Study in Denmark

Study in Denmark

Last edited on 15 Sep 2019
Language





Selamat datang di Denmark!

Negara Denmark terletak di Skandinavia di Utara Eropa. Merupakan negara dengan letak paling selatan dari negara – negara Nordik dan terdiri atas sebagian besar Semenanjung Jutland, berbatasan dengan Jerman di sisi selatan. Populasi penduduk berkisar 5.6 juta jiwa, dan ibu kotanya, Kopenhagen – sering mendapat julukan Paris dari Selatan – memiliki pusat bersejarah yang tua dan jalur pejalan kaki, jalur sepeda dan taman sangat banyak. Sedangkan Aarhus, kota terbesar kedua di Denmark, Menjadi Kota Budaya Eropa di tahun 2017. Bahasa resmi Denmark adalah bahasa Denmark, tetapi sebagian besar penduduknya juga memahami dan fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Denmark menawarkan banyak hal. Hidup dengan kualitas tinggi merupakan salah satu ciri masyarakat Denmark, yang mengkombinasikan keamanan sosial, lingkungan yang bersih dan iklim bisnis yang menjanjian dengan stadar pendidikan dan riset yang tinggi, juga prospek internasional. Kamu akan menikmati lingkungan yang bersahabat dalam setiap kelas di univeritas, pendekatan pendidikan secara internasional juga berbagai peningkatan mutu program studi.


Sistem Pendidikan Tinggi

Lembaga pendidikan tinggi di Denmark terdiri atas universitas – universitas yang menawarkan sarjana dan pasca sarjana (S1,S2,S3) program berbasis riset. Perguruan Tinggi menawarkan program sarjana (Sarjana Profesional dan Program Diploma) dan Akademi Pendidikan Tinggi Profesional (erhvervsakademier) menawarkan program akademi (2 – 2½ tahun) dan dilanjutkan ke tingkat sarjana (1½ tahun).

Universitas dan lembaga pendidikan tinggi di Denmark menawarkan berbagai jenis program untuk berbagai tingkatan dan setiap perkuliahan diajarkan dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat memudahkan pelajar internasional untuk menemukan bidang yang diminati. Setiap lembaga bertanggung jawab dalam pendaftaran dan kamu bisa mendapatkan informasi tentang persyaratan kuliah, ujian tambahan dan kemungkinan untuk mentransfer kredit dari kantor pendaftaran lembaga pendidikan yang kamu minati. Kualitas pendidikan tinggi di Denmark sangat terjamin.

Pendidikan tinggi di Denmark diatur dan didanai penuh oleh negara. Tidak ada lembaga pendidikan tinggi swasta. Semua pendidikan publik terus menerus mengalami akreditas dan evaluasi. Lembaga – lembaga tersebut memiliki hak otonomi dan tetap mematuhi  peraturan nasional tentang persyaratan pengajar, struktur gelar dan evaluasi eksternal atas program pelajarannya. Sistem ini merupakan cara untuk  mengatur standar nasional untuk pendidikan tinggi dan memastikan terjaminnya mutu pendidikan di semua lembaga perguruan tinggi. Semua perguruan tinggi menggunakan sistem transfer kredit Eropa, ECTS, untuk memfasilitasi transfer kredit internasional.

Pada saat ini Denmark menjadi tuan rumah bagi hampir 23.000 pelajar tingkat pendidikan tinggi –berdasarkan perkiraan UNESCO pada tahun 2012, hampir 200 diantaranya berasal dari India. Sistem pendidikan tinggi Denmark memiliki reputsai yang baik di dunia, dan tiga universitas Denmark tercantum dalam 200 besar dunia berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2015-2016 – Universitas Kopenhagen diperingkat 82, Universitas Aarhus peringkat 106, dan Universitas Teknik Denmark diperingkat 167.

Sedangkan, Universitas Aalborg dan Universitas Denmark Selatan berada di peringkat  400 besar dunia. Denmark memiliki satu sekolah bisnis, Sekolah Bisnis Kopenhagen, yang berada di peringkat 1 dunia berdasarkan Eduniversal’s 5 palmes league of business schools dan The World University Ranking 2015-2016 Top 250.