Media
Language

Mencari Pengalaman Studi yang Berbeda? Slovenia Jawabannya!

Last updated on 25 Mar 2019

IMG_1976.PNG

Oleh Kristantinova
Lanjut studi ke Slovenia? Dimana ya itu?

Mungkin sebagian dari kalian masih tidak familiar dengan negara ini. Mendengar namanya saja asing, apalagi memikirkan untuk lanjut studi kesana, pasti kalian tidak pernah kepikiran bukan?

Tapi, bisa saja setelah membaca artikel ini kalian bisa mulai berpikir untuk mempertimbangkan studi ke Slovenia loh.

Buat kamu yang senang dengan tempat baru, petualangan seru, pengalaman unik, dan studi yang berkualitas, maka Slovenia wajib masuk dalam daftar destinasi studimu ke Eropa.

Negara yang lokasinya berada diantara Austria, Italia, Hongaria, dan Kroasia ini punya banyak alasan untuk membuatmu tertarik pergi bahkan studi kesana.


Kuliah di Slovenia dengan Beasiswa Erasmus+


Penasaran apa saja?

Berikut 7 alasan mengapa kamu harus studi ke Slovenia.

1. Pendidikan yang Berkualitas dan Bertaraf Internasional

Universitas di Slovenia banyak menawarkan program studi dengan berbahasa pengantar Inggris untuk para pelajar internasional. Kamu tidak perlu khawatir karena tidak bisa bahasa Slovenia karena lingkungan dan pendidikan disana telah terbiasa dengan lebih dari satu bahasa asing.

Jadi, belajar dan berinteraksi dengan bahasa Inggris atau bahasa lain seperti bahasa Jerman dan Italia, mudah dilakukan di Slovenia.

Dari segi kualitas, banyak pelajar yang memilih berkuliah di Slovenia untuk memperdalam ilmu tentang kebudayaan Eropa, seperti linguistik, sejarah, dan ilmu sosial.

Tidak hanya itu, lingkungan yang multikultural di Slovenia membuat negara ini menjadi destinasi yang tepat buat kamu yang ingin belajar soal hubungan internasional, dan kebijakan luar negeri. Universitas seperti University of Ljubljana, yang juga merupakan universitas terbesar dan tertua di Slovenia ini, merupakan salah satu universitas yang memiliki reputasi baik dalam bidang studi sosial.

Selain bidang sosial, Slovenia juga memiliki reputasi yang bagus juga untuk bidang sains dan teknologi.

2. Biaya Hidup yang Relatif Murah

Di Slovenia kamu bisa tinggal di asrama dengan biaya 80-150 EUR per bulan atau tinggal di apartemen dengan biaya sekitar 165 EUR.

Meskipun jika kamu tinggal di ibukota Slovenia, Ljubljana, yang biaya hidupnya 20% lebih mahal ketimbang kota-kota lain, biaya tersebut masih jauh lebih murah dibandingkan dengan kota-kota di Eropa lainnya seperti London dan Paris.

Selain itu, sebagai pelajar disana, kamu juga bisa mendapatkan banyak potongan harga untuk makanan di restoran dan supermarket.


Universitas populer di Slovenia: University of Ljubljana


3. Banyak Aktivitas Seru untuk Diikuti

Ternyata keuntungan sebagai pelajar di Slovenia tidak hanya berlaku untuk makanan tetapi juga untuk berbagai aktivitas yang ada disana.

Olahraga merupakan aktivitas yang populer di Slovenia, kamu bisa mendaftar di fitness center dengan harga yang terjangkau atau mengikuti klub sepakbola atau voli. Bahkan mengikuti kursus bahasa dan fotografi juga masih masuk kantong pelajar loh.

4. Kesempatan Menikmati Keindahan Alam yang Jarang Dilihat

Di Slovenia kamu bisa dengan mudah menemukan banyak pemandangan alam yang cantik.

Kalau kamu senang berpetualang di alam, kamu bisa mengeksplor dunia di bawah tanah, Slovenia banyak memiliki gua-gua di wilayah Barat Daya yang menarik untuk dikunjungi. Slovenia seringkali juga disebut negara hijau karena banyaknya pepohonan diseluruh areanya.

Pada saat musim gugur, Slovenia akan menjadi sangat cantik dengan daun-daun yang berguguran dan berubah warna menjadi merah.

Jadi, meskipun luas negaranya kecil, Slovenia punya banyak destinasi menarik untuk dikunjungi saat kamu sedang memiliki waktu kosong.


Untuk info tentang kuliah di Slovenia, klik di sini.


5. Akses Menuju Negara Lain yang Mudah

Tidak hanya keindahan di dalam negaranya saja yang bisa kamu eksplor, lokasi Slovenia yang berdekatan dengan beberapa negara Eropa lainnya memudahkan aksesmu untuk berkunjung ke negara-negara lain. Kamu bisa dengan mudah nih berkunjung ke kota-kota seperti Vienna dan Venice.

Nah, buat kamu yang masih penasaran seperti apa sih rasanya kuliah ke Slovenia, salah satu alumni Universitas Ljubljana, Sahasika Prabaswara, akan menceritakan pengalamannya selama studi di Slovenia nih. Kamu bisa nonton IG Live nya hari ini, Sabtu, 23 Februari 2019 pukul 15.00 di Instagram @ehef.id.

Yuk, gali informasi sedalam-dalamnya soal studi ke Slovenia dan dapatkan pengalaman studi unik dan beda daripada yang lain di Slovenia!