Media
Language

Temukan Langkah-Langkah Studi ke Eropa Disini!

Last updated on 19 Aug 2019

IMG_0692.PNG

Oleh Kristantinova

Kamu sudah mencapai keputusan akhir untuk melanjutkan studi ke Eropa dan langkah selanjutnya adalah mulai mencari dan mendaftar ke universitas yang tepat untukmu, tetapi kamu merasa takut dan terus menunda proses tersebut.

Apabila kamu sedang berada di fase ini, tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membantu mengarahkanmu.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah semakin cepat kamu mencari informasi dan mulai mendaftar ke universitas yang kamu inginkan, maka peluang kamu diterima oleh universitas tersebut akan semakin tinggi.

Faktanya, mendaftar ke negara-negara di Eropa tidak sesulit yang dibayangkan kok.

Justru, prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan sudah secara jelas dan rinci dijabarkan di situs-situs universitas mereka sehingga para calon pendaftar tidak kesulitan mencari informasinya.

Buat kamu yang masih bingung harus memulai dari mana, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk mencapai universitas impianmu.

1. Menemukan passion-mu yang sebenarnya

Hal ini memang susah susah gampang bagi sebagian orang.

Terkadang kita sering merasa kita tidak unggul di bidang apapun.

Buat kamu yang sudah tahu passion-mu tentu kamu bisa langsung mencari informasi seputar jurusan dan universitas yang sesuai dengan passion-mu tersebut.

Tetapi buat kamu yang masih bingung sebenarnya apa sih passion-mu, kamu bisa mengikuti tes kepribadian untuk membantu mengarahkanmu. Jika kamu menjadi member dari ehef.id, ehef.id memiliki fitur tes kepribadian yang bisa kamu ikuti.


Baca juga: Preparing to Study in Europe? Let ehef.id Be Your Guide!


2. Mencari destinasi negara dan universitas yang sesuai

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari negara dan universitas yang sesuai dengan passion-mu tersebut.

Apabila kamu sudah memiliki ketertarikan pada satu negara, maka kamu bisa langsung berfokus mencari universitas yang sesuai dengan minatmu di negara tersebut. Tetapi, apabila kamu terbuka dengan negara manapun, maka kamu bisa mengumpulkan beberapa universitas dari berbagai negara yang memiliki program studi yang sesuai dengan minatmu.

Apabila kamu masih bingung dalam menentukan universitas yang bagus dan cocok untuk bidang yang sesuai dengan minatmu, kamu bisa cek QS Rankings untuk melihat universitas-universitas mana saja yang unggul di bidang yang kamu minati.

Selain itu, kamu juga melihat overview negara-negara di Eropa melalui ehef.id disini. Disitu kamu bisa melihat bagaimana sistem pendidikan di negara tersebut dan berbagai artikel terkait jurusan-jurusan favorit yang biasa diambil di negara tersebut.

Kamu juga bisa melihat overview universitas-universitas di Eropa melalui disini. Kamu bisa melihat informasi seputar universitas termasuk program studi unggulan apa yang ditawarkan oleh universitas tersebut.


Info lengkap mengenai Beasiswa Kuliah di Eropa, klik di sini!


3. Membuat perbandingan antar universitas

Setelah kamu memiliki beberapa pilihan universitas, kamu bisa membuat perbandingan antaruniversitas tersebut agar kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari setiap universitas.

Tahap ini penting untuk dilakukan agar kamu benar-benar bisa menemukan universitas yang tidak hanya sesuai dengan minatmu, tetapi juga memiliki kualitas pendidikan yang bagus.

Jika kamu merupakan member dari ehef.id, kamu bisa menemukan fitur comparison yang dapat membantumu membandingkan satu universitas dengan universitas yang lain.

4. Memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan program studi

Setelah kamu menemukan universitas dan program studi yang sesuai dengan minatmu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi seputar syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendaftar ke program studi tersebut. Situs universitas di Eropa rata-rata menyediakan informasi tersebut dengan jelas dan lengkap sehingga kamu tidak akan kebingungan mencari informasi tersebut.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk studi ke Eropa adalah persyaratan bahasa. Apabila kamu mengambil program studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka kamu perlu melampirkan hasil tes IELTS atau TOEFL sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Untuk kamu yang belum mengikuti tes IELTS dan TOEFL, sebaiknya kamu mempersiapkan hal ini dari jauh-jauh hari karena persiapan tes tersebut cukup lama dan untuk bisa mencapai standar yang ditetapkan universitas-universitas di Eropa perlu usaha ekstra.

Sebaiknya kamu mencatat dan membuat check-list hal-hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk persyaratan pendaftaran. Pastikan semua persyaratan telah terpenuhi jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu yang ditetapkan. Jadi apabila ada kesalahan atau kekurangan dokumen, kamu masih bisa memperbaiki dan menambahkannya tanpa perlu khawatir soal tenggat waktu pengumpulan dokumen.


Info lengkap mengenai Beasiswa Erasmus+, klik di sini!


5. Menentukan funding

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, saatnya bagi kamu untuk menentukan apakah biaya studimu selama di Eropa akan kamu biayai secara pribadi atau kamu ingin mendaftar beasiswa.

Kamu bisa cek biaya studi jurusan yang kamu pilih di situs universitas tersebut. Apabila kamu berencana untuk mendaftar beasiswa, kamu bisa cek berbagai beasiswa yang sedang dibuka oleh universitas, pemerintah negara yang dituju, ataupun dari pemerintah Indonesia.

Jika kamu salah satu yang ingin mendaftar beasiswa, sebaiknya kamu mencari beasiswa yang sedang terbuka dan mempersiapkan persyaratannya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa melakukan proses pendaftaran beasiswa secara paralel dengan proses pendaftaran universitas. Tetapi ada juga beberapa beasiswa yang membutuhkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas yang kamu tuju sebagai salah satu persyaratannya sehingga proses pendaftaran universitas harus dilakukan terlebih dahulu.

Sama seperti proses pendaftaran universitas, sebaiknya kamu mencatat dan membuat daftar hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan agar tidak ada yang terlupa.


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini!


6. Mempersiapkan proses keberangkatan

Mendapatkan LoA adalah tiket masuk menuju impianmu studi ke Eropa.

Setelah mendapatkan LoA, kamu bisa lanjut ke proses persiapan keberangkatanmu. Kamu bisa mulai menentukan akomodasimu selama studi disana, kamu bisa mulai mengajukan visa pelajar, dan lain sebagainya. Setelah semua persiapan keberangkatan telah terpenuhi, kamu tinggal menunggu waktunya tiba untuk merasakan pengalaman studi ke Eropa yang kamu impikan.

Nah, itu tadi beberapa langkah-langkah yang harus kamu lewati untuk melanjutkan studi ke Eropa. Apa sekarang kamu sudah lebih mendapat pencerahan?

Jika ya, apalagi yang kamu tunggu, segera mulai langkah nomor 1 dan gapai mimpimu studi ke Eropa secepatnya!