Language

5 Tips yang Bikin Belajar Bahasa Italiamu Lebih Mudah!

Last updated on 29 Mar 2024
5 Tips yang Bikin Belajar Bahasa Italiamu Lebih Mudah!

IMG_1066.PNG

Oleh Kristantinova

Apa kamu salah satu orang yang berencana melanjutkan studi ke Italia?

Jika ya, maka kamu telah memilih salah satu negara Eropa yang begitu kaya akan sejarah, budaya, dan cita rasa makanan yang enak dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah bagus dengan negara-negara Eropa lainnya.

Buat kamu yang sedang merencanakan studi ke Italia, apakah kamu sudah mempelajari bahasa Italia?

Selain akan memudahkan proses belajarmu selama di Italia, mempelajari bahasa Italia akan menjadi nilai tambah buat keterampilan berbahasa kamu loh.


Sedang mencari beasiswa S1 ke Italia? Yuk, lihat program beasiswa Erasmus+


Tidak perlu khawatir karena merasa sulit mempelajari bahasa asing baru karena kami punya tips-tipsnya nih untuk kamu yang mau belajar bahasa Italia.

Yuk simak tipsnya berikut ini!

1. Kuasai Pelafalan Bahasa Italia

Bahasa Italia memiliki sistem bunyi yang mudah diucapkan sehingga kamu dapat melafalkan kata-kata dalam bahasa Italia dengan mudah.

Trik pertama yang bisa kamu lakukan untuk menguasai bahasa ini adalah dengan menguasai pengejaannya. Kamu bisa saja menghafalkan banyak kosakata, tetapi jika warga lokal Italia tidak paham apa yang kamu bicarakan maka semuanya akan jadi sia-sia.

2. Kenali Lebih Dalam Budaya Masyarakat Lokal

Salah satu hal penting yang harus diingat oleh kamu yang sedang belajar bahasa baru adalah cara penggunaan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, kamu tidak cukup hanya tahu cara mengucapkan suatu kata tapi kamu juga tahu pada saat-saat apa kamu dapat menggunakan kata tersebut.

Untuk bisa tahu hal tersebut, penting untuk mempelajari budaya dan cara masyarakat lokal dalam berbicara. Hal ini akan membantumu memahami makna dari suatu kata atau suatu kalimat saat digunakan dalam percakapan.


Untuk daftar beasiswa S2 Italia, klik di sini!


3. Pelajari Hal-Hal Kecil Seperti Bahasa Slang, Idiom, dan Filler Words

Tata bahasa, kosakata-kosakata baru, dan pelafalan tentu sudah menjadi hal mutlak yang harus dipelajari.

Tetapi jangan lupakan juga detail-detail kecil yang dapat membuat caramu berbicara bahasa Italia lebih natural. Sama halnya seperti belajar bahasa Inggris, ada bahasa-bahasa slang dan ungkapan-ungkapan tertentu yang membuat bahasa Italia menjadi lebih natural ketika digunakan.

Contohnya, jika dalam bahasa Inggris kita biasa menulis Ha Ha untuk menunjukkan ekspresi tertawa, dalam bahasa Italia akan ditulis Hi Hi.

Mempelajari hal-hal kecil ini bisa kamu mulai dari mendengarkan lagu dan film berbahasa Italia. Dalam lagu dan film, orang cenderung berbicara menggunakan bahasa dan ungkapan yang sehari-hari digunakan sehingga kamu lebih familiar dengan detail-detail kecil yang biasa digunakan dalam bahasa Italia.

4. Percaya Diri Dalam Berlatih Bicara

Sederhananya, percakapan merupakan aspek penting yang harus kamu kuasai ketika kamu belajar bahasa baru.

Pada akhirnya harapan setelah belajar bahasa Italia tentu bisa berbicara dan berinteraksi dengan penduduk lokal dengan mudah, sehingga percakapan adalah hal wajib yang harus dilatih terus menerus.

Bisa berbicara saja tidak cukup, kamu harus bisa berbicara dengan percaya diri sehingga pesanmu bisa tersampaikan dengan baik.

Untuk bisa melakukan percakapan dengan percaya diri kamu perlu memperluas jaringan pertemananmu dan berlatih dengan orang Italia atau orang-orang yang sedang belajar bahasa Italia juga.


Ingin kuliah di Italia tapi nggak percaya diri? Baca pengalaman Miko, seorang lulusan paket C yang berhasil kuliah di Italia karena datang ke EHEF Indonesia


5. Jangan Takut Salah

Mempelajari sesuatu yang baru, apalagi bahasa, tentu tidak luput dari kesalahan, baik kesalahan lafal, kesalahan tata bahasa, kesalahan saat bicara, dan masih banyak lagi.

Tapi yang perlu kamu ingat, hal tersebut wajar dan tidak perlu menjadi penghambat kamu belajar. Justru dari kesalahan-kesalahan tersebut kamu bisa lebih mengidentifikasi dan mengerti di aspek mana kamu harus lebih giat belajar.


Temukan daftar universitas di Italia dan jurusannya di sini!


Nah, itu tadi beberapa tips buat kamu yang sedang atau ingin belajar bahasa Italia.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Yuk belajar bahasa Italia dan gapai mimpimu melanjutkan studi kesana!


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Italia, klik di sini.