Language

Jangan Berhenti, Perjalanan Meraih Cita-Cita ke Eropa Belum Berakhir

Last updated on 10 Dec 2019
Jangan Berhenti, Perjalanan Meraih Cita-Cita ke Eropa Belum Berakhir

IMG_8650.JPG

Oleh Erzawansyah

Bagaimana pengalamanmu di European Higher Education Fair (EHEF) Indonesia 2018 kemarin?

Tentu kamu sudah mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat mengenai kuliah di Eropa, bukan?

Kalau begitu, saat ini tinggal bagaimana kamu menindaklanjuti apa yang kamu dapat setelah datang ke EHEF Indonesia 2018, karena perjalananmu untuk menggapai cita-cita kuliah di Eropa belum berakhir.

Apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai tindak lanjut atas kehadiranmu di EHEF Indonesia 2018.

Kumpulkan dan periksa kembali informasi yang kamu dapat.

Kamu perlu memerhatikan informasi-informasi penting berupa tenggat waktu pengajuan application letter, berkas-berkas penting, kemampuan berbahasa yang dibutuhkan, dan syarat-syarat lain yang diberikan oleh pihak universitas. Kumpulkan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan, sebelum membuat keputusan.

Informasi lain, baik dari pihak kedutaan, maupun pihak perguruan tinggi, seperti sistem pendidikan, program studi unggulan, durasi studi, kurikulum, mata kuliah yang bersangkutan, ketersediaan beasiswa, juga perlu kamu kumpulkan.

Manfaatkan brosur yang kamu dapat semaksimal mungkin.

Jangan buang brosur yang kamu terima. Karena banyak informasi penting yang dapat kamu manfaatkan. Paling tidak, kamu bisa memastikan bahwa informasi yang kamu ketahui itu benar-benar valid.

Selain itu, brosur yang kamu dapat di booth perguruan tinggi atau kedutaan juga bisa kamu jadikan pintu untuk membuka komunikasi dengan pihak mereka.

Di brosur tersebut tentunya ada kontak yang bisa kamu hubungi. Andai kata kamu merasa masih memerlukan informasi tambahan, jangan segan-segan untuk bertanya kepada pihak universitas, maupun pihak kedutaan. Dengan catatan, jangan mengulang informasi yang sebenarnya sudah ada di brosur, ataupun telah disampaikan sebelumnya saat acara berlangsung.


Untuk daftar beasiswa kuliah di Eropa, klik di sini!


Tentukan atau atur ulang prioritasmu.

Kamu juga tetap perlu membuat skala prioritas, walaupun sebelumnya kamu mungkin sudah melakukannya. Sebab, informasi yang kamu dapat setelah datang ke EHEF Indonesia 2018 jauh lebih lengkap daripada sebelumnya.

Dengan menentukan atau mengatur ulang kembali skala prioritas tersebut, keputusan yang akan kamu ambil akan jauh lebih matang. Karena keputusan yang dibuat dengan banyak informasi, tentu akan jauh lebih berkualitas daripada keputusan yang dibuat dengan sedikit informasi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat skala prioritas adalah melakukan komparasi antara informasi yang kamu dapat dengan preferensi pribadi.

Misalnya, kamu sudah melakukan persiapan dan telah memenuhi seluruh persyaratan, maka kamu bisa apply ke perguruan tinggi yang tenggat waktunya paling dekat. Atau, bila kamu masih merasa perlu untuk mempersiapkan satu atau dua hal, maka memilih perguruan tinggi yang tenggat waktu aplikasinya masih jauh akan lebih baik.

Contoh lain, semisal kamu tertarik pada dua atau lebih universitas. Di sisi lain, kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan pertanian. Kamu bisa memprioritaskan negara atau perguruan tinggi dengan jurusan pertanian yang lebih baik.

Adapun komparasi lain yang bisa kamu perhatikan, antara lain kemampuan ekonomi dan ketersediaan beasiswa, pengalaman kerja atau prestasi dengan bidang unggulan perguruan tinggi bersangkutan, atau bahkan karir dan kesempatan kerja di negara bersangkutan.


Untuk daftar universitas di Eropa, klik di sini.


Butuh informasi tambahan? Kunjungi ehef.id

Ada banyak fitur yang bisa kamu eksplorasi di ehef.id selain artikel berisi informasi terbaru, khususnya bagi kamu yang sudah menjadi member.

Salah satunya adalah personality test. Tes ini bisa membantu kamu untuk memilih bidang keilmuan paling cocok dengan kepribadianmu. Dengan begitu, pilihanmu kelak bisa lebih mengembangkan potensi yang ada di dalam dirimu.

Dengan menjadi member di ehef.id, kamu juga bisa menggunakan fitur compare universities dan compare programmes. Fitur tersebut memberikan kamu perbandingan langsung di panel profil tentang beberapa perguruan tinggi dan program studi yang mungkin kamu minati.

Tentu masih banyak lagi fitur yang bisa kamu manfaatkan sebagai suplemen bagi kamu untuk mendukung jalanmu meraih cita-cita kuliah di Eropa.


Daftar ke ehef.id di sini!


Rajin-rajin cek email dari pihak universitas

Ini berlaku bagi kamu yang sempat meninggalkan alamat email ke pihak universitas atau kedutaan. Ada kemungkinan pihak universitas ataupun kedutaan akan mengirim email ke alamat tersebut. Baik dalam rangka melakukan follow up atas aplikasimu, hingga memberikan informasi-informasi terbaru mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesempatanmu melanjutkan studi ke negara mereka, termasuk beasiswa.

Nah, sudah membuat keputusan? Maka segera lakukan persiapan!

Jangan ditunda, apalagi kalau tenggat waktu dari perguruan tinggi yang kamu tuju sudah dekat. Bila memang semua persyaratan sudah terpenuhi, kamu bisa segera persiapkan dokumen pentingnya dan segera ajukan aplikasi. Tapi, jangan lupa juga melakukan kurasi berulang-ulang, oleh diri sendiri, maupun orang lain. Semakin sering kamu mengevaluasi aplikasimu, hasilnya juga akan semakin baik.

Sedangkan bagi kamu yang sudah membuat keputusan, tapi masih terhambat oleh beberapa syarat dari pihak perguruan tinggi atau penyedia beasiswa, maka terus lakukan perbaikan. Bisa berupa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, mengikuti berbagai kursus dan pelatihan, menambah pengalaman kerja atau internship, atau memperbanyak portfolio.

Upaya-upaya tersebut pasti membuat kesempatanmu kuliah di Eropa semakin besar.


Untuk informasi lengkap kuliah di Eropa klik di sini.