Media
Language

Bingung Menentukan Negara untuk Studi di Eropa? Yuk, kenalan Dengan Norwegia

Last updated on 23 Sep 2018

photo-1520769669658-f07657f5a307.jpeg Photo by Mikita Karasiou via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Apa yang terlintas ketika kamu mendengar kata ‘Norwegia’?

Gugusan pegunungan, daratan dingin dan beku, serta fjord mungkin langsung terbayang di pikiran kamu.

Keindahan alam Norwegia memang tersohor di dunia dan menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi mahasiswa asing untuk mengenyam pendidikan di negara Skandinavia ini.

Selain lanskap yang memukau tentu ada beragam alasan lain kenapa studi di Norwegia bisa memberikan kamu pengalaman yang tak terbayangkan sebelumnya.

Berikut ini EHEF.ID sajikan seputar fakta seru mengenai Norwegia!

1. Belajar Budaya Kepemimpinan

Tahukah kamu bahwa Norwegia memiliki hasil domestik bruto per jam lebih tinggi 50% dibandingkan Inggris walaupun ia hanyalah negara kecil?

Bahkan Norwegia menempati peringkat pertama di dunia dalam hal kesetaraan tenaga kerja menurut data Human Development Index. Umumnya para CEO di negara ini memiliki bayaran terendah di dunia, dibandingkan dengan sesama karyawan.

Kesenjangan gaji yang kecil antara manajemen puncak dan karyawan inilah yang menjadikan penduduk Norwegia mampu memiliki perasaan empati yang tinggi karena keadilan, kesetaraan dan rasa hormat dijunjung tinggi.

Hal ini disebabkan Norwegia menggunakan model kepemimpinan Skandinavia. Dimana mentalitas penduduknya sangat lekat dengan kesetaraan dengan kondisi hierarki yang nyaris tidak ada.

Efeknya kerja dapat dilakukan dengan lebih efektif. Keren banget kan?

2. Standar Hidup Tinggi

Semenjak minyak ditemukan di perairan Laut Utara pada tahun 1969, ekspor minyak dan gas menjadi elemen penting dalam ekonomi Norwegia. Efeknya, warga Norwegia kini menikmati standar hidup yang tinggi. Masyarakatnya sangat aman dengan tingkat kejahatan yang rendah.

Peluang pasar tenaga kerja pun cukup besar dengan tingkat pengangguran 3.9% pada 2018 dilaporkan oleh Statistic Norway.

Bagi kamu yang ingin berkarir internasional bisa banget loh untuk kerja di Norwegia karena negara ini memiliki sistem ekonomi terbuka dengan banyak perusahaan internasional dan perdagangan luar negeri yang luas.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Norwegia


3. Pajak Mahal Tapi…

Negara-negara Eropa memang terkenal dengan pajak yang mahal.

Pemerintah Norwegia memberikan pajak besar bagi produk yang buruk untuk kesehatan dan lingkungan. Jadi, alkohol dan rokok bisa sangat mahal, begitu pula bahan bakar kendaraan. Alternatifnya, penduduk menggunakan mobil listrik.

Namun, untuk beberapa hal Norwegia cukup terjangkau. Misalnya, perawatan kesehatan dan juga aktivitas luar ruang yang bisa gratis. Kalau kamu bergabung dengan Norwegian Trekking Association, kamu bisa menginap di beberapa kabin dengan biaya relatif lebih murah.

Bahkan mahasiswa telah disediakan perumahan yang disubsidi pemerintah dengan mutu yang tinggi. Jadi, biaya hidup kamu pun tidak akan terlalu mahal. Namun, kembali lagi tergantung bagaimana kamu mengelola keuanganmu.

4. Gak Cuman Kuliah Doang!

Mayoritas penduduk Norwegia bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, dan mereka gemar melatih kemampuan bahasa asing mereka dengan berbincang bersama orang-orang dari negara lain.

Selain itu, orang Norwegia sangat menyukai alam bebas dan gemar bermain ski atau mendaki. Mereka juga menyukai film, konser dan gaya hidup urban.

Kota Oslo memiliki banyak konser musik rock per tahunnya jika dibandingkan dengan total jumlah konser di kota Stockhom dan Kopenhagen.

Kapan lagi kamu bisa kuliah sambil menikmati alam, menonton pertunjukan seni dan konser musik?

5. Penghasil Karya Sastra Berkualitas

Kata siapa Norwegia hanya sukses di sektor minyak dan gas bumi saja?

Negara Skandinavia ini ternyata telah melahirkan salah satu penulis berpengaruh di dunia, yaitu Jostein Gaarder. Buku karangannya yang paling terkenal adalah Sophie’s World yang juga telah diterjemahkan oleh penerbit buku di Indonesia dengan judul Dunia Sophie.

Jostein Gaarder sendiri merupakan alumnus University of Oslo dengan program studi bahasa Skandinavia dan Teologi. Lihat detail program studi University of Oslo di sini.


Untuk daftar lengkap universitas di Norwegia, klik di sini.


6. Universitas Unggulan

Empat universitas di Norwegia masuk daftar universitas unggulan dunia dalam QS World University Rankings 2018. Semua universitas yang masuk dalam daftar tersebut merupakan universitas negeri, yaitu University of Oslo (peringkat ke-142 di dunia), University of Bergen (164), Norwegian University of Science and Technology (259) dan University Tromsø The Artic University of Norway (367).

Sementara itu, beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk studi di Norwegia disediakan oleh Lembaga Penyediaan Dana Pendidikan (LPDP), bagi kamu yang hendak studi di University of Oslo, University of Bergen, atau Norwegian University of Science and Technology.

Lihat detail lainnya seputar program beasiswa Norwegia disini.

Nah, itu dia beberapa hal menarik mengenai serunya menyengam pendidikan Norwegia yang bisa bikin kamu betah.

Sudah siap berkuliah?


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Norwegia, klik di sini.