Language

Scholarships in Ireland (Beasiswa di Irlandia) | EU Scholarships Info Day Webinar

Last updated on 04 Aug 2021
Scholarships in Ireland (Beasiswa di Irlandia) | EU Scholarships Info Day Webinar

Study abroad in Ireland with a scholarship

Screen Shot 2021-07-02 at 13.18.17.png

Note: This is a transcription from the webinar "Education in Ireland | EU Scholarships Info Day 2021"

Puji Maharani - Moderator (PM): Halo semuanya, selamat datang di EU Indonesia Scholarships Info Day 2021, saya Puji Maharani dan saya akan memoderatori sesi webinar kali ini, sesi webinar ini akan dipresentasikan oleh Miranda Hough.

Miranda Hough (MH): Hi, selamat sore semuanya, selamat sore Puji.

PM: Hi, Mbak Miranda ini adalah Education Consultant, Embassy of Ireland for Indonesia region.

MH: Sebetulnya bukan Embassy of Ireland tapi Education in Ireland, nanti aku akan jelaskan sedikit soal itu, it’s okay.

PM: Okay, baik, terima kasih atas informasinya saya langsung persilahkan Mbak Miranda untuk presentasi, silahkan.

MH: Thank you Puji, Selamat Sore semuanya, semoga semua sehat selalu. Sore ini kita akan jalan-jalan ke Irlandia. Apakah terlihat Puji?

PM: Iya, sudah terlihat.

MH: Okay, so selamat datang di Irlandia. Failte! Nggak apa-apa tadi, kita bukan bagian dari Embassy of Ireland namun kita ada di bawah Kementrian Pendidikan nya atau di Irlandia disebutnya Department of Education and Skills.

Ireland - An Overview

So overview tentang Irlandia, Irlandia negara yang sangat kecil mungkin dibandingkan dengan negara Uni Eropa yang lain. Populasi di negara ini hanya 5 juta orang saja. Kita juga menggunakan mata uang Euro. Saat ini kita satu-satunya negara Uni Eropa yang berbahasa Inggris. Kita juga merupakan member dari Uni Eropa sejak 1973.

Mengapa Irlandia?

Tadi aku sudah bahas sedikit, kita satu-satunya negara berbahasa Inggris. Jadi teman-teman tidak perlu belajar bahasa lain. Ibu kota kita ada di Dublin, kemudian ibu kota kedua terbesar ada di Cork, ketiga ada di Galway. Mungkin teman-teman tau lagunya Ed Sheeran “Galway Girl” itu terinspirasi dari Kota Galway. Dan kota terbesar keempat adalah di Kota Limerick.

Kita unggul dalam bidang pendidikan, juga terkenal sebagai negara yang sangat kreatif, inovatif dan juga memiliki cita rasa budaya yang tinggi. Mungkin teman-teman tau Irlandia pemusik-pemusik hebat ya seperti The Corrs atau U2 atau The Script, nah mereka itu semua datangnya dari negara Irlandia.

Perusahaan di bidang IT, farma, headquarters Eropanya ada di ibukota kita di Dublin, tapi yang lebih menyenangkan lagi kalau kalian pilih kuliah di Irlandia, kalian diizinkan untuk bekerja sambil kuliah. Jadi, 20 jam selama masa kuliah dan 40 jam selama masa liburan.

Untuk visa, itu juga gratis, turis maupun pelajar masuk ke negara Irlandia. Salah satu keunggulannya dari negara Irlandia juga adalah kalian diizinkan untuk tinggal di negara ini setelah menyelesaikan kuliah anda. Jadi setelah menyelesaikan masa studi S1 kamu diizinkan untuk tinggal di negara ini selama satu tahun, kemudian S2 dan S3 nya, S2 nya 2 tahun dan S3 nya selama 1 tahun.

Voted ‘best country in the world’

Kita juga was voted the best country in the world. Ireland adalah terkenal sebagai negara yang sangat friendly dan juga memiliki pemandangan-pemandangan yang indah.

