Media
Language

Mau Belajar Arts? Italia Tempatnya!

Last updated on 23 Sep 2018

studyingartsinitaly.jpg Photo by Yeo Khee on Unsplash

Oleh Kristantinova


Sedang mencari beasiswa untuk kuliah di Eropa? Hadiri "1st ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day" pada tanggal 26 Mei 2018 di Jakarta! Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, klik di sini.


Apabila kamu memiliki ketertarikan di dunia seni dan ingin mendalami ilmu arts di Eropa, maka Italia adalah destinasi studi yang paling cocok untuk kamu. Mengapa? Karena Italia adalah rumah dari segala bentuk seni, mulai dari bangunan, lukisan hingga pakaian yang bisa kamu pelajari tidak hanya dari dalam ruang kelas saja tapi dari seluruh sudut kota dan masyarakat di Italia. Jangan lupa juga bahwa seniman-seniman terkenal di dunia seperti Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Botticelli berasal dari negara ini. Jadi, pilihanmu untuk melanjutkan studi arts di Italia merupakan pilihan yang tepat.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Italia, klik di sini.


Seluruh Sudut Kota Adalah Ruang Kelas

Kamu bisa mendapatkan inspirasi seni dari segala sudut jalan, bangunan, lukisan, patung, dan pemandangan lainnya di Italia hingga dapat dikatakan seluruh sudut kota di Italia adalah ruang kelas. Itulah mengapa belajar seni di Italia disebut living classroom karena kegiatan belajarmu tidak hanya terpaut di textbook dan ruang kelas saja. Jika kamu sedang mempelajari seni bangunan zaman Renaissance, Italia adalah rumahnya. Kamu bisa mengunjungi Sistine Chapel di Vatikan, melihat mahakarya Michelangelo seperti The Last Supper di Milan, pergi ke Venice atau sekadar melihat gaya hidup dan berbusana dari penduduk lokal Italia yang juga merupakan sebuah bentuk seni.

Kota yang Cocok dengan Interest-mu

Bagi kamu yang tertarik mempelajari seni lukis, menggambar, memahat hingga seni musik, maka Bologna, Florence, Verona, Roma, dan Milan adalah kota-kota yang cocok untuk studimu. Kamu bisa mengambil Masters in Visual Arts, Masters in Art History, atau Masters degree in Opera Composition. Buat kamu yang memiliki ketertarikan di dunia seni bangunan atau arsitektural, kota yang cocok untukmu adalah Roma, Siena, dan Mantova. Di Roma kamu bisa mempelajari desain-desain bangunan yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.


Untuk daftar lengkap universitas di Italia, klik di sini.


Universitas yang memiliki jurusan arsitektur akan memberikan fasilitas studio arsitektur yang memberikan ruang bagi murid untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dan memberikan kesempatan bagi muridnya untuk turut andil dalam research dan berkontribusi dalam proyek-proyek renovasi lokal dan restorasi bangunan. Beberapa jurusan yang bisa kamu ambil antara lain adalah Architecture and Preservation dan Ancient and Modern Rome.

Selain itu, adapula seni desain busana/fashion yang memiliki banyak peminat. Memperdalam ilmu tentang fashion design di rumah asal desainer-desainer ternama seperti Versace, Salvatore Ferragamo, dan Giorgio Armani tentu merupakan pilihan yang tepat. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan seperti Jewellery Design dan Fashion Management, kota-kota seperti Roma, Milan dan Turin adalah kota yang tepat untuk kamu.


Ingin kuliah di Italia dengan Beasiswa LPDP? Dapatkan informasi lengkapnya di sini.


Universitas Apa Saja yang Terbaik di Jurusan Arts?

Ada beberapa universitas di Italia yang terkenal dengan jurusan arts & design nya. Salah satu diantaranya adalah Politecnico di Milano. Universitas ini menduduki peringkat ke-7 untuk art & design dan peringkat ke-14 untuk jurusan arsitektur pada QS World University Rankings. Universitas ini juga memiliki jurusan fashion design yang bersaing dengan universitas-universitas di dunia yang memiliki jurusan yang sama.

Kemudian ada Istituto Marangoni di Milan yang juga merupakan institut untuk jurusan fashion dengan berbagai program seperti fashion design, fashion business, brand management, hinga fashion promotion. Franco Moschino dan Domenico Dolce merupakan alumni dari sekolah ini lho. Untuk kamu yang tertarik di desain interior, selain Politecnico di Milano ada juga Florence Institute of Design International atau Istituto Europeo di Design yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

Nah, apakah sekarang kamu sudah semakin yakin untuk memperdalam ilmu arts-mu di Italia? Jika ya, yuk segera cari-cari universitas yang cocok dan sesuai dengan ketertarikanmu dan rasakan pengalaman belajar ilmu seni yang berbeda di Italia!

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Italia, klik di sini.