings 2019, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi kelima terbaik di antara emerging countries lain yang berada di kawasan Eropa dan Asia Tengah.

Prestasi Univesity of Tartu sehingga bisa masuk ke dalam lima besar terbaik tampak pada keberhasilannya dalam menghasilkan kolaborasi penelitian internasional dengan universitas lainnya.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di University of Tartu, klik di sini.

2. Tallinn University of Technology (TalTech)

Tallinn University of Technology atau yang biasa disebut TalTech juga merupakan perguruan tinggi terbaik di Estonia. Terutama, apabila kamu ingin mendalami bidang keilmuan yang berhubungan dengan teknologi, perguruan tinggi yang berada di urutan ke-21 berdasarkan QS EECA University Rankings 2019 ini patut kamu pertimbangkan.

TalTech termasuk perguruan tinggi inovatif di Estonia. Perguruan tinggi ini dikenal karena inovasinya di bidang teknologi digital. Salah satu alasan mengapa TalTech dapat disebut demikian, yaitu penemuan mobil self-driving dan tempat uji coba pertama untuk jaringan 5G.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di TalTech, klik di sini.

3. Tallinn University

Selain TalTech, ada pula Tallinn University. Kampus ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mendalami bidang Sosial dan Humanioria di Estonia. Meski begitu, bidang ilmu alam dan eksakta juga ada di sini dan terus menunjukkan perkembangan positif.

Tallinn University merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengedepankan kualitas-kualitas akademik, solidaritas dan kebersamaan, transparansi prosedural dan kesederhanaan, keterbukaan dan fokus pada masyarakat. Selain itu, perguruan tinggi ini juga dikenal dengan tingkat kebebasan akademiknya yang tinggi. Dan tentunya, di balik fakta-fakta tersebut, Tallinn University jaringan yang luas di berbagai bidang riset.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Tallinn University, klik di sini.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Estonia, klik di sini.


Begitulah beberapa fakta tentang Estonia dan juga berbagai perguruan tinggi di sana.

Selain yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi informasi menarik mengenai kuliah di Estonia, termasuk kesempatan meraih beasiswa di sana.