Media
Language

Mau Studi ke Irlandia? Gali Informasinya Lewat Sini!

Last updated on 23 Oct 2018

2018-08-05 12.00.09.jpg Photo by Tavis Beck via Unsplash

Oleh Kristantinova

Sedang mencari destinasi negara di Eropa yang cocok untuk studimu?

Irlandia bisa jadi negara yang tepat.

Buat kamu yang ingin belajar di Eropa dengan bahasa pengantar bahasa Inggris dan biaya yang relatif terjangkau, Irlandia bisa menjawab keinginanmu.

Di Irlandia, bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang digunakan tidak hanya di lingkungan akademik tetapi juga di masyarakat. Hal ini tentu memudahkanmu untuk belajar dan berinteraksi dengan masyarakat lokal selama berkuliah disana. Selain itu, kualitas pendidikan di Irlandia juga tidak kalah bagusnya dengan negara-negara berbahasa pengantar Inggris lainnya loh.

Selain itu, memilih studi di Irlandia berarti kamu memilih untuk tinggal di salah satu negara paling ramah dan aman di dunia. Hal ini diakui oleh Lonely Planet pada tahun 2010 dan Global Peace Index pada tahun 2013.

Jika kamu tertarik untuk berkuliah di Irlandia, kamu bisa menggali informasi lebih dalam melalui Education in Ireland.

Apa itu Education in Ireland dan hal-hal apa saja yang bisa mereka bantu untukmu? Yuk, simak infonya berikut ini.

Apa itu Education in Ireland?

Education in Ireland merupakan bagian dari Enterprise Ireland dan berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan. Enterprise Ireland bertanggung jawab untuk menjadi alat promosi pendidikan tinggi Irlandia secara internasional.

Di Education in Ireland, kamu bisa menemukan berbagai informasi seputar studi di Irlandia, mulai dari program studi apa saja yang bisa kamu ambil, bagaimana kehidupan sebagai seorang pelajar internasional di Irlandia, dan cara untuk mendaftar di universitas di Irlandia.

Kamu bisa cek website mereka di www.educationinireland.com, follow Twitter mereka, dan kamu bisa juga mendapatkan informasinya dalam bentuk video yang menarik dengan subscribe channel Youtube mereka.

Informasi Studi yang Bisa Didapatkan

Melalui Education in Ireland, kamu akan memperoleh informasi lengkap seputar studimu mulai dari:

1. Pilihan jurusan yang tersedia

Kamu bisa bertanya cara pendaftaran dan kualifikasi apa yang harus kamu penuhi untuk masuk ke universitas dan jurusan yang kamu inginkan. Apakah memerlukan latar belakang pengalaman dalam bidang tertentu baik pengalaman bekerja maupun sebagai sukarelawan. Level bahasa Inggris seperti apa yang diperlukan untuk masuk jurusan yang kamu inginkan.


Universitas Populer di Irlandia: Limerick Institute of Technology


2. Biaya perkuliahan dan biaya hidup selama di Irlandia

Disini kamu bisa bertanya berapa biaya yang perlu kamu persiapkan untuk kuliah dan hidup selama di studi di Irlandia. Kamu bisa menanyakan secara detail berapa biaya hidup yang diperlukan untuk tinggal di kota Dublin. Karena tentu biaya hidup di Dublin dan di kota-kota lain seperti Cork atau Galway akan berbeda. Tetapi jika dirata-rata, murid akan menghabiskan kurang lebih 6.000-11.000 Euro per tahunnya tergantung lokasimu berada.

3. Beasiswa dan pendanaan yang tersedia untuk studi di Irlandia

Kamu bisa bertanya beasiswa apa saja yang sedang tersedia saat ini baik yang diberikan oleh pemerintah Irlandia, oleh universitas-universitas disana, ataupun oleh perusahaan-perusahaan tertentu.

4. Persyaratan bahasa Inggris yang harus dipenuhi

Seperti yang tadi telah dibahas, kamu bisa menanyakan berapa level bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk studimu di Irlandia. Tes dan sertifikat bahasa Inggris yang diakui oleh institusi pendidikan di Irlandia antara lain adalah IELTS, TOEFL, CELA, PTE, dan ETAPP.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Irlandia


5. Metode pembelajaran disana

Sebelum terjun langsung untuk merasakan pengalaman belajar di Irlandia, kamu bisa bertanya dulu seperti apa sih gaya belajar dan metode mengajar di Irlandia? Karena tentu akan berbeda dengan sistem belajar di Indonesia.

6. Cara mengurus visa

Nah, ini salah satu tiket penting yang harus kamu gali informasinya sedetail mungkin. Kamu bisa tanyakan secara spesifik ke Kedutaan mengenai prosedur pendaftaran visa untuk pelajar internasional dan hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan.

7. Pekerjaan sampingan yang bisa diambil selama studi disana

Sebagai murid internasional tentu sumber uangmu akan terbatas dan kamu ingin mencari uang tambahan untuk mencukupi kebutuhanmu selama disana. Nah, kamu bisa tanyakan mengenai kerja sampingan yang bisa kamu lakukan selama studi disana. Kamu bisa tanyakan ketentuan apa saja yang perlu kamu penuhi untuk bisa bekerja sambil belajar selama disana.

Secara garis besar, untuk pelajar dari negara luar EU seperti Indonesia, kamu bisa bekerja paruh waktu hingga 20 jam per minggu. Jika sedang dalam masa liburan, kamu bisa ambil kerja full time hingga 40 jam per minggunya.

Nah, itu tadi sekilas mengenai Education in Ireland. Apa sekarang kamu sudah mendapatkan pencerahan?

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Irlandia, klik di sini