Language

Last updated on 05 Oct 2022

IMG_2853.PNG

Oleh: Robyn Ava

Program Magister Sosiologi

Untuk kamu yang tertarik untuk mengamati bagaimana manusia berinteraksi dengan satu sama lain dan juga dengan lingkungannya, gelar Magister Sosiologi mungkin sangat cocokmu! Gelar pascasarjana ini memberikan siswa pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menggunakan data dari pengamatan sosial di lapangan. Keahlian ini sangat diminati di berbagai bidang dan industri, terutama pekerja sosial, akademisi, dan sektor swasta.

Program Magister Sosiologi berfokus dalam melihat masalah-masalah dan fenomena sosial dari pengamatan ilmiah pada perilaku manusia. Dalam pembelajaran ilmu sosiologi, siswa akan mendapatkan wawasan teori tradisional dan kontemporer. Secara tradisional, bidang studi ini berfokus pada kelas dan mobilitas sosial, agama, hukum, seksualitas, begitu juga stratifikasi dan penyimpangan sosial. Tergantung dari peminatannya, siswa bisa mengeksplor topik-topik di luar dari hal-hal yang konvensional yang disebutkan tadi. Tetapi, pastinya, siswa akan belajar bagaimana menerapkan teori-teori solusi permasalahan sosial pada masalah-masalah masyarakat yang aktual secara praktis.

Pekerjaan yang cocok

Setelah mendapatkan gelar Magister Sosiologi, siswa bisa melihat masalah dari perspektif yang berbeda dan berdasarkan itu, bisa membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang. Kompetensi ini khususnya dibutuhkan untuk posisi dalam pembuatan kebijakan atau saran dalam lembaga kenegaraan, organisasi, ataupun perusahaan swasta.

Ada beberapa jabatan atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan seseorang yang menguasai teori-teori sosiologi khususnya dalam pembuatan solusi masalah publik. Biasanya, seorang sosiolog berorientasi kebijakan di pemerintah, organisasi nirlaba, lembaga penelitian atau komunitas bisnis. Tergantung pada spesialisasi dan minat pribadi, siswa dapat menduduki berbagai posisi di bidang pekerjaan, organisasi, dan masalah perkotaan. Selain itu, sebagai sosiolog siswa juga bisa memilih karir sebagai jurnalis atau petugas informasi dengan fokus pada isu-isu sosiologi.

Fokus program-program Magister Sosiologi di Eropa sangat beragam. Jadi kamu bisa pilih program yang paling relevan dengan ketertarikanmu. Di bawah ini terdapat beberapa pilihan program Magister Sosiologi di berbagai universitas di Eropa:

MSc in Social Scientific Data Analysis di Lund University

Master of Science dalam Analisis Data Ilmiah Sosial akan mempersiapkan siswa untuk menjadi peneliti profesional ataupun analis data ilmiah sosial dengan spesialisasi pada proses dan metodologi penelitian. Program ini melibatkan pelatihan ekstensif dan intensif dalam proses melakukan penelitian sosial, desain penelitian, metodologi, metode kualitatif dan kuantitatif (siswa akan diajarkan programming menggunakan software statistik 'R'), serta teori terapan, cara membangun teori, dan berbagai teori interdisipliner lainnya.

Setelah lulus, siswa sangat cocok untuk bekerja di industri yang saling melengkapi: menjadi analis data, peneliti, atau manajer proyek penelitian yang dilakukan oleh swasta ataupun publik; atau kandidat PhD dalam dunia akademis.

Program ini berdurasi dua tahun dan harus dilakukan full-time di kampus Lund University di Lund, Swedia. Pertahunnya, biaya program ini berkisaran IDR 347,843,775.88 atau SEK 220,000.

MSc in Behavioral and Social Science (Research) di University of Groningen

Program Ilmu Perilaku dan Sosial (Penelitian) di University of Groningen memperbolehkan siswa untuk memilih satu dari tiga tema multidisiplin yang tersedia. Dengan tema yang spesifik, siswa akan mendapatkan pandangan yang unik pada topik yang berkaitan dengan tema tersebut. Dari awal semester satu, siswa sudah bisa memilih spesifikasi yang diinginkan. Jadi, sedari awal, siswa bisa menyesuaikan program master yang siswa inginkan berdasarkan topik-topik yang relevan dengan apa yang siswa ingin dalami.

