Media
Language

Dapat Keterampilan Baru, Satu dari Lima Alasan Kamu Harus Studi ke Portugal

Last updated on 25 Mar 2019

photo_2019-03-04 19.56.36.jpeg

Oleh Kristantinova
Berbicara soal Portugal, negeri asal pemain sepakbola terkenal, Cristiano Ronaldo, ini punya banyak hal menarik yang bisa menjadi bahan pertimbangan studimu loh.

Sebut saja, cuacanya yang hampir selalu cerah seperti di Spanyol dan makanannya yang tak kalah enak dengan makanan di Italia. Belum lagi pemandangan dan keindahan alamnya yang tak kalah menarik untuk ditelusuri.

Tidak hanya itu semua, Portugal juga memiliki sistem pendidikan dan universitas yang berkualitas.

Penasaran hal-hal apa saja yang membuat Portugal tidak kalah dengan negara Eropa lainnya? Yuk simak daftar alasannya berikut ini.

1. Pendidikan dan Universitasnya yang Berkualitas

Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai universitas dengan reputasi dan rekam jejak yang bagus di Portugal.

Sebut saja Universidade NOVA de Lisboa yang menempati posisi Top 50 untuk universitas yang berusia dibawah 50 tahun menurut QS Rankings, Universidade Catolica Portuguesa (UCP) yang memiliki reputasi bagus untuk Master di jurusan Management, dan Fakultas Arsitektur di University of Porto yang telah bertahun-tahun menjadi sekolah unggulan di Eropa.

2. Biaya Hidup yang Terjangkau

Buat kamu yang khawatir kuliah di Eropa mahal, itu berarti kamu belum menggali informasi ke semua negara di Eropa. Portugal sejauh ini merupakan negara di Eropa Barat dengan biaya hidup yang paling murah loh. Lisbon, ibukota Portugal, juga merupakan salah satu kota besar dengan biaya hidup paling murah di Eropa. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir soal biaya hidup dan biaya kuliah selama studi di Portugal.


Baca juga: Kota pelajar terpopuler di Portugal


3. Memperluas Keterampilan Bahasamu

Jika kamu memutuskan kuliah di Portugal, kamu pasti akan sedikit banyak belajar bahasa Portugal.

Tapi, tidak ada ruginya loh kamu belajar bahasa Portugal karena bahasa Portugal merupakan bahasa keenam yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini tentunya bagus untuk menambah keterampilan bahasamu dan dapat kamu manfaatkan saat kamu mencari pekerjaan nantinya.

Bahasa Portugal dapat membantu memperluas koneksimu dengan orang-orang di belahan benua lain seperti Amerika Latin, Afrika, dan Asia.

4. Cuaca yang Bersahabat

Buat kamu yang terbiasa tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia dan tidak terbiasa dengan cuaca dingin, maka Portugal adalah destinasi yang tepat buat kamu. Di kebanyakan tahun, Portugal biasanya hanya turun hujan 90 hari selama setahun. Di beberapa daerah seperti Alentejo dan Algarve, cuaca cerah dan bersinar bisa bertahan lebih dari 300 hari setiap tahunnya.

5. Makanan Khas Portugal yang Lezat

Kamu yang melanjutkan studi ke Portugal akan puas deh mencicipi berbagai macam makanan khas Portugal. Secara umum, makanan yang ada di Portugal kebanyakan berbahan baku daging, ikan, atau telur. Jadi buat kamu yang hobi makan daging dan telur, kamu bisa menemukan berbagai varian makanan enak di Portugal.


Temukan daftar universitas di Portugal, di sini.


Nah, buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Portugal, berikut ini adalah beberapa universitas di Portugal yang masuk ke dalam daftar QS World University Rankings 2018.

1. University of Porto

University of Porto menempati posisi ke 301 dalam QS World University Rankings 2018. Didirikan pada tahun 1911, universitas ini merupakan rumah dari lebih 31.000 murid dan 3.280 diantaranya adalah murid internasional.

University of Porto memiliki pengembangan riset yang kuat. Universitas ini memiliki beberapa pusat riset yang terkenal antara lain:

  • Institute of Molecular and Cell Biology
  • Institute of Molecular Pathology and Immunology
  • Research Institute of Computer Systems.

Untuk info lengkap kuliah di University of Porto, klik di sini.

2. University of Lisbon

Menempati posisi ke 305 di QS World Rankings 2018, universitas ini merupakan universitas terbesar di Portugal dengan lebih dari 47.000 murid dan 18 fakultas di dalamnya. Universitas ini memiliki beberapa jurusan yang masuk dalam QS World University Rankings by Subject 2017 seperti jurusan seni desain, teknik pertambangan, dan geografi.

Untuk info lengkap kuliah di University of Lisbon, klik di sini.

3. Universidade NOVA de Lisboa

Universitas merupakan universitas dengan peringkat tertinggi ketiga di Portugal. Didirikan pada tahun 1973, universitas ini memiliki lebih dari 19.500 murid. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, universitas masuk ke dalam daftar universitas terbaik yang berusia di bawah 50 tahun.

Untuk info lengkap kuliah di Universidade NOVA de Lisboa, klik di sini.

Pokoknya, memasukkan Portugal ke dalam daftar destinasi studimu tidak akan rugi deh.

Kamu bisa dapat kesempatan belajar dengan pendidikan yang berkualitas, belajar bahasa baru yang menjanjikan, dan juga menikmati keindahan negara Portugal yang menyenangkan untuk dijelajahi.


Untuk info lengkap kuliah di Portugal, klik di sini.