Media
Language

10 Hari di Jerman? Ini 5 Kota yang Harus Kamu Kunjungi!

Last updated on 26 Sep 2018

Munich.jpg Munich, Germany (Image Source: maxpixel.freegreatpicture.com)

Oleh Nurchalimah


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang patut dijadikan destinasi favorit untuk berlibur. Khusus untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan di Eropa, mengeksplor Jerman saat liburan bukanlah hal yang buruk kan? Ada cukup banyak spot dan juga kota di Jerman yang bisa kamu jadikan pilihan berlibur. Jika kamu memiliki waktu senggang dan ingin menghabiskan waktu di Jerman, mungkin itinerary berikut ini bisa kamu pertimbangkan.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Munich

Salah satu pusat kota utama di Jerman ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan liburan. Mungkin satu hari tidak cukup untuk mengeksplor kota ini, karena itu kamu bisa menghabiskan dua atau tiga hari di Munich. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat berada di Munich adalah mengunjungi Marienplatz, menara Rathaus, Englischer Garten (English Garden), hingga museum-museum seni, sains dan teknologi yang berkelas dunia. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana kota di taman sambil menikmati lezatnya pretzel dan Hefewizen.

Neuschwanstein Neuschwanstein.jpg Photo by Achilles Demircan on Pexels

Setelah dari Munich, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Neuschwanstein atau lebih tepatnya kastil Schloss Neuschwanstein di Schwangau. Siluet yang luar biasa dari kastil inilah yang membuatnya begitu terkenal. Dalam tur sehari di kastil ini, kamu juga bisa tahu kenapa Raja Bavaria yang membangun kastil ini mendapatkan julukan berupa “Mad” King Ludwig. Sebagai informasi saja, untuk bisa mengikuti tur ini kamu harus melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui telfon atau online.

Kemudian kamu harus mengambil tiket tur yang kamu pesan di pusat tiket di Hohenschwangau, maksimal satu jam sebelum tur dimulai. FYI, untuk sampai ke Hohenschwangau kamu bisa naik kereta dari Hauptbahnhof (Munich) ke Fussen. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Hohenschwangau sekitar 15 menit. Dari Hohenschwangau, kamu bisa berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai di kastil. Total perjalanan pulang pergi yang harus kamu tempuh hanya sekita 4 jam 30 menit lho.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Freiburg Freiburg.jpg Image Source: pixabay.com

Luangkan waktu liburmu untuk mengunjungi salah satu kota bersejarah di Jerman yaitu Freiburg. Kota yang mengalami kerusakan parah saat Perang Dunia ke-2 ini telah dibangun kembali sesuai dengan karakter aslinya. Kamu bisa menemukan Katedral yang menjadi salah satu masterpiece dari arsitektur bergaya Gothic di Freiburg. Untuk mengeksplor kota Freiburg, kamu bisa menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki lho. Total perjalanan yang harus kamu tempuh dari Munich ke Freiburg sekitar 4 jam menggunakan kereta.

Hamburg Hamburg.jpg Image Source: maxpixel.freegreatpicture.com

Selain Munich dan Berlin, Hamburg menjadi salah satu kota yang wajib kamu kunjungi selama berada di Jerman. Kota ini memiliki pelabuhan terbesar di Jerman lho. Jika kebetulan kamu bisa mengunjungi Hamburg di hari minggu, maka kamu harus meluangkan waktu untuk pergi ke fish market terbuka yang ada di sana ya. Di pasar ikan ini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan segar yang dijual dan juga beberapa atraksi unik dari warga lokal yang menari dengan iriangan musik live.

Kemudian, kamu juga bisa naik kapal pesiar untuk menjelajahi kanal-kanal di Hamburg dengan pemandangan distrik bersejarah Speicherstadt. Distrik ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO lho. Selama mengeksplor wilayah pelabuhan di Hamburg, kamu bisa melihat garis pantai yang tidak berbatas dan langsung melebur ke Atlantis lho. Benar-benar pemandangan yang menakjubkan dan sayang untuk kamu lewatkan. FYI, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 jam 45 menit dari Freiburg ke Hamburg dengan menggunakan kereta.


Universitas Populer di Jerman: Jacobs University Bremen. Punya pertanyaan mengenai kuliah di universitas ini? Ingin bertanya langsung kepada perwakilannya? Ikuti Webinar Series - Study in Germany!


Berlin berlin.jpg Image Source: maxpixel.freegreatpicture.com

Mulai harimu di Berlin dengan mengunjungi Reichstag dan Brandenburg Gate. Kemudian kamu bisa melanjutkan mengunjungi Holocaust Memorial yaitu Denkmal fur die Ermordeten Juden Europas, Katedral Berliner Dom hingga Museum Sejarah Jerman. Lelah dengan berkeliling di pusat kota, kamu bisa mencoba menjelajahi sisi lain Jerman yaitu Kreuzberg menggunakan sepeda sewaan. Luangkan waktumu untuk mengunjungi berbagai toko pakaian vintage, butik indies hingga mencicipi kuliner lokal. Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Tempelhofer Park, Neukolin hingga East Side Gallery. FYI, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam 40 menit menggunakan kereta dari Hamburg ke Berlin ya.

Jika kamu masih memiliki waktu di Jerman, maka kamu bisa melakukan day trip ke Postdam dan mengikuti tur di Sanssouci Park. Sebagai informasi saja, Schloss Sanssouci merupakan sebuah istana yang dibangun mirip dengan Versailles. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan German Rail Pass untuk menghemat budget liburanmu ya..

Semoga liburanmu di Jerman menyenangkan!


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.