Media
Language

Bermimpi Menjadi Entrepreneur? Studi di Irlandia Solusinya

Last updated on 26 Sep 2018

irlandia.jpg Photo by Danielle MacInnes via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Irlandia memiliki berbagai alasan untuk kamu jadikan negara tujuan melanjutkan studi. Selain karena kualitas pendidikan di sana menjadi salah satu yang terbaik di Eropa, negara beribukota Dublin ini juga memiliki keindahan alam yang mempesona, penduduk yang keramahannya berada di peringkat ke empat dunia, kuatnya komunitas dan jaringan internasional, aman dan nyaman untuk menjadi tempat tinggal, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang dipastikan bakal menunjang berbagai upayamu mencari ilmu.

Namun demikian, apabila kamu merupakan salah satu pelajar yang memiliki cita-cita menjadi seorang entrepreneur, maka Irlandia sangat patut kamu pertimbangkan. Sebab, dengan berkuliah di sana, beragam pengalaman luar biasa yang berkaitan dengan dunia entrepreneur akan kamu dapat. Mengapa? Mari simak bahasan berikut.


Untuk daftar lengkap universitas di Irlandia, klik di sini.


Negara Kreatif dan Inovatif

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kreativitas dan inovasi merupakan unsur penting yang harus dimiliki seorang entrepreneur. Lantas untuk meningkatkannya, kita butuh lingkungan dan tempat tinggal yang mendukung itu. Dalam hal ini, Irlandia adalah salah satu negara yang cocok untuk kamu mengasah kreativitas dan inovasi selama menempuh studi.

Dalam hal kreativitas, Irlandia memang dapat dikategorikan sebagai negara kreatif. Berdasarkan laporan The Cultural and Creative Monitor, lima kota di Irlandia menempati posisi teratas, di masing-masing kategorinya. Sementara dalam hal inovasi, World Intellectual Property Organization (WIPO) menyatakan bahwa Irlandia merupakan 10 besar negara paling inovatif di dunia.

Kualitas Research & Development

Menjadi seorang entrepreneur tak hanya menyoal bagaimana menjalankan bisnisnya. Riset juga penting bagi seorang entrepreneur untuk mengembangkan bisnis mereka. Menggunakan riset dalam mengembangkan sebuah bisnis berpengaruh pada akurasi dalam pengambilan keputusan. Itu mengapa banyak perusahaan akan melakukan riset terlebih dahulu, sebelum membuat sebuah kebijakan, atau meluncurkan produk terbaru mereka.

Nah, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang entrepreneur, melanjutkan studi ke Irlandia merupakan keputusan yang tepat. Terdapat berbagai program riset yang diselenggarakan di Irlandia, baik dari pemerintah, maupun pihak swasta. Bahkan, universitas di Irlandia sendiri termasuk ke dalam 1% dari seluruh lembaga riset dunia yang memiliki pengaruh luas di berbagai bidang.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Irlandia.


Kantor Perusahaan Internasional

Potensi dan pertumbuhan ekonomi Irlandia menjadi ketertarikan sendiri bagi perusahaan-perusahaan besar kelas dunia, khususnya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Di ibukota Dublin saja, terdapat kantor pusat wilayah Eropa Timur Tengah dan Afrika (EMEA) untuk sosial media besar seperti Facebook, Google, Twitter dan LinkedIn. Brand terkenal lainnya, seperti Amazon, AirBnB, Intel, Siemens, HP, Dell, hingga Microsoft, juga berbasis di Irlandia.

Perkembangan industri teknologi di Dublin itu, bahkan dapat membuat Dublin menjadi satu dari tujuh negara yang dijuluki “The Next Silicon Valley”. Hal ini tentunya akan sangat memberikan keuntungan buat kamu apabila melanjutkan studi di Irlandia. Kesempatan untuk menambah pengalaman, sekaligus belajar dari kesuksesan perusahaan-perusahaan besar tersebut, terbuka lebar. Siapa tahu, dengan begitu rintisan usahamu kelak dapat bersaing dengan nama besar perusahaan-perusahaan kelas dunia itu.

Kemudahan dalam Menjalin Kerja Sama dengan Perusahaan Besar

Salah satu hal yang menarik di Irlandia, adalah kesempatan bagi para perintis usaha baru untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar. Di negara dengan luas kurang lebih 70 kilometer persegi ini, perusahaan-perusahaan besar sangat mendukung rintisan-rintisan bisnis yang ada di sana. Hal tersebut mendorong pesatnya perkembangan startup di Irlandia.

Apabila kamu melanjutkan studi di Irlandia, maka kesempatan ini juga terbuka untukmu. Apabila idemu bagus dan memiliki dampak luas bagi masyarakat, rintisan usahamu berpeluang untuk ‘dilirik’ oleh perusahaan-perusahaan besar tersebut. Dengan begitu, maka jalanmu untuk membesarkan startup akan terasa mulus.


Universitas Populer di Irlandia: Trinity College Dublin


Peluang Membuka Bisnis Untuk Pendatang

Nah, hal terakhir yang menjadi pertanyaan, apakah dengan berbagai kelebihan tersebut, lantas kamu sebagai pendatang dapat menjalankan rintisan bisnismu di Irlandia? Jawabannya adalah ya. Pemerintah Irlandia, memberikan peluang sebesar-besarnya bagi para penduduk asing untuk membuka bisnis di Irlandia.

Hal tersebut menjadikan Irlandia sebagai negara ke-8 terbaik dunia untuk berbisnis, versi Forbes. Kesempatan ini pun juga dapat diambil apabila kamu melanjutkan studi ke Irlandia dan tentunya akan memberikan pengalaman yang sangat luar biasa. Ada banyak pelajaran yang kamu dapat, yang kelak membantumu untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

+++

Alasan-alasan di atas menjadikan Irlandia sebagai negara tujuan untuk melanjutkan studi, patut kamu pertimbangkan. Terutama, untuk kamu yang becita-cita menjadi seorang entrepreneur, atau ingin menjajal dunia entrepreneur. Siapa tahu, kamu bisa menjadi salah satu entrepreneur sukses. Hal itu pastinya akan membuat kamu bangga, sekaligus mengharumkan nama bangsa.


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Irlandia, klik di sini.