Media
Language

Keistimewaan Belajar di Irlandia

Last updated on 15 Sep 2019

EHEF_Ireland_Web_1200x615pxl_RECAP.jpg Oleh Irene Atalia


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Tanggal 9 Agustus kemarin, EHEF melakukan wawancara dengan Isabelle Walton lewat IGTV. Isabelle adalah representatif untuk ASEAN dari Education in Ireland. Ia berperan dalam meraih calon pelajar untuk mengambil studi perguruan tinggi di Irlandia. Selama ini, kamu mungkin sudah mengenal Irlandia sebagai emerald island, tentu karena negaranya sangat hijau. Mungkin kamu juga sudah tahu Irlandia dari tokoh leprechaun dan daun clover yang menjadi ikon negaranya. Tetapi apakah kamu sudah mengenali kehebatan negara ini dalam pendidikan? Sudahkah kamu tahu cara mendaftar pendidikan di Irlandia dan keuntungannya setelah diterima?

Tenang, kita merangkum semuanya di artikel di bawah ini!

Kuliah di Irlandia

Irlandia adalah salah satu negara yang siswa internasionalnya memiliki tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan tertinggi. Keramahan dan kehangatan orang-orang Irlandia, negaranya yang aman dan indah akan menjadikannya tempat yang nyaman untuk kamu belajar. Isabelle mengakui, karena penduduk Irlandia sedikit, banyak yang beranggapan bahwa warganya saling kenal! Mereka juga sangat terbuka bagi siswa internasional untuk beradaptasi dan mengenali budaya asli Irlandia.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih negara untuk berkuliah adalah bahasa yang biasa digunakan sehari-hari. Di Irlandia, kamu tidak perlu pusing tentang hal itu. Irlandia akan menjadi negara satu-satunya di Eropa yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, tentu saja berkaitan dengan keputusan Inggris untuk melepaskan diri dari Uni Eropa. Hal ini bisa membuat kamu lebih fokus lagi dalam pendidikan, karena cukup menguasai bahasa Inggris saja.

Biaya pendidikan di Irlandia terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan di Inggris, yaitu sekitar €9000-15000 setiap tahunnya. Tetapi, bukan berarti kualitas pendidikannya lebih buruk. Semua universitas di Irlandia menempati 5% dalam peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Irlandia memastikan bahwa muridnya tidak hanya dibekali dengan pelajaran yang mereka pilih, tetapi juga critical thinking skills agar mereka dan memahami, menjelaskan, dan memberi solusi dengan cara pandang intelektual mereka sendiri. Hal ini menjadikan setiap lulusan negara Irlandia menonjol, karena mampu untuk berpikir secara independen dan out of the box.

Kejar Ilmu Lalu Kejar Karir, Siapa Takut?

Perlu kamu ketahui bahwa Irlandia adalah tuan rumah bagi banyak perusahaan global. HQ di Uni Eropa untuk perusahaan-perusahaan seperti Deloitte, Facebook, e-bay, bahkan Google bertempat di Irlandia. Perusahaan- perusahaan hebat ini terus mencari karyawan baru untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya masing-masing. Dengan penduduk yang terhitung sedikit (sekitar 4,7 juta penduduk), mahasiswa lulusan universitas di Irlandia tentu berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai di bidangnya di perusahaan-perusahaan ini. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan karirmu di Irlandia!

50% dari penduduk Irlandia adalah masa produktif yang berumur antara 18 - 35 tahun. Kalau kamu memilih untuk berkuliah di Irlandia, walaupun kamu mahasiswa internasional, kamu tetap dianggap sebagai “lulusan Irlandia”. Jadi perusahaan tidak akan membedakan status kenegaraan kamu dengan warga negaranya. Lulusan Irlandia juga diberikan waktu seusai lulus yang bisa digunakan untuk mencari kerja, yaitu 12 bulan usai pendidikan S1 dan 24 bulan untuk strata yang lebih tinggi.


Baca kenapa Irlandia menjadi pilihan tempat bagi perusahan besar, di artikel kami.


Tinggal di Irlandia

Hal paling berbeda antara Irlandia dan Indonesia, tentu saja adalah suhunya. Suhu di Irlandia tidak jauh dengan suhu di Inggris, tetapi sangat jauh dengan Indonesia yang beriklim tropis. Suhu ini menyebabkan keperluan kamu untuk menyesuaikan dengan iklim ini.

