Media
Language

5 Alasan Untuk Kuliah di Swedia

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1503944168849-8bf86875bbd8.jpeg Photo by Agnieszka Boeske via Unsplash

Oleh Mia Angeline

Kamu mungkin sudah mantap untuk kuliah di Eropa, tetapi bingung ketika melihat daftar Universitas dan negara yang akan dituju.

Swedia, sebagai salah satu negara di sisi utara daratan Eropa, menjadi salah satu negara yang banyak dilirik belakangan ini.

Pada artikel ini, kami ingin membahas mengapa sebaiknya kamu memilih Swedia sebagai tempat untuk melanjutkan studimu.

Kami sudah merangkum5 alasan utama mengapa Swedia adalah negara yang harus dipertimbangkan untuk destinasi kuliahmu.


Untuk daftar lengkap Universitas di Swedia, klik di sini.


1. Swedia terkenal akan inovasi dan kreativitasnya

Mungkin kamu tidak sadar kalau banyak penemuan modern berasal dari Swedia. Beberapa penemuan dari Swedia yang terkenal adalah teknologi Bluetooth, mouse komputer, Skype, dan Spotify. Penemuan ini dihasilkan karena Swedia sangat menghargai kreativitas dan inovasi.

Selain itu, Swedia juga memiliki perusahaan - perusahaan kelas dunia, antara lain Ericsson, Volvo, Ikea, Electrolux, dan banyak lagi.

Bayangkan jika kamu kuliah di Swedia, maka kamu mungkin dapat menjadi bagian dari penemuan hebat yang berguna bagi dunia. Lingkungan belajar di Swedia mendorong imajinasi pelajar untuk menggali ide dan terus berkarya, ditambah lagi kamu akan dikelilingi oleh perusahaan dan orang-orang yang paling inovatif di dunia.

2. Orang Swedia menghargai perbedaan

Karena terkenal akan inovasinya, maka Swedia banyak menarik orang-orang dari penjuru dunia untuk belajar dan bekerja di sana.

Hal ini diperkuat dengan orang Swedia sendiri yang dapat berbicara dua Bahasa atau lebih. Hampir setiap orang Swedia dapat berbahasa Inggris, dan mereka menggunakan Bahasa Inggris dalam aktivitas harian mereka.

Selain itu, banyak juga universitas yang menawarkan program mereka dalam Bahasa Inggris. Dengan budaya terbuka dan menghargai perbedaan, maka kamu akan merasa seperti di rumah kedua ketika kuliah di sana.

3. Kesempatan untuk bekerja part-time

Di Swedia, mahasiswa dapat bekerja paruh waktu secara sah.

Pekerjaan part-time banyak tersedia, bahkan mereka memiliki konsultan khusus yang dapat membantu kamu untuk bekerja paruh waktu. Pemerintah Swedia juga tidak menetapkan batasan waktu bekerja bagi international students.

Walaupun tidak ada batasan waktu harus tetap ingat tugas kuliah ya!


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Swedia


4. Biaya hidup di Swedia tergolong rendah

Rata-rata biaya kuliah dan biaya hidup di Swedia tergolong lebih rendah dari negara – negara lainnya di Eropa.

Biaya untuk program Master sekitar 12,500 EUR per tahun, dan untuk Bachelor program lebih rendah dari angka tersebut. Namun perlu diingat kalau biaya ini bervariasi tergantung dari universitas yang kamu tuju.

Tuition fee ini juga bervariasi antar subjek yang dipilih, sebagai gambaran berikut kisaran tuition fee di Swedia:

• Ilmu Sosial sekitar 9,700 EUR per tahun

• Manajemen dan Business sekitar 13,000 EUR per tahun

• Teknik, Ilmu Komputer, dan Ilmu Alam sekitar 15,000 EUR per tahun

• Arsitektur dan Design sekitar 20,000 EUR per tahun.

Sedangkan, untuk biaya hidup mahasiswa sekitar 800 EUR per bulan, tergantung kota yang dipilih.

Jika kamu apply untuk beasiswa, bekerja paruh waktu di Swedia, dan mampu mengatur keuanganmu dengan baik, maka biaya ini dapat tertutupi seluruhnya.

5. Banyak beasiswa yang ditawarkan

Pemerintah Swedia memiliki dana khusus untuk beasiswa, dimana siswa dapat apply untuk beasiswa berdasarkan situasi finansial, kewarganegaraan, dan kelayakan seseorang.

Salah satu beasiswa yang bisa kamu coba apply ada beasiswa Swedish Insistute Study Scholarships (SISS).

Sebagai bagian dari Uni Eropa, maka jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi S2 atau S3 kamu juga dapat apply beasiswa Erasmus+.

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari universitas yang kamu tuju. Banyak universitas di Swedia yang menawarkan program beasiswa untuk international students, dan beasiswa ini dapat digunakan untuk menanggung biaya kuliah dan biaya hidup selama di Swedia.


Untuk informasi mengenai Beasiswa Kuliah ke Swedia lainnya, klik di sini.


Sebagai negara maju, Swedia terkenal aman dan bersih, serta memiliki standar kualitas hidup yang tinggi. Kuliah di Swedia pasti memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan, serta akan memberikan benefits bagi lulusannya. Kesempatanmu untuk bekerja di negara – negara lain di dunia menjadi terbuka lebar.

Yuk, mulai persiapanmu untuk kuliah di Swedia dari sekarang!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Swedia, klik di sini