Language

Yuk Belajar Environmental Studies di Negara-Negara Skandinavia Ini

Last updated on 13 Nov 2019
Yuk Belajar Environmental Studies di Negara-Negara Skandinavia Ini

Environmental Studies.jpeg Photo by Monicore via Pexels

Oleh Nurchalimah


Sedang mencari beasiswa untuk kuliah di Eropa? Hadiri "1st ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day" pada tanggal 26 Mei 2018 di Jakarta! Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, klik di sini.


Negara Skandinavia yang terdiri dari Norwegia, Swedia dan Denmark menjadi negara yang cukup populer bagi para mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Perlu kamu tahu bahwa negara-negara Skandinavia termasuk negara yang paling hijau dan ramah lingkungan di dunia. Bahkan Swedia dan Denmark masuk dalam 5 negara teratas sebagai negara paling ramah lingkungan di dunia berdasarkan Environmental Performance Index (EPI) tahun 2016 yang dikeluarkan oleh Yale Center for Environmental Law & Policy.

Inilah kenapa tepat banget bagi kamu untuk belajar tentang lingkungan di negara-negara ini. Nah, berikut adalah beberapa universitas dengan program environmental studies terbaik di negara-negara Skandinavia:


Untuk daftar lengkap universitas di Swedia, klik di sini.


1. Uppsala University, Swedia

Dalam kategori program studi lingkungan, Uppsala University masuk dalam 100 besar terbaik di dunia. Cukup banyak program master di universitas ini yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris, jadi ini merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh mahasiswa internasional yang melanjutkan studi di Uppsala University.

Selain itu lulusan dari Uppsala University juga dikenal mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja berkualitas, tidak hanya di Swedia tapi juga dunia.

2. Aarhus University, Denmark

Aarhus University menduduki peringkat ke 119 dalam jajaran universitas terbaik dan masuk ke top 100 untuk program studi lingkungan. Universitas yang berdiri di tahun 1928 ini dikenal dengan hasil riset dan inovasi yang tinggi dengan standar global tentunya.

Selain itu Aarhus University juga menawarkan lebih dari 60 program dalam bahasa Inggris untuk tingkat Master dan Sarjana. Universitas ini merupakan titik awal yang bagus untuk karir internasionalmu. Sekitar 12% dari total mahasiswa di Aarhus University merupakan mahasiswa internasional, jadi universitas ini memiliki lingkungan yang kondusif bagi para mahasiswa asing.


Untuk daftar lengkap universitas di Denmark, klik di sini.


3. Lund University, Swedia

Lund University menduduki peringkat ke 78 dalam jajaran universitas terbaik di dunia menurut QS. Universitas ini menawarkan lebih dari dari 100 program Master, 6 program sarjana dalam bahasa inggris dan 700 course yang cocok untuk mahasiswa internasional, di mana salah satunya merupakan studi lingkungan. Di mana, khusus untuk studi lingkungan, Lund University menduduki peringkat ke-33 terbaik di dunia.

Universitas ini juga menyediakan bantuan keuangan berupa program beasiswa yaitu The Lund University Global Scholarship yang diperuntukkan mahasiswa asing dari luar negara EU/EEA dan The Swedish InstituteStudy Scholarship .

4. Technical University of Denmark, Denmark

TDU memang dikenal sebagai universitas teknik yang unggul tidak hanya di Eropa tapi juga dunia. Faktanya, universitas yang menduduki peringkat ke-116 sebagai universitas terbaik di dunia menurut QS ini juga memiliki program unggulan, di mana salah satunya adalah studi lingkungan. Program ini nyatanya menduduki peringkat ke-39 terbaik di dunia yang membuktikan kamu sudah mengambil keputusan yang tepat dengan memilih Technical University of Denmark.

Total TDU menawarkan 17 course untuk program sarjana dan 52 course untuk program Master, di mana seluruh program master disampaikan dalam bahasa Inggris.


Ingin kuliah ke negara Skandinavia dengan beasiswa LPDP? Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa LPDP.


5. Stockholm University, Swedia

Universitas ini menduduki peringkat ke-33 di seluruh dunia untuk program studi lingkungannya. Stockholm University menjadi salah satu universitas terbesar di Swedia dengan total mahasiswa hampir mencapai 30.000 orang. Ada 75 program Master dan 3 program sarjana yang ditawarkan dalam penyampaian menggunakan bahasa Inggris. Ini jelas membuat mahasiswa internasional lebih mudah dalam menyerap materi.

Peneliti dari Stockholm University juga menjadi kontributor utama dalam pengembangan penelitian sains dan sosial. Selain itu mereka juga berpartisipasi sebagai ahli di organisasi sains internasional.

Universitas mana yang menjadi pilihanmu?


Untuk informasi lebih lanjut mengenai kuliah di Swedia, klik di sini, dan mengenai kuliah di Denmark, klik di sini.