Media
Language

5 Manfaat Kuliah Di Eropa yang Harus Kamu Ketahui

Last updated on 23 Jan 2019

IMG_0122.PNG

Oleh Nurchalimah

Eropa bisa dibilang merupakan salah satu tujuan favorit bagi siswa/i yang ingin kuliah ke luar negeri. Ada banyak faktor yang membuat benua biru menjadi begitu populer, salah satunya adalah sistem pendidikan yang berkualitas.

Nah, apakah kamu juga berminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, khususnya Eropa?

Yuk simak beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika melanjutkan studi ke Eropa berikut ini:


Untuk info lengkap mengenai beasiswa LPDP untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Tidak ada yang meragukan kualitas pendidikan di Benua Eropa.

Sebut saja University of Oxford (Inggris), ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology (Swiss), Delft University of Technology (Belanda), Technical University of Munich (Jerman), Ecole Polytechnique (Prancis), University of Copenhagen (Denmark), hingga Lund University (Swedia).

Semua universitas ini masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia (berdasarkan QS World Rankings) dan mayoritas universitas di Eropa memiliki peringkat yang tinggi. Belum lagi berbagai dukungan finansial berupa beasiswa yang diberikan oleh pemerintah masing-masing negara ataupun Uni Eropa.

2. Standar Hidup Tinggi dan Bonus Jalan-Jalan

Kota-kota di Eropa memang dikenal dengan standar hidup yang tinggi.

Tapi dengan berpredikat sebagai mahasiswa maka kamu memiliki kesempatan untuk mencicipi gaya hidup ala Eropa dengan harga yang lebih murah lho. Banyak potongan harga dan kemudahan lainnya yang ditawarkan khusus untuk mahasiswa di sana.

Keuntungan lain yang pastinya tidak akan kamu lewatkan adalah kesempatan untuk menjelajah Eropa. Dengan kuliah disalah satu kota di Eropa, kamu bisa memanfaatkan waktu liburmu untuk berkeliling Eropa dan pastinya biaya yang kamu keluarkan lebih murah dibandingkan jika kamu berangkat dari Indonesia. Penggunaan mata uang yang sama dan visa schengen mempermudah impianmu untuk keliling Eropa.

Sebagai informasi saja, sebagai mahasiswa di Eropa kamu akan memperoleh kesempatan mendapatkan tiket (kereta atau pesawat) yang lebih murah untuk mengunjungi negara-negara di Eropa.

Misalkan saja kamu bisa menggunakan ISIC untuk mendapatkan diskon untuk homestay, tiket pesawat, restaurant dan lain sebagainya. Beberapa maskapai penerbangan murah seperti Ryanair dan Finnair juga bisa menjadi alternatif pilihan dalam mencari tiket penerbangan murah.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


3. Tradisi, Sejarah dan Budaya

Eropa merupakan salah satu benua yang kaya akan tradisi, sejarah dan budaya.

Sebut saja Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Belanda dan negara-negara lain yang tercakup dalam benua Eropa, masing-masing memiliki sejarah, tradisi dan budaya yang berbeda.

Kuliah di salah satu negara tersebut akan memberimu kesempatan mengenal berbagai macam tradisi, budaya dan sejarah. Benar-benar kesempatan emas bukan?

4. Mengasah Kemampuan Berbahasa Asing

Salah satu kemampuan yang harus kamu miliki untuk bisa kuliah di Eropa adalah kemampuan berbahasa asing termasuk bahasa inggris dan bahasa lokal. Selain itu, dengan kuliah di Eropa maka kamu akan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara. Ini juga bisa menjadi ajang untuk mempelajari bahasa baru lho.

Faktanya, semakin banyak bahasa yang kamu kuasai maka ini baik untuk masa depanmu. Dengan tinggal dan belajar di Eropa maka kamu memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan berbahasa asing langsung dengan native speaker.

Yakin kamu mau melewatkan keuntungan ini?


Untuk info lengkap mengenai beasiswa Erasmus untuk Kuliah di Eropa, klik di sini.


5. Prospek Kerja

Mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Eropa bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi karir kamu ke depannya lho. Dengan menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Eropa maka kamu tidak hanya memperkaya pengalaman hidup tapi juga menawarkan prospek kerja yang menjanjikan.

Kualitas pendidikan di Eropa tidak hanya terkenal di kalangan calon mahasiswa tetapi juga para pemilik perusahaan. Jadi karir kamu di masa depan akan sedikit lebih tergaransi jika berkesempatan mengenyam pendidikan di Eropa.

Jadi negara mana yang menjadi tujuanmu untuk melanjutkan studi di Eropa?


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Eropa, klik di sini