Media
Language

Erasmus+ App: Belajar di Eropa Melalui Sentuhan Jari

Last updated on 23 Sep 2018

photo-1525250838798-d9451a662acc.jpeg Photo by rawpixel via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Bagi kamu yang berkeinginan merasakan pengalaman belajar di Eropa, namun bingung harus mulai dari mana, memasang Erasmus+ App di ponsel pintarmu adalah salah satu cara yang patut kamu coba.

Aplikasi yang dirilis pertengahan tahun 2017 lalu ini memiliki segudang fitur yang sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar di Eropa melalui program beasiswa Erasmus+.

Dengan menggunakan Erasmus+ App, kamu akan lebih dekat dengan impianmu untuk memiliki pengalaman di benua biru tersebut.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


Apa itu Erasmus+ App?

Erasmus+ App merupakan sebuah aplikasi untuk platform Android dan iOS yang dikembangkan oleh Europan University Foundation dengan tujuan memandu pelajar/pemuda/komunitas lintas negara seputar mekanisme, syarat dan ketentuan, informasi, serta tips & tricks menjadi kandidat program Erasmus+.

Erasmus (European Region Action Scheme for the Mobility of University Students) sendiri merupakan sebuah program pendanaan di Uni Eropa untuk mempermudah pertukaran pelajar di kawasan Eropa. Pada tahun 2015, Erasmus berevolusi menjadi Erasmus+ dengan membuka peluang bagi individu atau kelompok dari berbagai latar belakang bidang untuk bergabung.

Apa saja yang dapat dilakukan Erasmus+ App?

Erasmus+ App meberikan panduan step by step tentang bagaimana cara kamu mendaftarkan diri, mempersiapkan perjalanan, menjalani program hingga hal-hal yang harus kamu lakukan seusai menjalani salah satu program Erasmus+. Panduan tersebut juga menyertakan fitur deadline dan progress report.

Fitur deadline adalah sebuah fitur yang memberi kita kesempatan untuk menetapkan tenggat waktu dari masing-masing step yang perlu dilakukan. Sementara fitur progress report, merupakan informasi mengenai presentase pencapaian selama proses mendapatkan program Erasmus+ berlangsung.

Terdapat empat program Erasmus yang dapat dipandu oleh program ini. Masing-masing program memiliki tahapan sendiri-sendiri, untuk dijalani.


Baca juga: Perjuangan BJ Habibie Saat Kuliah di Jerman ini akan Menginspirasi Kalian


Adapun keempat program tersebut adalah sebagai berikut:

- Higher Education – Studies

Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang ingin memiliki pengalaman untuk belajar di salah satu universitas di Eropa yang masuk ke dalam jaringan Erasmus+. Rentang pelaksanaan program tersebut berkisar dari tiga hingga satu tahun.

- Higher Education – Traineeships

Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang telah menjalani masa perkuliahan selama minimal dua semester. Program ini dikhususkan untuk calon kandidat yang ingin meningkatkan kualitas dan kesiapan mereka untuk masuk ke dunia kerja.

- Vocational E&T Learner’s Mobility

Program ini merupakan sebuah program yang menawarkan kesempatan bagi organisasi/institusi untuk mengirimkan anggotanya kesempatan menambah pengalaman di Eropa.

- Youth Exchange

Program ini ditujukan untuk pemuda berusia 13 s/d 30 tahun bertemu dengan pemuda-pemuda lain dari berbagai negara dan belajar, serta mendiskusikan banyak hal dari berbagai bidang.

Apakah Erasmus+ App Hanya Memberi Panduan?

Tidak. Selain panduan step by step, Erasmus+ App juga memiliki fitur Top Tips, News & Events, Online Learning Agreement, Learn A Languange, dan Erasmus+ Info.

Fitur Top Tips memberikan kamu informasi seputar tips menjalani kehidupan di negeri Eropa dan mengizinkan penggunanya untuk menyimpan tips yang menurut mereka bermanfaat.

Fitur News & Events memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Erasmus+, sekaligus membantu kamu mengetahui agenda Erasmus+ yang akan dilakukan di negaramu.

Adapun fitur online learning agreement dan learn a languange akan membantu kamu belajar bahasa asing, beserta tes kemampuan berbahasa asing tersebut. Sedangkan Erasmus+ Info berfungsi sebagai sumber informasi tentang semua hal mengenai Erasmus+.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa Erasmus+, klik di sini.


Bagaimana Cara Menggunakan Erasmus+ App?

Kamu dapat mengunduh aplikasi Erasmus+ App di Google Playstore bagi pengguna platform Android, maupun iTunes App Store untuk pengguna produk Apple. Selanjutnya, Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Usai pendaftaran, kamu dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan.

Untuk memulai panduan, masuk ke menu step by step. Akan disediakan empat kategori tahapan, yakni plan ahead (perencanaan), apply (pendaftaran), before you go (pra-pelaksanaan), during mobility (pelaksanaan), dan after mobility (paska pelaksanaan).

Masing-masing kategori tahapan akan menampilkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan program Erasmus+. Pada langkah-langkah tersebut terdapat kolom ceklis dan penetapan tanggal. Tetapkan deadline dari masing-masing langkah. Kemudian, laksanakan panduan-panduan sesuai dengan arahan aplikasi.

Nah, jadi tunggu apa lagi?

Kalau hanya dengan sentuhan jari saja mimpimu belajar di Eropa bisa jadi kenyataan, apa salahnya luangkan sedikit ruang di gawai pintarmu, dan segera pasang Erasmus+ App. Kamu bisa langsung mengunduhnya di sini untuk Android dan di sini untuk iOS.


Untuk informasi lengkap mengenai Kuliah di Eropa, klik di sini.