Media
Language

Masih Ragu Kuliah di Eropa?

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1526634389892-3c017c68fb7a.jpeg Photo by rawpixel via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Pada tahun 2017 lalu dalam acara European Higher Education Fair (EHEF) yang bertempat di Balai Kartini, Vincent Guerend, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia mengatakan bahwa jumlah pelajar di Indonesia yang menempuh pendidikan di Eropa relatif kecil.

Padahal dalam ranking dunia ada sebanyak 369 universitas di Eropa yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik.

Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dibanding benua lainnya, dengan persentase sebanyak 38%.

Ini menegaskan meski Eropa menjadi benua terkecil nomor dua, tapi Benua Eropa padat dengan banyaknya institusi terbaik di dunia.

Lalu kenapa masih tidak banyak pelajar Indonesia memilih untuk menempuh pendidikan di Eropa?

Alasan biaya mungkin menjadi yang dominan. Kemudian ketidaktahuan kita tentang pentingnya menempuh pendidikan di luar negeri, salah satunya di negara-negara benua biru. Sampai alasan perbedaan iklim yang ditakutkan bagi kita yang terbiasa di wilayah tropis.

Tapi, apapun alasannya pendidikan adalah hal penting yang harus kita pertimbangkan matang-matang.

Kali ini kami akan berbagi stimulus semangat agar kamu semakin bergairah dan siap belajar di Eropa.


Untuk info lengkap mengenai beasiswa LPDP untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


#1 Demi Masa Depan Kenapa Tidak?

Pertanyaan yang menantang ini harus kamu jawab dengan usaha yang tidak main-main. Menempuh pendidikan di luar negeri menjanjikan banyak pengalaman. Dalam pengalaman-pengalaman luar biasa yang akan kamu alami tentu saja juga akan banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Maka dari itu, kamu haru selalu ingat bahwa ini demi Masa Depan (M dan D pakai huruf capital lho ya!).

Jika kamu berhasil menyelesaikan tantangan-tantangan ini, kamu jugalah yang akan menuai hasilnya. Peluang pekerjaan akan terbuka lebar untukmu. Tidak sedikit perusahaan dunia yang mempertimbangkan pengalaman belajar internasional saat merekrut mitra kerjanya.

Kalau kamu tertarik kembali ke Indonesia, gak cuma perusahaan yang mencarimu. Lembaga negara juga pasti akan memberi perhatian lebih sama kamu yang sudah pernah menempuh pendidikan di Eropa.

Coba kamu check ada berapa tokoh negarawan yang pengalaman studinya di Eropa? Pasti banyak!


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


#2 Belajar bersama Orang yang Ramah

Bagi pelajar seluruh dunia, Eropa adalah tempat yang ramah dan akan menyambut hangat setiap orang yang hendak belajar di negara mereka.

Menurut berbagai sumber juga menjelaskan, kalau negara-negara di Eropa adalah kediaman keluarga-keluarga yang bahagia dengan tingkat keramahan yang tinggi.

Kamu tidak perlu lagi khawatir bertemu dengan orang-orang baru. Dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi menyebabkan masyarakat di sana lebih ramah. Kualitas pendidikan mereka juga yang terbaik, jadi kamu bisa tenang berkumpul dengan orang-orang yang bikin nyaman. Kamu juga menjadi bisa lebih nyaman kan belajarnya.

#3 Petualangan Luar Biasa Selama Hidup

Di Negara-negara sisi utara bersalju. Menuju ke selatan, negara-negaranya lebih hangat dengan sinar matahari.Di seluruh Eropa kamu akan menemukan pemandangan yang indah, kota yang ramai, dan budaya yang dinamis.

Belajar di sana bukan hanya duduk di ruang kelas dan berkunjung ke perpustakaan. Kesempatan yang belum tentu datang berkali-kali seumur hidup, mengejar ilmu di negara baru, menemukan pengalaman baru, dan tentu saja jati diri baru.

#4 Bahasa Adalah Kunci

Bagaimana kita bisa mudah berkomunikasi di negara orang?

Tentu saja dengan bahasa mereka!

Menguasai bahasa Inggris akan lebih mudah bagimu memilih negara dan perguruan tinggi yang kamu inginkan di Eropa. Seperti berbagai negara di dunia, banyak negara di sana yang menggunakan bahasa Inggris.

Kamu juga akan menemukan program yang diajarkan dalam bahasa bisnis global terkemuka lainnya seperti Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Arab, dan lainnya. Bayangkan jika kamu bisa menguasai berbagai bahasa.

Oh iya menguasai banyak bahasa juga ciri orang cerdas lho. Dan mempelajari bahasa baru akan meningkatkan tingkat kecerdasan manusia.

#5 Kuliah di Eropa Mahal?

Kamu tidak perlu khawatir. Banyak jalan menuju Roma. Ada keinginan di situ ada jalan keluar.

Terdapat berbagai program beasiswa yang menawarkan beasiswa, baik dari pemerintah, maupun swasta. Akses meraih beasiswa tersebut saat ini sangat mudah didapat, tinggal seberapa kuat kamu ingin meraihnya.

Selain itu, negara-negara Eropa juga berinvestasi dalam sistem pendidikan tinggi untuk membantu memberikan pendidikan terjangkau bagi siapapun yang hendak belajar. Itulah mengapa negara-negara Eropa pun kerap membuka program beasiswa bagi mahasiswa internasional yang tentunya, bisa kamu ikuti.

Oleh karena itu, biaya tidak seharusnya menjadi alasan untuk tak mencoba berkuliah di sana. Karena dari beragam beasiswa tersebut, misal LPDP, Erasmus+, atau program beasiswa lain dari negara-negara di Eropa, kamu bisa terbebas dari tanggung jawab membayar tuition fee.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Eropa, klik di sini