Safe & friendly

Kita juga terkenal ranking di dunia, di tahun 2018, ranking 10 di dunia untuk safe and friendly environment.

Contemporary cities

Kalian bisa lihat di sini contemporary city kita di Dublin sangat indah dan menyenangkan untuk jalan-jalan dan juga beautiful countryside nya.

Ada berapa institusi di Irlandia? 33

Ada berapa sih Kak Miranda institusi di Irlandia?

Kita ada 33 institusi di Irlandia. Jadi kalau kalian liat di pulau itu, yang hijau muda itu adalah Republic of Ireland. Kemudian yang hijau tua itu adalah Irlandia Utara, jadi termasuk bagian dari United Kingdom.

Memang kalau dilihat di sana kebanyakan perguruan tinggi negeri itu berpusat di ibukota kita di Dublin, tapi jangan khawatir di kota-kota lain juga banyak perguruan tinggi negeri yang kalian bisa pilih.

Ada 7 PTN

Nah kalau untuk universities atau di Indonesia disebutnya dengan perguruan tinggi negeri kita hanya ada 7, dan sangat beruntung kita Irlandia, ketujuh universitas ini termasuk di dalam list LPDP. Jadi nanti teman-teman boleh research langsung yah di website LPDP.

Persyaratan kuliah ke Irlandia?

Entry requirements nya apa saja sih kak kalau mau ke Irlandia?

Kalau untuk S1 nya mereka menerima dari SMA 3 dan juga menerima dari sekolah internasional jadi A-levels dan IB itu direcognized oleh perguruan tinggi di sana. Untuk master’s nya kalian harus punya Bachelor’s degree atau Diploma 4.

Nah untuk persyaratan Bahasa Inggris nya, karena ini juga merupakan bagian dari persyaratan visa seorang pelajar masuk ke Irlandia, kalian harus memiliki IELTS 6.5 overall. Tetapi di masa pandemi sekarang ini yang sedang kita lalui, mereka menerima DuoLingo yang kalian bisa lakukan online dengan score 110. Untuk info lebih lanjut nanti kalian bisa lihat di link tersebut.

Cost of studying & living in Ireland

Berapa sih kak cost of studying dan living di Irlandia itu?

Jadi tuition costs untuk non-EU student seperti anda range nya dari 9000-25000 Euro per annum. Kemudian anda bisa expect 7000-15000 on accommodation and living costs.

Tapi jangan lupa, kalian kan diizinkan untuk bekerja part-time ya teman-teman. Dan kerja part-time itu kalian akan dibayar 10 Euro per jam nya.

Jadi on average cost untuk tuition dan living cost adalah 25000 Euro.

Kita juga sangat beruntung bahwa ada organisasi yang bernama PPI Irlandia yang berdiri sejak tahun 2014. Jadi ini adalah cost of living estimasi dari teman-teman PPI Irlandia, tapi juga tidak berlaku hanya di satu kota ya teman-teman, tapi bisa di kota-kota lain mungkin sangat berbeda.

Ini adalah satu contoh student accommodation di Galway. Jadi banyak teman-teman mahasiswa itu justru sharing untuk apartment nya dengan mahasiswa internasional lain untuk menekan cost of living tersebut. Ada juga mahasiswa Indonesia yang memilih untuk tinggal dengan keluarga Irlandia. Jadi ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih.

Student accommodation rata-rata memang ada yang on-campus, jadi di dalam lingkungan kampus, ataupun di luar kampus.

Info beasiswa

Nah ini yang ditunggu-tunggu, ada beasiswa gak sih kak ke Irlandia? Ada dong!

Jadi kita ada yang namanya Government of Ireland International Education Scholarship untuk S1, S2 dan S3.

Kemudian semua institusi di Irlandia juga menawarkan beasiswa untuk S1, S2 dan S3, namun mungkin tidak fully funded ya teman-teman, tapi mungkin partially.

Tapi jangan lupa beasiswa di sini dari masing-masing institusi di Ireland itu mungkin tidak hanya untuk tuition, tapi juga bisa untuk free accommodation selama kalian kuliah di sana, dan juga tentunya dari beasiswa dari Uni Eropa.

