Media
Language

10 Tips Ini Bakal Membantu Kamu Menguasai Bahasa Prancis

Last updated on 24 Jul 2019

IMG_1020.PNG

Oleh Erzawansyah
Percaya kah kamu bahwa menguasai bahasa asing, dapat memudahkan kamu dalam berbagai hal?

Terlebih, jika kamu ingin menempuh studi di luar negeri.

Tapi bagaimana jika bahasa yang dipelajari cukup sulit seperti halnya bahasa Prancis?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk memelajari bahasa Prancis. Seperti, melalui kursus di Institut Français Indonesia, salah satu lembaga yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis dan pusat-pusat kebudayaan Prancis di Indonesia.


Sedang mencari beasiswa S1 ke Prancis? Yuk, lihat program dari Erasmus+!


Atau, jika ingin memulainya secara otodidak, mungkin kamu bisa pula menggunakan beberapa aplikasi smartphone yang akan memberikan wawasan dasar mengenai bahasa Prancis dengan cara yang lebih interaktif.

Akan tetapi, sebetulnya cara apapun yang kamu lakukan, toh nantinya semua kembali lagi kepada dirimu sendiri. Apabila memang kamu giat dan serius, sesederhana apapun cara yang kamu tempuh, hasilnya perlahan juga akan tampak.

Oleh karena itulah, bila saat ini kamu sedang atau baru akan memulai belajar bahasa Prancis, kamu bisa mencoba 10 tips berikut.


Untuk daftar beasiswa S2 Prancis, klik di sini!


Adapun tips-tips yang bisa kamu coba ketika belajar bahasa Prancis adalah sebagai berikut:

1. Jangan Berharap Sempurna

Saat mempelajari segala hal, untuk menjadi sempurna membutuhkan proses. Seperti halnya belajar melukis, saat belajar bahasa awalnya kamu mungkin akan melakukan banyak kesalahan.

Tapi jangan malu karena melakukan kesalahan. Sedikit kesabaran untuk terus belajar akan membantumu menguasainya.

2. Akrabkan Telinga Kamu dengan Bahasa Tersebut

Ingat!

Saat mempelajari bahasa yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah komunikasi lisan.

Deretan huruf yang tertulis hanyalah kumpulan simbol yang digunakan untuk mewakili suara bahasa, namun tidak dapat menggambarkan setiap nuansa suara dan intonasi.

Cobalah mengembangkan "telinga yang baik" untuk bahasa Prancis. Cara mudah dan menyenangkan untuk melakukannya adalah dengan mendengarkan musik Prancis, menonton film Prancis.

3. Berlatihlah Berbicara

Hal penting lain yang harus kamu lakukan saat belajar bahasa adalah dengan mempraktikkannya.

Berbicaralah.

Meskipun kamu telah belajar bahasa selama bertahun-tahun, dan menguasai semua aturan tata bahasa, tetapi kamu tidak berlatih berbicara, kamu tidak akan pernah berbicara dengan baik. Berlatihlah berbicara seperti sedang bercakap-cakap.


Ingin tahu kebiasaan orang Prancis? Atau kehidupan di Prancis? Baca pengalaman Garin Nurachman di sini!


4. Konsisten

Waktu dan komitmen yang kamu dedikasikan dalam belajar bahasa akan benar-benar membantumu untuk menguasainya.

Konsistensi sejauh ini merupakan faktor yang paling penting. Menyisihkan dua puluh menit sehari yang dilakukan hampir setiap hari untuk belajar bahasa, akan lebih efektif dan efisien daripada belajar dengan keras selama satu atau dua jam, tetapi hanya secara sporadis.

5. Bicaralah pada Diri Sendiri

Ketika belajar bahasa asing, keterampilan mendengarkan biasanya berkembang lebih cepat daripada keterampilan berbicara. Dengan begitu kamu dapat memahami, tetapi tidak mampu merespons.

Hal itu juga bukan hal baik bagi kamu yang mempelajari bahasa.

Cara yang baik untuk mengatasi masalah ini adalah berbicara kepada diri sendiri sebanyak mungkin. Dengan begitu kamu tidak akan terbebani oleh rasa malu yang begitu sering membebani siswa bahasa awal.

6. Gunakan ‘Kartu Flash’

Kartu flash ini merupakan salah satu cara efektif yang dapat membantumu dalam mempelajari bahasa.

Buat kartu yang cukup kecil agar mudah dibawa kemanapun kamu pergi, dan tulis bahasa Indonesia di satu sisi dan bahasa Prancis di sisi lainnya.

Pastikan untuk selalu membawa beberapa kartu. Dengan begitu jika kamu menemui waktu yang terbuang, kamu dapat merubahnya menjadi waktu yang bermanfaat untuk belajar.


Mendapatkan beasiswa jurusan hukum di Prancis? Tentu bisa! Simak pengalaman Bhirawa Arifi di sini!


7. Pakai ‘Label’ dan Tempel di Rumah

Tempelkan label yang bertuliskan kosa kata di barang-barang yang ada di tempat tinggalmu.

Misal, untuk di kulkas, kamu bisa menempelkan sebuah label bertuliskan le réfrigérateur, la porte’ di pintu, atau la fenêtre’ di jendela.

Biarkan label-label itu terus menempel di barang tersebut hingga kamu benar-benar menguasainya.

8. Bersabarlah

Kemajuan dalam pembelajaran bahasa membutuhkan proses. Jika suatu saat kamu merasa tidak menunjukkan kemajuan. jangan berkecil hati.

Jika kamu merasa "stuck", cobalah mengulang kembali dan meninjau hal-hal yang sudah kamu kuasai. Dengan begitu, kamu akan menyadari bahwa kamu telah mampu melalui kesulitan sebelumnya dan siap melanjutkan dan dapat melalui kesulitan lainnya.

9. Cari Teman yang Bahasa Aslinya Prancis

Cobalah untuk mencari penutur asli yang dapat menjadi teman percakapanmu. Itu akan sangat membantumu untuk mempelajari pelafalan, nuansa suara, dan intonasi bahasa Prancis dengan baik.

Selain itu kamu juga dapat saling bertukar ilmu bahasa ibumu dengan teman belajarmu. Tips ini bisa kamu terapkan secara langsung, maupun melalui media sosial.


Temukan daftar universitas di Prancis dan jurusannya di sini!


10. Baca dengan Keras.

Coba baca dengan keras.

Selain kamu mendapat manfaat dari membaca, otomatis kamu juga akan membiasakan pengucapan dengan baik. Sebagai pemula, usahakan membaca dengan keras sesering mungkin.

Hal ini tidak perlu kamu lakukan di luar rumah, kamu bisa memulainya di dalam kamar ketika sedang senggang.


Ada pepatah mengatakan, barangsiapa menguasai bahasa, maka ia mampu menguasai dunia.

Pepatah ini tampaknya bukan sekadar omong kosong belaka. Karena toh, melalui bahasa komunikasi lintas budaya atau bahkan negara, bisa kamu lakukan. Itu berarti peluang untuk memberi pengaruh terbuka lebar.

Maka, ketika saat ini kamu telah menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar bahasa Prancis, bukan?

Terutama jika kamu punya mimpi untuk kuliah di Prancis, itu bisa menjadi motivasi terbesar kamu!

Kalau begitu, yuk mulai belajar bahasa Prancis dan jangan lupa, terapkan 10 tips di atas.


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Prancis, klik di sini.