Media
Language

Kuliah Imagineering di Belanda, Satu-Satunya Program Master di Eropa

Last updated on 27 Jun 2019

IMG_6800 copy.PNG

Oleh Erzawansyah

Apa yang terlintas di benakmu, ketika mendengar imagineering?

Sebagian besar dari kamu pasti asing atau bahkan tidak pernah mendengar istilah tersebut.

Tentu saja. Istilah Imagineering memang sangat jarang digunakan. Bahkan, di dunia pendidikan tinggi sekalipun.

Apabila kamu mencari di mesin pencari Google menggunakan kata kunci “imagineering”, maka tampilan halaman pertama pada mesin pencari akan memberikanmu berbagai situs yang merujuk pada The Walt Disney Company, sebuah perusahaan skala internasional yang bergerak di bidang hiburan dan media.

Tidak ada yang salah. Karena istilah imagineering sendiri memang dipopulerkan oleh perusahaan tersebut. Bahkan, perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1923 itu memiliki divisi khusus yang secara eksplisit menyertakan istilah imagineering, yaitu Walt Disney Imagineering.

Namun, apa arti istilah imagineering sebenarnya?

Imagineering berasal dari dua kata, imagination dan engineering. Apabila dibahasaindonesiakan, maka imagineering bisa diartikan sebagai teknik imajinasi. Akan tetapi,makna imagineering sebenarnya jauh lebih luas daripada sekadar cara kerja dan cara menciptakan imajinasi.

Dalam praktiknya, imagineering dapat dimaknai sebagai pendekatan yang dilakukan untuk membuat desain konseptual dengan tujuan pengembangan organisasi atau bisnis, berdasarkan proses kreatif dan inovatif, serta melibatkan proses imajinatif. Imagineering sendiri dinilai sangat penting bagi perkembangan dunia organisasi dan bisnis di masa depan. Sekaligus, menjadi jawaban atas tantangan era digital dalam pengembangan organisasi dan bisnis.

Persoalannya, apabila ingin mendalami keilmuan di bidang imagineering, bisa dipastikan kamu akan kesulitan mencari perguruan tinggi mana yang memiliki program imagineering.

Sebab, dari sekian banyak perguruan tinggi di Eropa, hanya ada satu yang memiliki program tersebut.

Perguruan tinggi itu adalah Breda University of Applied Science (Breda UAS).

Breda merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Eropa yang membuka program imagineering. Langkah ini membuka kesempatan bagi pelajar di Belanda, maupun pelajar internasional, untuk mendalami imagineering sebagai bidang keilmuan yang berdiri sendiri.

Meski menjadi satu-satunya, kualitas program imagineering di Breda UAS tak bisa dipandang sebelah mata. Pada 2016 lalu saja, Keuzegids Masters 2016 mengumumkan bahwa program ini top rated programme merupakan program administrasi bisnis terbaik di Belanda.

Kualitas program ini tidak hanya terletak pada keunikannya saja, namun juga dinilai dari aspek konten, komunikasi, tenaga pengajar, ilmuwan, sistem pendidikan dan fasilitas yang ada di sana.


Temukan daftar universitas di Belanda, di sini.


Breda UAS sendiri memiliki dua program yang berfokus pada imagineering. Kedua program tersebut adalah Master Imagineering dan Executive Master Imagineering.

Keduanya sama-sama menekankan proses belajar imagineering, sebagai proses pengembangan organisasi dan bisnis.

Perbedaannya, terletak pada peserta dan gelar. Berikut penjelasannya:

Master Imagineering

Program Master Imagineering ditujukan bagi para pelajar yang memiliki minat untuk mendesain pengembangan organisasi atau bisnis menggunakan proses imajinatif. Kamu akan diajak untuk mengembangkan sikap proaktif dan analitis, sekaligus belajar tentang bagaimana cara membuat inovasi dan mengarahkan proses kreatif demi tujuan tertentu.

Pada program Master Imagineering, kamu akan diberikan wawasan teoritis mengenai upaya membuat desain organisasi atau bisnis. Kamu juga akan diajarkan tentang bagaimana cara menerapkan desain imajinatif tersebut ke dalam perusahaan, tanpa mengabaikan sistem dan aspek-aspek yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Masa studi program ini adalah 17 bulan. Paska lulus kamu akan mendapat gelar Master of Business Administration (MBA).

Pada dasarnya, aplikasi program Master Imagineering dalam dunia kerja dapat masuk ke berbagai sektor organisasi dan bisnis. Sebab, tujuan pembelajaran dalam program ini berfokus pada kolaborasi kreatif dari berbagai aspek demi tujuan tertentu. Sehingga, dapat dikatakan bahwa lulusan program ini punya peran penting di organisasi dan bisnis yang bergerak di sektor apapun.

Executive Master Imagineering

Perbedaan mendasar antara program Executive Master Imagineering dengan program Master Imagineering terletak pada target pesertanya. Program Master Imagineering terbuka bagi umum, baik fresh graduate, maupun tidak.

Adapun program Executive Master Imagineering dibuka khusus untuk para profesional yang berada di bidang/posisi strategis di perusahaannya, seperti manajer pemasaran, komunikasi, sumber daya manusia, direktur umum, bahkan bagi seorang entrepreneur. Untuk itu, sebagai syarat untuk mendaftar ke program Executive Master Imagineering, pendaftar wajib memiliki pengalaman kerja.

Perbedaan lain terletak pada gelar yang akan di dapat. Setelah menyelesaikan masa studi selama 17 bulan, kamu akan mendapatkan gelar Master of Arts (MA). Sementara itu, untuk fokus pendidikan tidak jauh berbeda. Hanya saja pendekatan yang digunakan akan lebih terarah pada kondisi yang lebih nyata, misalnya pelibatan stakeholders sebagai co-designer dalam mengembangkan organisasi atau bisnis.


Untuk info lengkap mengenai Kuliah di Breda UAS, klik di sini.


Begitulah perkenalan singkat dengan imagineering, program menarik yang cuma ada di Breda UAS, Belanda.

Apabila kamu tertarik untuk mendaftar di program tersebut dan masih menyimpan segudang pertanyaan, itu berarti kamu harus meluangkan waktumu di awal November nanti.

Perwakilan resmi dari Breda UAS akan hadir di Dutch Placement Day (DPD) 2018, pameran pendidikan tinggi Belanda yang akan diselenggarakan di dua kota besar, yakni Jakarta dan Surabaya.

Breda UAS, bersama dengan lebih dari 26 perwakilan resmi perguruan tinggi lain di Belanda, siap untuk membantu dan memberi kamu berbagai informasi terkait dengan melanjutkan studi ke Belanda.

Jangan lewatkan pula one-on-one session, sesi konsultasi tatap muka dengan pihak terkait, serta IELTS preparation test, presentasi dari pihak perguruan tinggi, serta sharing dari alumni. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut bisa kamu ikuti di:

SURABAYA

Waktu : Selasa, 6 November 2018 (13.00 WIB s/d 18.00 WIB)

Lokasi : Four Points Hotel - Tunjungan Plaza

JAKARTA

Waktu : Jumat, 9 November 2018 (13.00 WIB s/d 18.00 WIB)

Lokasi : Perpustakaan Nasional RI - Jl. Medan Merdeka Selatan No 11

Nah, tertarik? Kalau iya, segera daftarkan dirimu disini secara GRATIS.

Untuk info lengkap mengenai kuliah di Belanda, klik di sini.