Government of Ireland - International Education Scholarships

Nah mungkin saya akan bahas sedikit tentang Government of Ireland scholarships.

Jadi Government of Ireland Scholarships itu dibuka setiap tahunnya satu kali untuk 60 calon mahasiswa dari seluruh dunia, dan ditutup biasanya di bulan Maret pada saat National Day kita.

Eligibility dan program yang ditawarkan

Jadi ini terbuka untuk semua international students di dunia yang sedang menempuh pendidikan di salah satu pendidikan tinggi. Tapi yang di cover oleh beasiswa ini adalah tahun terakhir untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1, kemudian program S2 yang berdurasi selama satu tahun, dan satu dari dua program S2 yang berbasis penelitian atau satu dari tiga-empat tahun program S3.

Jadi S2 di Irlandia itu hanya satu tahun ya teman-teman.

Benefits

Nah benefits nya apa sih kak?

Jadi beasiswa ini mencakup keseluruhan biaya studi atau full tuition fee untuk satu tahun perkuliahan dan juga pendaftaran di institusi tersebut. Ada juga nanti kalian diberikan tunjangan sebesar 10000 Euro selama satu tahun perkuliahan.

Dokumen yang perlu dilampirkan

Dokumen yang diperlukan adalah passport, offer letter/LOA conditional ataupun final offer, dan dua surat referensi atau rekomendasi.

Proses seleksi dan penilaian

Proses seleksi dan penilaiannya kalian bisa lihat disitu, adapun proses penilaian beasiswa di dalam call for application dijelaskan bahwa bobot penilaian yang paling besar ada pada bagian personal statement yaitu sebesar 45 points.

Selanjutnya kualifikasi akademik, penghargaan dan atau pengalaman professionals sebesar 40 points dan yang terakhir surat referensi sebesar 15 points.

Jadi boleh saya tambahkan info sedikit, Government of Ireland Scholarships itu semua dilakukan online ya teman-teman.

PPI Irlandia 2020/2021

Nah ini tadi saya sudah memperkenalkan sedikit tentang Perhimpunan Pelajar Indonesia di Irlandia yang telah berdiri dari tahun 2014.

Saat ini ada 100 mahasiswa Indonesia di Irlandia. Mungkin belum terlalu banyak yang tengah menyelesaikan S1, S2 dan juga S3 nya. Kalian boleh follow Instagram nya di PPI Irlandia ataupun email teman-teman di ppi.irlandia@gmail.com untuk info lebih lanjut kenapa sih mereka memilih Irlandia sebagai negara tujuan belajar.

Setelah menyelesaikan kuliah diizinkan bekerja di Irlandia

Okay, tadi aku sudah bicara sedikit ya tentang stay back option atau tinggal di negara Irlandia untuk bekerja. Kita terkenal di Eropa sebagai Silicon Valley of Europe.

Di tahun lalu TikTok membuka European headquarters-nya di Irlandia, dan teman-teman bisa lihat disitu yang brand-brand ternama IT seperti Google, Facebook, EA dan lain sebagainya itu European headquarters-nya ada di Irlandia.

Info Kedubes Irlandia di Indonesia

Nah untuk visa tadi sudah saya info sedikit juga, gratis ya untuk warga negara Indonesia, prosesnya 8 minggu kemudian semua aplikasinya juga dilakukan online. Jadi nanti kalau teman-teman ingin info lebih lanjut teman-teman bisa email ke jakartaemvisa@dfa.ie untuk info lebih lanjut.

Perlu juga saya tekankan di sini bahwa visa Irlandia untuk warga negara Indonesia hanya berlaku di negara Irlandia. Jadi kalau teman-teman mau jalan-jalan ke Poland, ke Italia, ke Prancis, ke Jerman, teman-teman harus memiliki Schengen visa. Jangan lupa juga untuk follow Instagram Kedubes Irlandia di @irlandiadiindonesia.

Waktu Penerbangan

Berapa jauh sih kak waktu penerbangannya?

