Media
Language

5 Beasiswa Untuk Kuliah di Belanda Tanpa Biaya

Last updated on 16 Dec 2018

Artikel 5 Feb 2018.jpg Photo by Hung Tran on Unsplash

Oleh Nurchalimah

Eropa masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.

Dari sekian banyak negara di Eropa yang memiliki universitas-universitas terbaik, Belanda menjadi salah satu negara yang cukup populer di kalangan mahasiswa Indonesia.

Hal ini karena Belanda memiliki budaya yang familiar, universitas terbaik hingga makanan lokal yang lezat dan mudah ditemukan.

Apa kamu termasuk salah satu yang tertarik kuliah di Belanda? Yuk simak beberapa beasiswa yang bisa kamu apply berikut ini:

1. Studeren in Nederland (STUNED)

Beasiswa pertama yang bisa dicoba untuk kamu yang ingin kuliah di Belanda tanpa biaya adalah STUNED.

Beasiswa dari pemerintah Belanda ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda.

Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ada dua program studi internasional dalam bahasa inggris yang tersedia yaitu short course (2-12 minggu) dan master course (12-24 bulan).

Beasiswa STUNED meliputi uang kuliah (maksimal EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

FYI, kamu harus memiliki surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Belanda untuk bisa mendaftar STUNED.

Dapatkan informasi lengkap mengenai Beasiswa StuNed di sini.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Belanda


2. Orange Knowledge Programme

Beasiswa kedua yang bisa kamu apply untuk kuliah di Belanda tanpa biaya adalah Orange Knowledge Programme, yang sebelumnya dikenal dengan nama Netherlands Fellowship Programme (NFP).

Beasiswa yang didanai oleh Ministry of Foreign Affairs of the Netherlands ini diadakan demi meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas individual ataupun institusi pendidikan tinggi serta kejuruan.

Untuk mendapatkan beasiswa Orange Knowledge Programme, kamu harus bersaing dengan pelamar dari 51 negara lain yang juga menjadi fokus beasiswa ini. Untuk pelamar dari Indonesia, bidang yang menjadi prioritas adalah Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship.

Ada dua program yang tersedia dalam beasiswa ini yaitu master course dan short course. Untuk daftar lengkap program studi yang dapat didanai oleh beasiswa ini, kalian bisa melihatnya di sini.

Kamu berminat?

Dapatkan informasi lengkap mengenai Beasiswa Orange Knowledge Programme di sini.


Universitas populer di Belanda: University of Groningen


3. Orange Tulip Scholarship (OTS)

Beasiswa yang satu ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan pemerintah Indonesia bagi warga negara Indonesia.

Berbeda dengan beasiswa lain, Orange Tulip Scholarship ini menyediakan program foundation yaitu sebuah program bimbingan untuk kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Jenjang studi yang tersedia dalam beasiswa ini adalah Bachelor (S1) dan Master (S2).

Ada lebih dari 36 beasiswa dalam OTS dengan nilai total lebih dari EUR 656,000 untuk jenjang Foundation, Bachelor dan Master lho.

Sebagai informasi tambahan, beasiswa ini masuk kategori beasiswa parsial ya. Selain itu beasiswa ini hanya berlaku untuk universitas tertentu di Belanda.

Untuk persyaratan, cara pendaftaran dan segala hal yang berkaitan dengan Orange Tulip Scholarship kamu bisa menemukannya di sini.

4. Holland Scholarship

Holland Scholarship merupakan salah satu beasiswa yang bisa kamu apply agar bisa kuliah di Belanda tanpa biaya.

Beasiswa ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Holland Scholarship khusus ditujukan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin menempuh program studi bachelor dan master.

Total dana yang disediakan untuk beasiswa ini adalah EUR 5,000 dan akan diberikan di tahun pertama studi.

Informasi lebih lengkap mengenai Holland Scholarship ini bisa kamu lihat di sini.


Universitas populer di Belanda: Wageningen University & Research


5. Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Nah, beasiswa terakhir yang bisa dipertimbangkan untuk kamu yang ingin kuliah di Belanda tanpa biaya adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Yups, berbeda dari empat beasiswa sebelumnya yang mayoritas dibiayai oleh pemerintah Belanda, maka kali ini kamu bisa mencoba beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Ada dua program beasiswa yang bisa kamu apply yaitu LPDP dan beasiswa Kominfo. Kedua beasiswa ini rutin dibuka setiap tahun sehingga kamu memiliki kesempatan penuh untuk mencoba beasiswa ini.

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Belanda dengan Beasiswa LPDP, temukan informasi lebih lanjut mengenai berbagai program beasiswa yang ditawarkan LPDP di sini.

Ayo wujudkan mimpimu untuk kuliah di Belanda tanpa biaya!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Belanda, klik di sini.