Language

Pentingnya Networking untuk Mendapatkan Pekerjaan

Last updated on 14 Oct 2019
Pentingnya Networking untuk Mendapatkan Pekerjaan

project_20190917_125354.jpg

Oleh Irene Atalia


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Setelah lulus kuliah, mungkin kamu berpikir, what’s next? Mungkin kamu sudah mendapatkan gelar yang kamu impikan hasil dari kerja kerasmu. Mungkin kamu lulus dari universitas luar negeri yang akan mempermudahkan mendapatkan pekerjaan dan membangun karir yang kamu impikan. Tapi, untuk mencari tahu apa kesempatan pekerjaan yang terbuka saat ini, kamu perlu memperluas pengetahuanmu dengan networking. Dengan ini, kamu bukan hanya mendapatkan informasi lowongan atau kesempatan di dalam berbagai industri, kamu juga menambah wawasan untuk mengembangkan karirmu untuk lebih baik lagi.

Apa saja sih yang kalian harus ketahui tentang networking? Kenapa itu wajib? Lalu caranya gimana? Baca seterusnya dalam artikel ini!

Kenapa Harus Networking?

Di kamus Merriam Webster, networking diartikan sebagai pertukaran informasi dan jasa antara individu, kelompok dan institusi; lebih khusus lagi; proses penciptaan hubungan produktif untuk keperluan kerja dan bisnis. Dari hal ini menyimpulkan bahwa networking berarti berkenalan dengan banyak orang dengan tujuan membuka pintu kesempatan untuk kamu, baik di pendidikan maupun di tahap karir.

Oleh sebab itu, kita bisa menyimpulkan kenapa networking sangat dibutuhkan. Karena di zaman yang terus berkembang pesat, muncul juga kesempatan yang bisa kamu ambil untuk mengembangkan karirmu. Networking juga membantu kamu bertemu orang-orang yang tepat yang bisa menghubungkan bahkan membukakan untuk kamu pintu ke jalan dan mimpi yang akan kamu raih.

Cara Networking

Screen Shot 2019-09-17 at 12.37.19 PM.png (Photo by Slim Aarons/Hulton Archive/Getty Images)

Sebelum era digital seperti sekarang, networking harus dilakukan secara langsung atau bertatap muka. Selepas acara seminar atau konferensi, pesertanya dibiarkan bertemu dan berkenalan tentang karir yang sekarang sedang mereka kerjakan atau yang sedang mereka cari. Kemudian, hubungan ini harus dipertahankan dengan saling bertegur sapa beberapa bulan sekali, yang bertujuan untuk update berita tentang apa yang sedang dikerjakan sekarang.

Berkat kecanggihan teknologi masa kini, networking dilakukan lewat internet, media sosial, dan email akan mempermudah mencari dan berkenalan dengan orang-orang sesuai dengan karir yang ingin kamu capai dan mempertahankan hubungan tersebut. Contohnya dengan website seperti LinkedIn, yang memang bertujuan untuk memperluas koneksi kamu di bidang pendidikan dan pekerjaan. Lewat website ini, kamu bisa berbagi soal hal-hal yang sedang kamu kerjakan atau pendapat kamu mengenai isu yang sedang beredar. Lowongan pekerjaan pun sekarang banyak ditawarkan lewat LinkedIn, sehingga dengan ‘eksis’ di website ini bisa memperbesar kemungkinan kamu mendapatkan pekerjaan yang baik.

Setelah itu, kamu juga harus mengerti adanya hubungan timbal balik. Kalau kamu menginginkan sesuatu, kamu harus memberikan sesuatu juga, kan? Misalnya kalau kamu berkenalan dengan orang yang sedang mencari pegawai atau pekerja di bidang sesuatu, kamu bisa mencoba membantu dengan menawarkan pekerjaan tersebut ke orang-orang yang kamu kenal dan ketahui memiliki keperluan yang cukup untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

Maka networking juga sangat penting untuk mengetahui orang-orang yang sepekerjaan dengan kamu, karena bisa saja kamu memperkenalkan dia kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini diharapkan bisa membantu kamu juga karena memberikan kesan yang baik pada pihak-pihak tersebut: baik yang menawarkan mau pun mencari pekerjaan.

Kapan Networking Harus Dilakukan?

Sebenarnya, Networking bisa dilakukan dimana dan kapan saja selama karirmu. Walaupun kamu tidak sedang mencari pekerjaan, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengenal satu sama lain. Kamu harus ingat bahwa kamu tidak pernah tahu siapa yang kamu berkesempatan untuk berkenalan. Kesempatan bisa datang dari mana saja, dan harus kamu yang pintar-pintar mencari dan menggunakannya! Justru sangat penting bagi kamu untuk menunjukkan apa yang bisa kamu lakukan, supaya orang-orang yang menawarkan pekerjaan tersebut bisa melihat kemahiran kamu di bidang yang kamu kerjakan.

Dari sinilah kesempatan karir bisa datang terus, dan siapa tahu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang terus meningkat dari sekarang. Tapi jangan lupa bahwa kamu juga tidak boleh cepat menyerah, ya! Tidak semua hambatan di tengah pekerjaan berarti kamu harus mencari pekerjaan yang lain.

Tapi kalau kamu memang sedang mencari dan kesempatan yang benar datang, ambil saja tanpa ragu!


Irene Atalia sedang mengejar gelar Humaniora di Universitas Indonesia, tepatnya di program studi Prancis. Ia tumbuh di Indonesia dengan rasa cinta pada negara-negara Eropa dan budayanya. Selagi belajar dan menambah pengetahuan tentang negara yang ia kagumi, ia juga berharap bisa membagikan pengetahuannya dengan orang-orang yang memiliki mimpi yang sama.