Language

Orange Knowledge Programme - Individual Scholarship

Last updated on 20 Jan 2020
Orange Knowledge Programme - Individual Scholarship

okp.jpeg

Oleh: Claire Jasmine

Apa kamu tahu beasiswa Orange Knowledge Programme (OKP) dan apa saja yang ditawarkan oleh program beasiswa ini?

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau mengikuti program short course di Belanda, coba dalami lagi program beasiswa OKP ini! Siapa tahu kamu memenuhi kriteria yang diminta dan kamu bisa mewujudkan keinginanmu untuk ke studi di Belanda.

Kementerian Luar Negeri Belanda mendanai program beasiswa ini untuk para profesional dan organisasi yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Indonesia adalah salah satu negara di antara 52 negara terpilih lainnya.

Negara-negara yang masuk daftar penerima beasiswa OKP diantaranya: Afghanistan, Albania, Armenia, Bangladesh, Benin, Bhutan, Bolivia, Burkina Faso, Burundi, Cambodia, Colombia, Congo (DRC), Cuba, Egypt, Ethiopia, Georgia, Ghana, Guatemala, Guinea, Indonesia, Jordan, Kenya, Lebanon, Liberia, Mali, Mozambique, Myanmar, Nepal, Nicaragua, Niger, Nigeria, North Macedonia, Pakistan, Palestinian Territories, Peru, Philippines, Rwanda, Senegal, Sierra Leone, Somalia, South Africa, South Sudan, Sri Lanka, Sudan, Suriname, Tanzania, Thailand, Tunisia, Uganda, Vietnam, Yemen, Zambia, Zimbabwe.

Tergantung kebutuhan, program OKP dapat memfasilitasi beasiswa pendidikan pribadi, pelatihan khusus, kemitraan jangka panjang antara institusi pendidikan Belanda dan lokal, serta kegiatan alumni. Khusus pada artikel ini, EHEF akan membahas beasiswa pribadi.


Untuk cari tahu tentang instrumen lain yang diberikan beasiswa OKP, kamu bisa klik di sini


Beasiswa bergengsi ini memiliki proses seleksi yang kompetitif untuk mencari profesional yang terbukti memiliki keterampilan dan pengetahuan dari pengalaman yang didapat saat bekerja di sebuah organisasi.

Tema bidang bidang yang diprioritaskan adalah:

  • Keamanan pangan dan gizi
  • Air, energi dan iklim
  • Hak dan kesehatan seksual dan reproduksi
  • Keamanan dan supremasi hukum

Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam daftar ‘full-program countries’ dimana negara-negara di dalamnya dapat memilih untuk menggunakan instrumen penuh yang diberikan oleh OKP, seperti: kolaborasi proyek institusi, pelatihan grup, beasiswa individual, dan aktivitas alumni.

Program yang bisa dipilih

Beasiswa ini tersedia untuk pilihan durasi short courses (kursus pendek) dan masters (jenjang S2). Short courses biasanya berdurasi 2 minggu - 12 bulan dan masters berdurasi 12 - 24 bulan. Program yang dituju harus full-time, kecuali program tersebut adalah e-learning course (online). Kamu bisa mencari program yang ada di dalam daftar beasiswa OKP di Studyfinder. Klik filter ‘OKP qualified - Yes’. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai institusi yang menyediakan program yang kamu tuju di halaman itu juga.

Lalu, kriteria seperti apa yang OKP cari?

Kriteria awardee beasiswa OKP adalah sebagai berikut:

  • Pemohon beasiswa telah bekerja untuk perusahaan nasional dan (atau) organisasi kenegaraan seperti: kementrian, institusi pendidikan kejuruan, menengah, atau tinggi, universitas, swasta, lembaga swadaya masyarakat, atau komisi.
  • Pemohon harus memiliki pengalaman yang cukup di sebuah institusi dan mendapatkan pengetahuan yang relevan dengan tema fokus yang ditentukan OKP (lihat diatas).
  • Pemohon beasiswa mempunyai kewarganegaraan, sekaligus bertempat tinggal dan bekerja di salah satu negara yang masuk dalam daftar beasiswa OKP
  • Pemohon beasiswa telah diterima di program yang masuk daftar beasiswa OKP
  • Pemohon harus menyertakan surat referensi yang positif dan juga pernyataan dimana ia akan tetap mendapatkan gaji dari organisasi dimana ia bekerja selagi pemohon menjalankan program. Pemohon juga harus diberikan kesempatan untuk kembali bekerja di organisasi tersebut untuk menerapkan pengetahuan yang sudah didapatkan setelah lulus dari program studi.

Baca kriteria pemohon yang pantas mendapatkan beasiswa OKP di sini


Apa saja yang dicakup beasiswa OKP?

Beasiswa OKP bisa terbilang unik, karena beasiswa ini memerlukan pernyataan resmi dari atasanmu untuk tetap memberikan gaji selama kamu menimba ilmu di Belanda. Beasiswa OKP sendiri bermaksud untuk menambah pendapatan yang kamu dapatkan per bulan selama periode studi. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan dana untuk biaya kuliah, visa, perjalanan, asuransi, dan lain-lain. Jika pembiayaan yang diberikan tidak cukup, kamu bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhanmu sendiri.

Bagaimana cara untuk mendaftar?

Sebelum kamu mendaftar, pastikan dulu jika program yang kamu tuju memenuhi kriteria secara seksama dan cek juga kalau ataskan kamu bersedia untuk menominasikan di program beasiswa OKP. Selanjutnya, kamu bisa mulai membuat persiapan yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Kapan untuk mendaftar?

Pada umumnya, batas waktu untuk mendaftar berbeda di setiap institusi. Ada tiga ronde yang terbuka setiap tahunnya untuk kamu mendaftarkan diri. Ronde-ronde ini biasanya dibuka pada bulan Februari, Juni, dan September. Ronde aplikasi di bulan September hanya berlaku untuk program short courses.

Gunakan kesempatan ini untuk menimba ilmu di Belanda. Kalau kamu rasa kamu memenuhi kriteria yang ditentukan beasiswa OKP, kami sarankan kamu untuk mendaftar. Good luck!