Media
Language

Luxembourg, Destinasi Kuliah yang Aman dan Anti-Stress

Last updated on 25 Mar 2019

IMG_1740.PNG

Oleh Kristantinova

Lingkungan negara yang multikultural dan multibahasa serta pendidikan tinggi bertaraf internasional dengan kehidupan masyarakat yang aman dan nyaman, itu adalah sedikit gambaran apabila kamu melanjutkan studi ke Luxembourg.

Berlokasi di sebelah Barat Eropa, Luxembourg merupakan negara kecil yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi se Uni-Eropa.

Tentunya, melanjutkan studi disini menjanjikan untuk pendidikan dan peluang karirmu.

Yuk lanjutkan membaca artikel ini dan temukan berbagai alasan mengapa kamu harus melanjutkan studi ke universitas di Luxembourg.

Kamu bisa kuliah di Eropa dengan beasiswa Erasmus+ loh! Cek info lengkapnya di sini.


1. Sistem Pendidikan Bertaraf Internasional

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Luxembourg merupakan negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Lingkungan multikultural dan multibahasa ini memengaruhi sistem pendidikan yang diterapkan oleh universitas-universitas di Luxembourg.

Program studi yang ditawarkan oleh universitas di Luxembourg menawarkan banyak variasi bahasa pengantar.

Ada program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Prancis, dan Jerman.

Jadi, buat mahasiswa internasional tidak perlu khawatir dengan bahasa yang biasanya menjadi kendala saat memutuskan untuk kuliah ke luar negeri. Di Luxembourg kamu bisa memilih bahasa pengantar yang ditawarkan merupakan bahasa-bahasa yang populer dipelajari.

2. Kualitas Hidup dan Lingkungan yang Aman

Tahukah kamu kalau Luxembourg City yang merupakan ibukota negara Luxembourg, masuk ke dalam daftar negara paling tidak stress sedunia dan menempati posisi kedua menurut survei Zipjet 2017?

Survei ini menilai sebuah kota dari tingkat kepadatan populasinya, angka kriminalitas, keamanan negara, lingkungan hijau, tingkat polusi, tingkat kesehatan penduduk, persamaan gender, dan jaringan transportasi yang ada di negara tersebut.

Jadi, kalau kamu studi disini sudah pasti kamu akan menikmati lingkungan masyarakat yang ramah dan nyaman untuk proses belajarmu nih.


Baca juga: Deciding Where to Study in Europe? Ask Yourself These 5 Questions!


3. Memiliki Budaya Riset dan Inovasi yang Kuat

Pemerintah Luxembourg memang menginvetasikan dana yang cukup besar untuk aktivitas-aktivitas riset yang melahirkan karya-karya inovatif.

Tidak hanya itu, banyak perusahan-perusahaan besar juga menempatkan pusat R&D (Research & Development) mereka di Luxembourg loh.

Contohnya, perusahaan Goodyear mengoperasikan pusat R&D terbesar mereka di luar Amerika di Luxembourg. Ada juga Delphi yang mempekerjakan lebih dari 600 pakar teknis mereka di pusat R&D mereka di Luxembourg.

Hal ini menunjukkan bahwa peluang studi, magang, dan kerja yang berbasis riset dan inovatif sangat terbuka lebar di Luxembourg.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman praktik dan mengembangkan sisi kreativitas dan inovatif kamu disini.

4. Panorama dan Keindahan Negara yang Sayang Dilewatkan

Meskipun terbilang negara kecil, Luxembourg mampu menyuguhkan pemandangan dan panorama alam yang beragam di sepanjang tahun loh.

Di pusat kota dan sekitarnya, kamu bisa menemukan kota berbenteng yang berusia ratusan tahun dan juga the Valley of the Seven Castles yang merupakan istilah dari Eisch valley.

Lalu kamu juga bisa menikmati berbagai festival budaya dan konser musik di sepanjang tahun.

Selain itu, di sebelah Utara, terdapat Luxembourg Ardennes yang merupakan hutan di dataran tinggi dengan lembah-lembahnya. Kamu juga bisa mengunjungi wilayah Moselle yang memiliki kebun anggur yang luas.


Sedang mempersiapkan application mu? Ini 5 Tips Agar University Application Kamu Sukses Mengantarmu Kuliah di Eropa


5. Lokasinya yang Strategis

Terletak di tengah-tengah benua biru, kamu dapat mengunjungi negara Eropa lainnya seperti Jerman, Belgia, dan Prancis dengan mudah.

Kamu dapat mengunjungi negara-negara tersebut dengan menggunakan bus atau kereta. Jadi selain kamu bisa menelusuri kota dan pelosok negara Luxembourg, kamu juga berkunjung ke negara-negara lain dengan mudah nih.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Luxembourg menarik untuk dijadikan destinasi studimu ke Eropa. Yuk, langsung browsing universitas yang ada di sana di ehef.id dan segera daftarkan dirimu!

Untuk info lengkap tentang kuliah di Luxembourg, klik di sini.