Tiga pilihan programnya terdiri dari:

  • Defisiensi, Kesulitan, dan Gangguan Jiwa;
  • Perkembangan Masa Hidup dan Sosialisasi; dan
  • Pemahaman Perubahan Masyarakat.
Program ini berdurasi dua tahun dan harus dilakukan secara full-time di kampus University of Groningen di Groningen, Belanda. Pertahunnya, program ini berkisar IDR 261,323,538.93 atau EUR 15,900.

MSc in Cultural Sociology di University of Southern Denmark

Program magister di Kultural Sosiologi akan memberikan siswa ilmu teori dan empiris yang beragam di dalam berbagai topik dan secara bersamaan juga memberikan siswa kesempatan untuk mempunyai spesialisasi di area penelitian berdasarkan minatr mereka masing-masing.

Sebagai seorang mahasiswa di program ini, siswa akan mendalami bagaimana proses transformasi sosial dalam kedua aspek, yaitu bangsa, institusi dan dalam level komunitas muncul dalam mempengaruhi sosial dan kultur yang beragam.

Siswa akan mendapat akses di program magister Cultural Sociology jika mempunyai ijizah S1 dengan program yang relevant. Seperti:

  • BSc in Sociology and Cultural Analysis
  • BSc in Market and Management Anthropology
  • BSc in Sociology
  • BSc in Anthropology
  • BSc in Social Science
  • BSc in Political Science
  • BSc in Ethnology
  • BSc in Global Studies
  • BSc in Working Life Studies
Program ini berdurasi dua tahun dan harus dilakukan secara full-time di kampus University of Southern Denmark di Esbjerg, Denmark. Biaya pertahunnya sekitar IDR 100,724,337 atau EUR 62,000.

MSc In Ageing and Social Change di Linköping University, Swedia

Penuaan populasi dan peningkatan ketidaksetaraan adalah tren yang nyata di seluruh dunia, sementara globalisasi, digitalisasi, urbanisasi, migrasi, dan perubahan hubungan gender memiliki efek mendalam pada kehidupan kita. Populasi yang hidup lebih lama menghadirkan tantangan dan peluang global yang memengaruhi setiap aspek kehidupan kita, seperti kesejahteraan, lingkungan, kesehatan, keuangan, perumahan, dan pekerjaan.

Saling ketergantungan antara kebijakan, lembaga kesejahteraan, dinamika populasi, dan kehidupan individu menjadi inti dari program ini. Program ini menawarkan kurikulum yang luas dalam penelitian penuaan yang berorientasi di kebijakan dan pembahasan beberapa bidangnya seperti kesejahteraan, pensiun, kesehatan dan perawatan, keluarga, dan hubungan antargenerasi.

Sebagai siswa dalam program ini, kamu akan memperoleh pemahaman yang luas tentang hubungan antara umur panjang dan perubahan sosial melalui perspektif interdisipliner yang sesungguhnya, menggabungkan penelitian dan metodologi terkini.

Program ini menawarkan opsi satu tahun, 60 kredit, dan opsi dua tahun, 120 kredit. Kamu bisa memilih belajar di kampus atau jarak jauh dengan dua periode di kampus setiap tahun. Per tahunnya, program ini berkisar IDR 252,909,794 atau 160,000 SEK.

MSc Social Data Analytics di University College Dublin

Magister Ilmu Sains dalam Analisis Data Sosial adalah program satu tahun yang diajarkan oleh departmen-departmen di Departmen Ilmu Sosial dan Hukum (Sosiologi), dan Departmen Ilmu Sains (Ilmu Komputer). Siswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan analitik ilmiah, komputasi, informasi, statistik, dan visual sosial, untuk menganalisi big data yang muncul dari interaksi manusia. Siswa akan menerima pelatihan dalam analisis sosiologis, serta keterampilan coding dan programming yang memungkinkan siswa untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk menghadapi tantangan dalam dunia nyata, dan mengambil keputusan berdasarkan informasi. Siswa juga dapat memilih untuk menyelesaikan magang sebagai bagian dari studi mereka. MSc Social Data Analytics cocok untuk lulusan ilmu sosial atau program ilmu komputer, atau disiplin ilmu terkait seperti psikologi, politik, geografi, atau ekonomi yang ingin mengembangkan keterampilan analitis mereka lebih lanjut.

Progam ini berdurasi satu sampai dua tahun. Program ini bisa dilakukan secara full-time ataupun part-time. Per tahunnya, biaya kuliah program ini adalah IDR 323,778,527 atau EUR 19,900.

Jadi, kamu mau kuliah di mana? Cek website ehef.id untuk cari tahu berbagai program universitas di Eropa lainnya!