Media
Language

Milk Bars: Restoran Bersejarah di Polandia

Last updated on 23 Jan 2019

IMG_9539.JPG

"Polish milk bar 04" by Ana Paula Hirama is licensed under CC BY 2.0
Oleh Kristantinova

Belum lengkap rasanya jika melanjutkan studi ke Polandia tanpa mengetahui Milk Bars atau yang seringkali disebut penduduk lokal ‘Bar Mleczyns’.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui, ini bukan tempat yang menyajikan varian minuman berbahan baku susu loh.

Buat kamu yang berencana untuk studi ke Polandia kamu wajib tahu tempat makan yang kaya akan sejarah ini.

Selain memiliki sejarah yang panjang dibaliknya, Milk Bars terkenal menyajikan makanan paling murah di Polandia untuk sarapan, makan siang bahkan makan malam.

Jika kamu mau tahu bagaimana sebenarnya penduduk lokal Polandia makan, nah tempat ini adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan pengalaman kuliner tersebut.

Untuk daftar universitas di Polandia, klik di sini.


Cerita dibalik Milk Bars

Kamu dapat menemui banyak Milk Bars di Polandia, tetapi beberapa diantaranya memiliki sejarah panjang yang perlu kamu ketahui. Semua berawal pada tahun 1896 ketika Stanisław Dłużewski, seorang peternak sapi, membuka Milk Bar pertama dan menamainya Mleczarnia Nadświdrzańska.

Pada awalnya, Milk Bars memang menjual susu murah dan makanan berbahan baku telur.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Milk Bars mulai berkembang dan menjadi destinasi makan favorit warga Polandia.

Apalagi setelah Perang Dunia II, restoran-restoran lain di Polandia sangat sulit ditemukan sehingga para penduduk lokal tidak punya pilihan lain selain pergi makan ke Milk Bars.

Sesaat setelah era komunisme berakhir, Milk Bars mulai perlahan-lahan ditinggalkan karena restoran-restoran asing mulai banyak bermunculan di Polandia. Dari 40,000 Milk Bars yang ada, kini tinggal tersisa beberapa ratus saja.


Universitas Populer di Polandia: Warsaw University of Technology


Milk Bars pada masa sekarang

Meningkatnya jumlah wisatawan asing dan keinginan mereka untuk merasakan sedikit pengalaman kehidupan kaum sosialis pada masa lampau membawa Milk Bars kembali ke titik terang.

Beberapa Milk Bars yang tadinya sempat tutup kini kembali buka.

Apalagi setelah terjadi krisis ekonomi beberapa tahun belakangan ini, orang-orang cenderung mencari tempat makan dengan harga yang murah sehingga Milk Bars kembali menjadi destinasi pilihan.

Di Milk Bars, kamu dapat menemukan berbagai macam sup, salad, daging, pancake dan juga pangsit ala Eropa Timur yang dikenal dengan nama ‘pierogies’.


Untuk daftar beasiswa di Polandia, klik di sini.


Budaya self-service di Milk Bars

Nah, ini yang harus kamu perhatikan saat kamu berkunjung ke salah satu Milk Bars di Polandia. Tidak ada pelayan yang menghampirimu ke meja dan mencatat pesananmu kemudian mengantarkannya ke mejamu.

Semuanya harus kamu lakukan sendiri alias self-service, mulai dari memesan makanan hingga mengambil makananmu.

Seseorang dari dapur akan menyebutkan nama makanan yang kamu pesan dan kamu harus mengambilnya di counter yang tersedia.

Tidak lupa juga, hal yang sama berlaku ketika kamu sudah selesai makan. Kamu harus meletakkan piring kotor dan peralatan makanmu ke tempat yang telah disediakan.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Polandia


Daftar Milk Bars yang dapat kamu kunjungi

Buat kamu yang penasaran ingin merasakan pengalaman budaya dan sejarah yang kental di Polandia, atau sekedar ingin mencicipi makanan khas dari Milk Bars, berikut adalah beberapa daftar Milk Bars yang dapat kamu kunjungi.

1. Mleczarnia Nadświdrzańska

Ada yang merasa familiar dengan nama Milk Bar ini?

Ya! Ini adalah Milk Bar pertama yang buka pada tahun 1896.

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman sejarah sesungguhnya, tidak ada Milk Bar yang paling tepat selain Mleczarnia Nadświdrzańska. Meskipun sempat buka tutup dan melakukan re-branding beberapa kali, Mleczarnia Nadświdrzańska dapat kamu jumpai saat ini di Warsaw.

Saat ini, Mleczarnia Nadświdrzańska masih menyajikan berbagai pierogi, salad, dan daging.

2. Milkbar Tomasza, Kraków

Di Kota Tua Kraków, di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan zaman sekarang, dengan restoran modern dan bar-bar, kamu akan menemui pojok sejarah: Milkbar Tomasza.

Tampak tempat ini dari luar memang terlihat sangat biasa, tetapi jangan salah, Milkbar Tomasza menyuguhkan makanan khas Polandia yang terkenal enak loh.

3. Bar Mleczny Prasowy, Warsaw

Satu lagi Milk Bar yang dapat membawamu ke era awal abad 20. Bar Mleczny Prasowy yang didirikan pada tahun 1954 ini berlokasi di tengah jalan Marszalkowska. Jika kamu mau kesini, pukul 12 hingga 2 siang merupakan peak time mereka. Disini kamu dapat menikmati pierogi mulai dari 6 zlotych, sup dengan harga 3 zlotych dan Kompot (sejenis minuman manis) dengan harga 2 zlotych. Semua harganya kurang dari 25 ribu rupiah.

Murah meriah kan?

Buat kamu yang sedang studi atau berencana studi ke Polandia, maka Milk Bars wajib jadi destinasi kulinermu nih.

Menarik bukan ketika kamu bisa menikmati makanan dengan harga murah plus bisa mendapatkan pengalaman sejarah dibalik tempat makanmu.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Polandia, klik di sini.