Jadi dari Jakarta, Indonesia, biasanya kita sampaikan kepada calon mahasiswa untuk terbang melalui Dubai. Jadi Jakarta-Dubai itu 8 jam kemudian dari Dubai ke Kota Dublin itu juga 8 jam atau ke Kota Cork juga 8 jam.

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa lihat di educationinireland.com, semua informasinya tersedia di sana.

Ini ada sedikit highlights kunjungan-kunjungan kita di Indonesia bersama Ibu Duta Besar dan juga teman-teman universitas di Irlandia. Dan juga acara-acara online karena saat ini di masa pandemi. Kita juga ada Instagram ya teman-teman untuk update dari universitas dari Irlandia dan juga dari pemerintah Irlandia.

Ini adalah kontak saya di Indonesia, WA, email dan boleh WhatsApp dan boleh SMS juga dan boleh call kalau mau untuk info lebih lanjutnya.

Okay, nanti juga jangan lupa ada alumni sharing session dari Mas Arik Suryo Wicaksono, beliau menyelesaikan S2 nya di Irlandia di Kota Cork dan saat ini keren sekali loh Mas Arik tengah bekerja di TikTok di Dublin.

Okay, terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.

Quiz

MH: Mungkin Puji, masih sempat quiz nggak ya?

PM: Kita masih ada waktu 2 menit sebelum masuk sesi tanya jawab.

MH: Mungkin Puji boleh bantu Miranda ya untuk melihat siapa yang menjawab paling cepat dari pertanyaan-pertanyaan ini.

PM: Okay.

MH: Atau Puji juga boleh ikutan, hadiahnya cukup menarik karena di masa pandemi ini kita sediakan COVID-19 Kit jadi ada hand sanitizer, ada masker dan lain sebagainya. Okay, mungkin boleh aku start ya Puji ya.

PM: Okay, silahkan.

MH: So where was the Star Wars Episode VII “The Force Awakens” (2015), VIII “The Last Jedi” (2017 and episode IX “The Rise of Sky Walker” (2019) filmed in Ireland? Jadi lokasinya dimana teman-teman? Mungkin ada yang tau, Star Wars itu di shoot nya di negara kita di Irlandia yang ke-7, ke-8 dan ke-9 itu di lokasinya dimana di Irlandia di filmnya?

PM: Okay, coba kita tunggu jawabannya. Okay, sudah ada jawabannya. Ada yang menjawab di Galway.

MH: Oh no, bukan di Galway.

PM: Bukan ya.

MH: Bukan, county nya di Kerry.

PM: Ada yang jawab Skellig Michael.

MH: Yes, betul Skellig Michael. Well done, selamat!

PM: Okay, ini ada untuk, ini yang pertama jawab Skellig Michael ada atas nama Mahasiswa PL, nanti kita hubungi lebih lanjut ya. Sekarang kita masuk ke sesi tanya jawab dulu. Pertanyaannya udah banyak banget nih Mbak Miranda.

MH: Okay.

Q&A Session

PM: Okay, kita mulai dari pertanyaan terkait Ireland Government Scholarship untuk S1. Ini ada yang mau klarifikasi. Itu untuk kuliah satu tahun terakhir di universitas Irlandia aja?

MH: Oh dari Indonesia maksudnya?

PM: Iya.

MH: Iya, jadi satu tahun terakhir dia selesai di Indonesia maksudnya, itu tadi typo sorry.

PM: Oh okay, baik.

MH: Iya, so yeah, no that’s right. So, tahun terakhir dari Indonesia dia mendapatkan one year di Ireland. Jadi Government of Ireland Scholarship itu hanya berlaku for one year. Mudah-mudahan tahun depan, menurut kementriannya akan ditambah scholarships nya teman-teman jadi mungkin for the whole tuition year. Fingers crossed!

PM: Nah ini tadi pertanyaan dari S1, sekarang untuk S3. Bagaimana untuk mendapatkan LOA PhD di Irlandia.

