Study in Belgium

Study in Belgium

Last edited on 08 May 2021
Language





Halo! Selamat Datang di Belgia!

Menjadi pusat dari Parlemen Eropa, Komisi Eropa, Dewan Eropa, dan institusi Uni Eropa lainnya, juga organisasi internasional seperti NATO, Belgia mempunyai masyarakat yang ramah, kosmopolitan dan internasional di jantung Eropa. Belgia, salah satu negara anggota pendiri Uni Eropa, juga menjadi tuan rumah dari institusi pendidikan tinggi kelas dunia. Apapun yang akan anda pilih untuk belajar di Belgia, s1, s2, atau s3, atau mendaftar di program musim panas di luar negeri, sistem pendidikan di Belgia di desain untuk memberikan pelajar banyak pilihan jurusan dan kesempatan belajar. Walaupun kebanyakan bahasa pengantarnya adalah Prancis atau Belanda, anda juga dapat menemukan banyak jurusan yang menggunakan bahasa Inggris, Jerman, atau bahasa asing lainnya untuk pelajar internasional.

Negara ini membanggakan dirinya dengan kota-kota seni abad pertengahan seperti Antwerp, Bruges, Ghent, Liège, Mons danTournai. Dikarenakan lokasinya yang berada ditengah dan sistem transportasi yang baik, kota-kota besar di Eropa Barat seperti London, Paris, atau Amsterdam, dapat ditempuh dalam 1 atau 2 jam dengan kereta. Ibukota, Brussel, adalah salah satu kota multikultural terbaik di dunia, pusat untuk institusi-institusi Uni Eropa, dengan sejumlah kedutaan, organisasi internasional dan perusahaan multinasional, dan komunitas pendatang yang besar dan beragam

Singkatnya, berikut adalah alasan untuk belajar di Belgia: universitas tingkat dunia, kesempatan yang baik untuk membangun jaringan internasional, kota-kota yang terkenal dengan multikultural dan multi bahasa, tuan rumah masakan regional, pemandaan pedesaan yang indah, kualitas hidup yang baik secara umum, dan tentu saja, wafel Belgia yang fantastis.


Sistem Pendidikan Tinggi 

Institusi pendidikan Belgia, yang mana pada abad pertengahan, dikenal dunia dengan reputasi akademik mereka yang luar biasa. Mereka menawarkan pilihan jurusan yang beragam mulai dari bioteknologi sampai seni murni, dari ilmu penerbangan sampai kedokteran nuklir. Ada 3 tipe institusi pendidikan tinggi di Belgia: universities, university colleges, and postgraduate training institutions. Jumlah institusi pendidikan tinggi yang terus berkembang, menyediakan program dalam bahasa Inggris. Sistem pendidikan tinggi di Belgia adalah bagian dari European Higher Education Area dan mencakup 3 siklus: pertama, program sarjana, kedua, program magister, dan ketiga, program doktorat.

Seorang pelajar yang telah mendapatkan gelar sarjana dapat langsung melanjutkan ke siklus belajar yang kedua, seperti program magister, yang terdiri dari sedikitnya 60 kredit dan dalam banyak kasus 120 kredit ECTS. Program magister menggabungkan interaksi pengajaran dan penelitian yang bertujuan untuk memberikan pelajar pengetahuan yang maju dan juga keterampilan di bidang khusus. Program master diselesaikan dengan disertasi. Sebuah gelar magister lanjutan, melibatkan pencapaian kualifikasi profesional khusus. Program magister lanjutan sedikitnya setara dengan 60 kredit ECTS dan diselesaikan dengan disertasi magister, yang merupakan bagian penting dari penilaian mereka.

Selain dari itu, sebuah program pasca sarjana bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan, untuk memperluas atau menggabungkan keterampilan yang didapatkan di program sarjana atau magister. Sebuah sertifikat akan diberikan setelah program selesai dan setidaknya memenuhi 20 kredit ECTS. Yang terakhir, Doktor, sebuah kualifikasi tertinggi yang diberikan oleh universitas di Belgia. selain mempersiapkan tesis mereka, pelajar doktor akan mengambil program pelatihan doktor untuk mendapatkan keterampilan tambahan yang akan berguna di karir akademis atau di tempat lain. Belgia adalah tujuan populer untuk pelajar internasional. Standar pendidikan di Belgia tinggi, dan ada 7 universitas Belgia yang ditampilkan dalam Global Top 400 of the Times Higher Education World University Rankings 2015-2016, yang mana 4 diantaranya masuk dalam peringkat 200 dunia - yang tertinggi raih oleh KU Leuven, menduduki peringkat 35 dan Universitas Ghent menduduki peringkat 116.