Media
Language

Semua Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Beasiswa LPDP BUDI

Last updated on 19 Dec 2018

2018-11-23 12.24.26.jpg

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Dosen juga punya program beasiswa sendiri dari Pemerintah Indonesia loh!

Program ini dinamakan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI).

BUDI hanya diperuntukkan pada program doktoral baik dalam maupun luar negeri. Daftar perguruan tinggi nya pun harus sesuai dengan yang ditetapkan oleh LPDP.

Berikut ini ehef.id akan mengulas secara detail apa saja yang perlu kamu ketahui tentang beasiswa LPDP BUDI!

Baca juga:Serba Serbi Mengenai Beasiswa LPDP BUDI


Bagaimana Sih Cara Daftarnya?

Kamu wajib memiliki akun LPDP, jadi harus daftar dulu di sini. Di dalam akun tersebut, kamu akan mengunggah berbagai dokumen yang diperlukan untuk memenuhi prasyarat dari LPDP.


Dapatkan User Manual LPDP di sini!


Apa Saja Tahapan Seleksinya?

Sama dengan program beasiswa LPDP pada umumnya. Akan ada 4 proses seleksi yang harus kamu jalani untuk dinyatakan lolos sebagai awardee LPDP.

Apa saja?

Pertama, Seleksi Administrasi

Dokumen-dokumen kamu akan di cek langsung kelengkapannya oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Cq Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia. Jadi, jangan sampai ada yang luput untuk kamu unggah atau sertakan yah!

Kedua, Seleksi Berbasis Komputer

Kamu akan menjalani serangkaian tes, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Soft Kompetensi, dan On-the-spot Writing. Kamu akan dinyatakan lulus jika memenuhi kriteria hasil nilai Tes Potensi Akademik.


Official Website: LPDP BUDI


Ketiga, Seleksi Substansi

Ada serangkaian kegiatan yang harus kamu ikuti, yaitu verifikasi dokumen asli pendaftaran. Kamu diwajibkan untuk membawa dokumen asli untuk diverifikasi oleh Tim Verifikator. Selanjutnya, mengikut Leaderless Group Discussion (LGD) sesuai jadwal yang telah ditentukan. Terakhir, adalah wawancara. Seleksi substansi ini dilaksanakan oleh Tim Penyeleksi Beasiswa yang telah ditetapkan oleh LPDP.

Terakhir, Penetapan Kelulusan

Informasi mengenai kamu lolos atau tidak sebagai awardee LPDP akan disampaikan melalui akun LPDP kamu, email, dan/atau media elektronik lainnya.

Terus Bagaimana Prosedur Penilaiannya?

Berbeda dengan program beasiswa lainnya, LPDP memiliki kriteria khusus terhadap pendaftar BUDI.

Bagi kamu yang sedang berancang-ancang untuk mendaftar beasiswa ini, setidaknya harus memperhatikan 4 hal berikut:

  1. Kemampuan akademik kamu akan dinilai! Seperti, penguasaan disiplin keilmuan pada bidang studi yang diambil.

  2. Lalu perhatikan betul soal rekam jejak akademik kamu dan perguruan tinggi pilihanmu nanti. LPDP menekankan bahwa kualitas akademik kamu sebagai pelamar harus sesuai dengan persyaratan akademik perguruan tinggi yang dituju.

  3. Selanjutnya, LPDP akan melihat personalitas kamu. Disini, rasa kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian akademik, kematangan dalam mengelola emosi, dan kemampuan beradaptasi dan bekerja sama (team work) akan dinilai.

  4. Terakhir, rasa kecintaan dan kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia! LPDP akan menilai bagaimana implementasi nilai-nilai nasionalisme dan integritas kamu.


Beasiswa LPDP Lainnya: Beasiswa LPDP Afirmasi


Selanjutnya?

Jika kamu dinyatakan lulus sebagai awardee LPDP maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebagai wujud bakti terhadap negara dan juga memenuhi syarat LPDP. Antara lain:

Lokakarya

Sebagai penerima BUDI, kamu wajib mengikuti lokakarya yang dilaksanakan oleh LPDP bersama dengan Kemenristekdikti. Lokakarya ini biasanya diadakan di lokasi-lokasi dimana perguruan tinggi kamu sebagai pengajar berasal. Umumnya, lokakarya ini akan berisikan informasi umum mengenai BUDI dan perkuliahan.

Publikasi Hasil Riset

Sebagai penerima BUDI, kamu wajib membuat riset dan mempublikasikannya di jurnal Internasional. Beberapa ketentuannya, sebagai berikut:

  1. Penerima Beasiswa BUDI wajib mencantumkan nama perguruan tinggi asal;

  2. Penerima Beasiswa BUDi wajib mencantumkan penyandang dana pendidikan dan Kemenristekdikti-LPDP dari penerima beasiswa di bagian Ucapan Terima Kasih (Acknowledgement) dari makalah ilmiah yang akan dipublikasikan.

  3. Proses pencantuman nama perguruan tinggi asal dan Kemenristekdikti-LPDP sebagai penyandang dana pendidikan harus didiskusikan dan sepengetahuan dari promotor, serta tidak melanggar peraturan yang ada dari perguruan tinggi tempat studi.

Monitoring dan Evaluasi

Sebagai penerima BUDI juga kamu akan selalu di monitoring dan dievaluasi bagaimana rekap studi, serta aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan akademik.

Nah, Komponen Pendanaannya Ada Apa saja?

Setidaknya ada tiga ketentuan dan komponen beasiswa yang akan diberikan LPDP kepada kamu sebagai awardee LPDP. Antara lain:

  1. Komponen beasiswa dan besarannya sesuai dengan Peraturan Direktur Utama tentang Standar Biaya Beasiswa yang berlaku.

  2. Biaya Tambahan bagi penerima BUDI yang berkebutuhan khusus akan ditetapkan berdasarkan hasil penilaian dari proposal yang diajukan.

  3. Pembiayaan tidak dapat digabung dengan beasiswa dari sumber lain (double funding).

Sekedar catatan, bagi Dosen yang berkebutuhan khusus dapat dipertimbangkan fasilitas lain yang dapat menunjang keberhasilan studi.

Nah, itulah informasi detail mengenai program beasiswa LPDP BUDI, dari pendaftaran hingga proses pendanaan. Segera siapkan berkas-berkas kamu yah!