MH: Okay, kamu boleh hubungin saya mungkin yang bertanya karena kita, saya ada dokumen lengkap untuk nama-nama professors atau supervisors di Ireland. Nanti dengan senang hati bisa saya bagikan.

PM: Okay, sip, makasih Mbak. Pertanyaan selanjutnya, apakah belum adanya alumni awardee dari salah satu program Erasmus yang dituju yang berasal dari Indonesia akan mempengaruhi proses penilaian kandidat?

MH: Sudah ada alumni dari Erasmus namanya Mas Arya, saat ini beliau sedang menyelesaikan PhD nya di Galway sebetulnya, National University of Galway. Nanti kalau kamu mau saya bisa hubungkan kamu dengan Mas Arya.

PM: Okay, baik, terima kasih. Pertanyaan selanjutnya tentang Beasiswa GOIS lagi, ada berapa kuota untuk Indonesia atau ada berapa rata-rata dalam setahun orang Indonesia yang mendapatkan beasiswa?

MH: Okay, untuk seluruh dunia itu ada 60, tetapi InsyaAllah tahun depan akan di increase sebesar 120 untuk seluruh dunia. Tahun lalu kita ada 5 mahasiswa Indonesia yang menerima Government of Ireland Scholarships. Jadi kesempatannya lumayan besar.

PM: Okay.

MH: Sorry tadi internetnya agak lagging.

PM: Ini tadi agak freeze layarnya, suara saya terdengar jelaskah Mbak Miranda?

MH: Iya. Internet aku kayaknya, sorry.

PM: Soalnya tadi freeze, takutnya nggak kedengeran. Pertanyaan selanjutnya, Kak baiknya kita daftar ke universitasnya dulu hingga dapat LOA atau baru nanti daftar beasiswa atau gimana?

MH: Iya, harus berbarengan itu. Okay, baiklah. Tapi nanti kamu boleh kontak aku, nanti aku bisa kasih info, kontak-kotaknya di universitas di Irlandia nya. Jadi lebih memudahkan proses nya kan, jadi tidak perlu susah-susah mencari kontak supervisor atau professor di Irlandia nya.

PM: Okay, noted. Nah, pertanyaan selanjutnya untuk jenjang S2. Apakah jenjang S2 di Irlandia hanya memang satu tahun saja durasinya ataukah satu tahun itu hanya untuk beasiswa yang ditanggung?

MH: Memang kuliah S2 di Irlandia hanya satu tahun.

PM: Oh, okay.

MH: Jadi kalau misalkan kamu mendapatkan Government of Ireland Scholarship, yaitu pas 1 tahun kamu tetap diizinkan untuk stay back.

Mungkin juga boleh aku ingatkan sedikit kalau misalkan kalian mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia mungkin anda tidak diizinkan untuk stay back di negara ini, anda harus pulang ke Indonesia. Tapi di bawah Government of Ireland Scholarships anda diizinkan stay back sesuai dengan informasi yang sudah saya berikan tadi.

PM: Okay, ada pertanyaan selanjutnya tentang Griffith Dublin College, apakah kampus ini di rekognisi secara global dan punya reputasi di Irlandia seperti apa?

MH: Oh mungkin maksudnya Griffith College Dublin (GCD) kali ya.

PM: Iya sepertinya kebalik.

MH: That’s okay. Griffith College Dublin memang merupakan private university di Irlandia dan kualifikasi nya pasti internationally recognized. Mungkin kalau di Indonesia, equivalent nya dengan Binus kali ya, atau Pelita Harapan, UPH. Standardnya seperti itu dan mereka mempunyai tiga kampus di Irlandia jadi ada di ibukota kita di Dublin, di Limerick dan ada juga di Cork.

PM: Okay, pertanyaan selanjutnya, apakah beasiswa EU juga menerima lulusan D4 atau hanya untuk lulusan S1 saja?

MH: Mungkin pertanyaan itu boleh ditanyakan ke Mbak Destriani dari delegasi Uni Eropa yang akan juga memberikan presentasinya mengenai itu.

PM: Okay, noted. Thank you, Mbak. Selanjutnya tentang usia minimum untuk masuk program S2 di Irlandia.

