Study in The Netherlands

Study in The Netherlands

Last edited on 23 Aug 2019
Language





Selamat datang di Belanda!

Belanda mendapatkan namanya (Netherlands) berdasarkan fakta bahwa sekitar seperempat dari negara di Barat Daya Eropa ini berada di bawah permukaan laut. Melebihi tradisi yang sudah terkenal (kincir angin, bunga tulip dan klompen), negara ini adalah salah satu negara paling maju dan kaya di dunia, dan kebanyakan penduduk bertempat tinggal di perkotaan. Salah satu negara dengan penduduk terpadat di Eropa, dikenal dengan toleransi dan kebebasannya, dan berbicara tentang kota pelajarnya – sepeda adalah alat transportasi yang terbanyak digunakan – jauh dari bayangan pedesaan.

Belanda berlokasi di Barat Daya Eropa dan berbatasan dengan Laut Utara dari sebelah utara dan barat, Jerman di sisi timur dan Belgia di selatan. Beberapa wilayah berada di bawah permukaan laut, dilindungi oleh tumpukan pasir dan pembatas. Ibu kota negara adalah Amsterdam, tetapi Den Haag menjadi pusat pemerintahan terdapat Raja, Pemerintah dan Parlemen. Kota Leeuwarden di Utara akan menjadi Kota Pusat Budaya pada tahun 2018. Jumlah penduduk adalah 16.8 juta. Sektor ekonomi pentingnya adalah pertanian, kimia, energi, juga ilmu pengetahuan hayati, energi yang dapat diperbaharui, teknologi tinggi (teknologi mikro dan nano, ICT), dan riset dan pembangunan. Bahasa resminya adalah bahasa Belanda sedangkan bahasa Inggris juga digunakan secara luas. Belanda adalah anggota dari banyak organisasi Internasional seperti Uni Eropa, Dewan Eropa, IMF, WHO dan WTO.


Sistem pendidikan tinggi

Sistem pendidikan tinggi Belanda terkenal dengan kualitas pendidikan dan risetnya yang tinggi, lingkungan belajar internasional dan harga yang bersaing. Belanda menawarkan kelas berbahasa Inggris terbanyak setelah Inggris. Belanda terkenal khususnya dengan pelajar internasional dan berdasarkan data statistik UNESCO terakhir, negara ini menjadi tuan rumah bagi hampir 60.000 pelajar asing setiap tahun – termasuk 1.000 pelajar dari India di tingkat pendidikan tinggi. Berdasarkan Pendidikan Tinggi Umum (DUO), 112.000 pelajar asing belajar di pendidikan tinggi Belanda.

Sistem pendidikan tinggi Belanda adalah sistem rangkap yang terdiri atas dua jenis pendidikan tinggi regular: Pendidikan Universitas dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Terapan, keduanya memberikan gelar Bachelor’s (Sarjana)  dan Master’s (Pasca Sarjana). Program Sarjana di Universitas membutuhkan tiga tahun penuh (180 kredit ECTS) untuk selesai, sedangkan program Sarjana yang ditawarkan oleh Ilmu Pengetahuan Terapan membutuhkan waktu  empat tahun (240 kredit). Berdasarkan disiplin ilmu, program pasca sarjana di universitas, universitas ilmu pengetahuan terapan dan institut pendidikan internasional, berlangsung selama satu hingga dua tahun (60 – 120 kredit ECTS). Progran Doktoral (PhD) hanya ditawarkan di universitas dan membutuhkan waktu setidaknya empat tahun.

Belanda memiliki standar pendidikan yang  sangat tinggi dan ada 13 universitasnya yang termasuk dalam daftar 400 Besar Dunia berdasarkan Peringkat Universitas Dunia Pendidikan Tinggi Times 2015 – 2016, delapan diantaranya – Universitas dan Pusat Riset Wageningen (47), Universitas Amsterdam (58), Universitas Utrecht (62), Universitas Teknologi Delft (65), Universitas Leiden (67), Universitas Rotterdam Erasmus (71), Universitas Groningen (74) dan Universitas Maastricht (88).

Ada 2.100 program studi internasional yang mana informasinya terdapat di situs Kantor Pendukung Pendidikan di Belanda.

Universities in The Netherlands