Media
Language

Menjelajah Antwerp: Belgium’s Diamond District

Last updated on 23 Jan 2019

IMG_9422.PNG

Oleh Mia Angeline

Pernah menonton film Blood Diamond yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio?

Film ini bercerita mengenai seorang tentara Afrika Selatan bekerjasama dengan seorang nelayan untuk mencari batu permata langka di Sierra Leone – yang sedang dilanda perang saudara.

Setelah dirilis, film ini menjadi sorotan dunia internasional. Alasan pertama, karena istilah blood diamond ternyata bukan hanya judul film, tapi nyata!

Blood diamond adalah istilah di industri berlian dan batu permata untuk berlian yang berasal dari daerah konflik, dan diselundupkan atau dijual untuk membiayai pemberontakan atau perang di negara tersebut.

Jadi di balik berlian tersebut ada ratusan hingga ribuan orang yang kehilangan nyawanya karena perang. Coba bayangkan kalau kamu membeli berlian dengan asal-usul berdarah seperti ini.

Tekanan dunia internasional mengenai blood diamond terpusat pada Belgia.

Kenapa Belgia?

Seluruh jawabannya ada di Antwerp – salah satu kota pelabuhan di Belgia.


Untuk daftar lengkap beasiswa di Eropa, klik di sini.


Hoveniersstraat

Hoveniersstraat adalah nama salah satu distrik di kota Antwerp. Kalau dilihat sekilas, tidak ada yang berbeda dari distrik Hoveniersstraat. Gedung-gedung di distrik ini didirikan dari tahun 1960, mirip seperti distrik lainnya di kota Antwerp. Namun kalau diperhatikan lagi, kalian pasti akan menemukan banyak CCTV di area tersebut, bahkan dijaga oleh polisi dan tentara bersenjata.

Alasannya karena Hoveniersstraat adalah pusat industri berlian di dunia!

Sekitar 84% berlian kasar dan 50% dari berlian potong di dunia dijualbelikan di distrik ini. Dan reputasi sebagai pusat industri berlian telah berlangsung selama berabad-abad – tepatnya dari tahun 1447. Pada tahun tersebut, telah dikeluarkan peraturan bahwa seluruh pedagang dilarang memperjualbelikan batu permata palsu.

Saking besarnya industri berlian di Antwerp, pada tahun 1950an Antwerp memiliki sekitar 40 ribu pekerja pemoles berlian!

Namun sayang, karena kemajuan teknologi, saat ini Antwerp hanya memiliki sekitar 500 orang pemoles yang terdaftar.

Salah satu berlian terkenal yang diolah di Diamond District ini adalah Lesotho Promise.

Berlian sebesar 603 karat ini merupakan salah satu penemuan terbesar di abad 21. Berlian ini dijual di Antwerp dan telah dipotong menjadi 26 perhiasan yang sekarang telah tersebar ke seluruh dunia.

Kimberley Process Certification

Setelah film Blood Diamond rilis, industri berlian di Antwerp mendapatkan tekanan dari dunia internasional mengenai transaksi jual beli Blood Diamond.

Pada tahun 2000-an jumlah berlian selundupan yang beredar di dunia sekitar 15%!

Di akhir film Hollywood tersebut digambarkan mengenai konferensi terkait blood diamond di Kimberley, Afrika Selatan tahun 2000. Konferensi ini lalu berkembang menjadi Kimberley Process Certification, yaitu suatu proses pengecekan mengenai asal muasal berlian. Saat ini seluruh berlian yang dijualbelikan di Antwerp harus lolos sertifikasi dari Kimberley Process Certification, jika ditemukan berlian tersebut tidak jelas asal-usulnya maka tidak boleh dijualbelikan di Antwerp. Proses sertifikasi ini ternyata mampu menurunkan angka peredaran blood diamond menjadi 0.2% di dunia.


Untuk daftar universitas di Belgia, klik di sini.


DIVA Museum

Tahun 2018, Antwerp membuka museum berlian yang bernama DIVA. Di museum ini kalian dapat melihat sejarah dari Diamond District, bahkan mengetahui budaya masyarakat Antwerp yang gemar mengoleksi barang langka. Selain sejarah, seluruh proses berlian dapat kalian saksikan juga di sini.

Kalau sudah tahu proses apa saja yang dibutuhkan sampai jadi 1 buah cincin berlian, gak heran kalau harga perhiasan dan berlian bisa sangat mahal.

Di museum ini kalian juga bisa mendapatkan informasi bagaimana membedakan berlian asli dan palsu – jadi tidak akan tertipu kalau mau membeli berlian.

Penasaran berapa kisaran harga berlian di Antwerp? Harga minimum sekitar $48 untuk berlian yang sudah dipoles dan $36 untuk yang kasar. Ternyata tidak terlalu mahal ya, tapi kalian harus pintar menego dan mencari toko perhiasan yang tepat.

Bagaimana?

Menarik kan ternyata Diamond District di Antwerp.

Oya, tersedia juga tur diamond walk untuk kalian yang ingin menjelajah Hoveniersstraat dan DIVA museum. Seluruh pengalaman ini hanya bisa kalian dapatkan kalau kalian berkunjung atau kuliah di Belgia. Sama seperti berlian, pengalaman kalian selama di Belgia akan bertahan selamanya.

Yuk mulai berburu beasiswa ke Belgia!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belgia, klik di sini.