MH: Tidak ada minimum.

PM: Okay, jadi asal sudah ada Bachelor’s Degree-nya.

MH: That’s right, atau Diploma 4.

PM: Okay, nah. Kalau untuk beasiswa winter atau summer course untuk mahasiswa program internasional apakah ada?

MH: Winter atau summer course, aku harus cek tapi typically kalau winter atau summer pasti kampus tutup ya karena holiday season. Dan biasanya kalau summer atau winter itu mahasiswa biasanya kerja part-time karena itu waktu untuk menabung. Tapi nanti aku juga bia cek, mungkin nanti boleh dicatat namanya Puji aku bisa follow-up.

PM: Okay baik, terima kasih Mbak. Pertanyaan selanjutnya, ini tentang seperti apa bentuk dukungan kampus di Irlandia bagi mahasiswa asing di masa pandemi baik tahun lalu maupun tahun ini?

MH: Pertanyaan yang sangat luar biasa dan hebat. Mungkin kalau dari kampus, saat ini kan masih online ya, tetapi mudah-mudahan di September gradually akan terbuka.

Irlandia memang sangat ini masih lockdown. Kalau boleh saya kasih sedikit info mungkin dari pemerintah Irlandia dari tahun lalu sampai saat ini seorang mahasiswa internasional diberikan tunjangan sebetulnya Puji, sebesar 350 Euro per minggu. Karena kan mereka kehilangan part-time work nya kan. Jadi mereka diberikan tunjangan oleh pemerintah kita 350 Euro per minggu untuk menunjang kehidupannya di sana.

Kemudian juga untuk yang akomodasinya mungkin sudah habis masa waktunya, mereka juga tidak semena-mena diusir dari rumahnya, juga diberikan perpanjangan waktu.

Ada juga beberapa mahasiswa internasional yang terkena COVID-19 dan mereka diberikan fasilitas gratis, Puji, untuk masuk ke Rumah Sakit di Irlandia.

Jadi memang saat ini semua masih online dan university jadi kalau memang ada praktikum mahasiswa harus datang ke kampus itu diizinkan tapi dengan protokol kesehatan yang pasti ketat ya.

PM: Jadi memang ini semua masih melihat situasi gitu ya.

MH: Tapi mudah-mudahan, karena kan angka COVID-19 di Irlandia sangat rendah, tetapi mudah-mudahan September atau Oktober pelan-pelan akan ada beberapa institusi yang akan membuka pintunya untuk mahasiswa tetapi pastinya dengan protokol kesehatan.

PM: Okay, ini memang new normal adalah tantangan tersendiri untuk kita bisa menyesuaikan diri ya, semua orang di negara manapun untuk keperluan apapun.

MH: Pasti.

PM: Okay, untuk pertanyaan terakhir mungkin ya ini ada yang tanya kalau materi presentasinya apakah nanti bisa di akses setelah acara?

MH: Hmm, ya aku rasa boleh, bisa. Nanti saya share kepada tim EHEF.

PM: Okay, ini kita kayaknya masih ada waktu 2 menit lagi, untuk satu pertanyaan lagi. Ini apakah ada IPK minimum dari program beasiswanya atau lebih mengacu kepada persyaratan dari kampus secara khusus?

MH: Aku rasa persyaratan dari university nya ya, masing-masing pasti lain-lain. Itu nanti kalau misalnya kakaknya yang bertanya bisa nanti bicara dengan aku langsung, tadi WA sudah aku sampaikan di powerpoint presentation nanti boleh japri aku langsung.

PM: Okay, ya baik, terima kasih banyak Mbak Miranda atas waktunya. Terima kasih atas pemaparannya di webinar kali ini bagi para pengunjung EU Indonesia Scholarships Info Day 2021.

Anda masih dapat mengajukan pertanyaan dan informasi lebih jauh dengan mengunjungi virtual booth yang berlangsung sampai pukul 5 sore ini.

Terima kasih atas perhatian anda, sampai jumpa di webinar berikutnya.

MH: Thank you, Puji. Bye!