Warga Irlandia sangat terbuka dan hangat. Keceriaan dan kehangatan Isabelle dalam interview ternyata juga dimiliki penduduk lain di Irlandia. Kota besar seperti Dublin memang diakui lebih fast-paced dari kota-kota yang lebih kecil seperti Limerick, tetapi masih jauh lebih santai dan ramah dari negara di Eropa lainnya.

Gaya hidup di Irlandia menentukan uang yang kamu keluarkan setiap harinya. Rata-rata dengan €750 - €1,250 cukup untuk kamu hidup nyaman selama sebulan. Setiap siswa yang memiliki visa studi juga diperbolehkan bekerja untuk menambah pemasukan dengan syarat maksimal jam kerja 20 jam/minggu dengan bayaran €10/jam (di tahun 2019). Hal ini memastikan kamu agar tetap fokus dan memprioritaskan pendidikan.

Daftarkan Dirimu Sekarang!

Dengan keuntungan yang ditawarkan Irlandia, saat ini menjadi saat yang sangat tepat bagi kamu mendaftar karena Irlandia sedang melakukan penambahan jumlah siswa internasional di perguruan tinggi Irlandia. Mereka ingin memastikan bahwa ada jumlah yang seimbang antara siswa domestik dan internasional.

Jurusan yang ditawarkan di Irlandia sangat beragam. Tentu saja, Irlandia menawarkan jurusan yang berhubungan dengan perekonomian Irlandia, seperti: IT, sains, farmasi, dan biomedical engineering.


Bermimpi jadi entrepreneur? Kuliah di Irlandia untuk dapatkan ilmunya. Baca artikelnya di sini!


Caranya mendaftar sangat mudah, bahkan bisa dirangkum Isabelle menjadi 4 langkah sederhana:

  1. Pilih universitas dan jurusan yang paling ingin kamu geluti.
    Negara Irlandia memudahkan akses untuk kamu mencari tempat yang tepat lewat website Education in Ireland. Website ini memuat semua informasi yang kamu perlukan untuk memilih sekolah.
  2. Daftarkan dirimu ke universitas yang bersangkutan
    Pendaftaran masuk universitas biasanya dibuka pada bulan September. Setelah kamu mendaftar, kamu biasanya menerima Letter of Acceptance pada bulan April-Mei. Setelah ini, bagian tersulitnya sudah selesai.
  3. Dapatkan visa studi
    Visa studi sebagai izin kamu mengejar pendidikan di Irlandia bisa kamu urus langsung di kedutaan Irlandia. Visa ini keluar setelah 3-5 minggu masa urus, dan bisa kamu dapatkan secara gratis!
  4. Terbang ke Irlandia
    Sekarang ini, penerbangan dari Indonesia belum ada yang langsung sampai ke Irlandia. Untuk ke Irlandia, kamu bisa terbang ke Inggris dan melakukan perjalanan lagi ke Dublin dengan transportasi pilihanmu. Penerbangan London-Dublin hanya memakan waktu 40 menit.

Tapi tunggu, Isabelle juga menambahkan satu langkah tambahan untuk kamu yang menginginkan. Setelah mendapatkan LoA, kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa.

Beasiswa yang paling kompetitif di Irlandia bernama Scholarship Government of Ireland. Penerima beasiswa ini berarti pengeluaran studi siswa ditanggung penuh oleh pemerintah.

Setiap universitas juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswanya. Kamu bisa mendapatkan beasiswa full, partial dan kombinasi, tergantung yang ditawarkan setiap universitas.

Informasi terkait beasiswa ini juga tercantum dalam website Education in Ireland.

Pesan dari Isabelle

Isabelle berpesan untuk banyak mencari informasi lewat website EHEF.id dan Education in Ireland serta media sosialnya. Hal ini memastikan kamu terbekali dengan semua yang perlu kamu ketahui selagi mempersiapkan diri untuk studi di Irlandia.

Isabelle sangat mendorong pelajar Indonesia untuk mengambil kesempatannya belajar di Irlandia. Pengalaman belajar ini tidak dimiliki semua orang, jadi lakukan saja! Kamu akan temukan keajaiban Irlandia di sana.

Baca artikel-artikel kami tentang belajar di Irlandia.