Media
Language

Budaya Italia yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kesana

Last updated on 23 Oct 2018

The Abroad Guide to Italian Culture.jpg Photo by Jace Grandinetti on Unsplash

Oleh Kristantinova

Apakah Italia menjadi salah satu destinasi tempat kamu berkuliah? Atau mungkin Italia ada dalam daftar yang ingin kamu kunjungi selama kamu berkuliah di Eropa? Jika iya, ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Selain kamu harus sedikit sedikit belajar bahasa Italia agar tidak sepenuhnya blank saat sampai disana, penting juga untuk kamu mempelajari budaya dan tradisi masyarakat Italia agar kamu tidak salah bertutur atau bertindak selama berada disana. Setiap negara memiliki tradisi dan budaya yang unik, tak terkecuali Italia. Berikut adalah beberapa budaya dan etika masyarakat Italia yang harus kamu ketahui.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Italia


Sapaan

Berjabat tangan dengan kontak mata serta senyuman merupakan bentuk sapaan untuk orang yang baru kita kenal. Jika kamu sudah berteman atau memiliki hubungan yang lebih, kamu dapat menyapa mereka dengan mencium pipi kiri dan kanan. Orang Italia cenderung berbicara dengan gerakan tangan dan ekspresi muka yang menonjol, jadi jangan kaget ketika kamu sedang berbicara dengan mereka dan mereka terlihat sangat ekspresif.

Gaya Busana

Busana menjadi salah satu aspek diri yang diperhatikan dan penting bagi orang Italia. Pastikan kamu memakai pakaian yang sopan selama berada disana. Pakaian yang sobek-sobek adalah big no di Italia. Jika kamu berencana untuk mengunjungi gereja atau situs-situs religi disana pastikan kamu memakai pakaian yang tidak terbuka (hindari baju tanpa lengan dan memakai bawahan di bawah lutut). Selain itu, sandal jepit hanya digunakan pada saat berada di pantai. Jika kamu pergi ke tempat-tempat lain, ada baiknya kamu menggunakan sepatu atau sepatu sandal.


Universitas Populer di Italia: Scuola Superiore di Studi Universitari e Perfezionamento Sant’Anna


Etika Makan

Di Italia, orang yang mengajak atau mengundang makan di restoran adalah orang yang membayar makanan tersebut. Lalu, usahakan untuk menempatkan tanganmu diatas meja sepanjang makan, bukan di pangkuanmu. Selain itu, roti bukanlah makanan pembuka di Italia. Roti merupakan makanan yang digunakan untuk mengelap atau membersihkan saus-saus yang masih ada di piringmu. Hal menarik lainnya ada di Italia adalah ketepatan waktu bukanlah hal yang penting ketika kamu diajak makan atau diundang ke pesta. Kamu boleh datang terlambat 15 menit pada saat diajak makan atau 30 menit pada saat diundang ke pesta. Ketika kamu diundang makan oleh seseorang, ingatlah bahwa mereka harus menjadi orang yang pertama melakukan semuanya. Mereka yang duduk pertama, makan pertama, dan bangun pertama ketika acara makan telah selesai.

Etika Bisnis

Meskipun ketepatan waktu bukanlah hal yang penting pada saat jamuan makan atau pesta, tapi ketepatan waktu adalah hal yang harus kamu perhatikan jika kamu sedang dalam pertemuan bisnis. Hindari mengadakan pertemuan pada bulan Agustus karena banyak perusahaan yang tutup dan karyawan yang libur pada bulan tersebut.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Italia, klik di sini


Bertamu ke Rumah

Jika kamu berencana untuk mengunjungi rumah teman Italiamu, pastikan kamu datang terlambat 15-30 menit dari jadwal untuk memberikan waktu bagi tuan rumah untuk mempersiapkan makanan atau acara di rumahnya tersebut. Jangan lupa untuk membawa sesuatu jika kamu berkunjung ke rumah temanmu. Kamu bisa memberikan cokelat, bunga, atau kue.

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Italia, klik di sini