Language

Destinasi Studi dengan Biaya Terjangkau dan Menyenangkan? Portugal Jawabannya!

Last updated on 15 Dec 2019
Destinasi Studi dengan Biaya Terjangkau dan Menyenangkan? Portugal Jawabannya!

project_20190910_153532.jpg

Oleh Kristantinova


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Kalau berbicara tentang Portugal, mungkin sebagian besar dari kalian banyak yang langsung teringat dengan pemain sepakbola populer asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Tetapi tahukah kamu kalau Portugal juga patut kamu pertimbangkan jika kamu sedang berencana melanjutkan studi ke Eropa.

Suguhan pemandangan kota yang menggabungkan bangunan tua dan modern, cuaca yang cerah dan bersahabat serta biaya hidup yang terjangkau hanyalah tiga dari banyak alasan mengapa Portugal menjadi destinasi studi incaran mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia.

Penasaran apalagi sih alasan dan keuntungan memilih Portugal sebagai destinasi studimu di Eropa? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Banyaknya universitas berkualitas

Kamu dapat menemukan banyak universitas dengan reputasi dan track record yang bagus di Portugal. Lima universitas yang ada di Portugal masuk ke dalam QS World University Rankings 2018. Selain itu, sistem pendidikan tinggi di Portugal juga merupakan yang terbaik ke 35 di dunia berdasarkan QS Higher Education System Strength Rankings. University of Lisbon sebagai universitas terbesar di Portugal yang didirikan sejak tahun 1911 memiliki lebih dari 50.000 murid dan menawarkan banyak sekali program studi yang telah diakui secara internasional. Universitas ini masuk ke dalam top 100 untuk beberapa program studi seperti art & design, teknik pertambangan dan geografi.

Kemudian ada Universidade NOVA de Lisboa yang menempati posisi Top 50 untuk universitas yang berusia di bawah 50 tahun berdasarkan QS Ranking dan the Universidade Catolica Portuguesa (UCP) yang memiliki jurusan Masters in Management terkenal di dunia. Ada juga University of Porto yang 10% dari total keseluruhan muridnya merupakan mahasiswa internasional. Universitas ini terkenal dengan fakultas Arsitekturnya sebagai salah satu sekolah arsitektur terbaik di Eropa selama lebih dari 1 dekade. Universitas ini juga dikenal dengan riset akademiknya yang kuat. Universitas ini memiliki beberapa pusat riset biologi dan komputer yang sudah diakui secara global.


Temukan universitas di Portugal yang sesuai dengan jurusan kuliahmu di sini!


Biaya kuliah yang terjangkau

Jika dirata-rata, biaya kuliah di Portugal untuk universitas negeri berkisar di angka 1.500 Euro per tahun baik untuk program Sarjana maupun Master, sedangkan untuk universitas swasta biayanya berkisar di angka 4.000 Euro setahun. Angka ini tentu jauh lebih rendah dibandingkan dengan kuliah di negara lain yang ada di Eropa Barat.

Biaya hidup murah

Tahukah kamu kalau Portugal merupakan salah satu negara di Eropa Barat yang memiliki biaya hidup paling murah, dan Lisbon menjadi kota besar yang paling terjangkau biaya hidupnya di Eropa? Dengan 600-800 Euro sebulan kamu sudah bisa hidup dengan tercukupi loh di Lisbon. Biaya tersebut sudah mencakup akomodasi, makan, transportasi, dan keperluan pribadi kamu yang lainnya. Itu kalau kamu tinggal di Lisbon, kalau kamu memilih universitas di kota lain seperti Coimbra, kamu mungkin hanya menghabiskan biaya sekitar 500-600 Euro per bulan untuk keberlangsungan hidupmu selama di sana.

Selain itu, pelajar-pelajar di Portugal juga bisa mendapatkan harga khusus yang lebih murah jika ingin masuk ke museum dan tempat-tempat bersejarah. Jadi, Portugal dapat menjadi pilihan yang tepat kalau kamu mencari destinasi studi yang tidak mahal namun memiliki universitas dan pengalaman studi yang berkualitas.

Negara kecil yang mudah dieksplor

Portugal-Map.jpg Foto oleh handluggageonly.co.uk

Tinggal di negara yang tidak terlalu besar dapat menguntungkan loh karena kamu bisa mengelilingi dan mengeksplor negara tersebut tanpa perlu membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang banyak. Di Portugal kamu akan menemui banyak pantai yang jarak antara satu pantai dengan pantai yang lain hanya sekitar 20 sampai 30 menit saja. Jika kamu sedang libur sekolah, kamu bisa mengunjungi kota lain untuk daytrip saja.

Penduduk lokal yang ramah dan bersahabat

Selain universitas dan biaya hidup, masyarakat lokal di Portugal juga sudah terkenal dengan keramahannya terhadap orang asing, apalagi pelajar internasional yang sedang belajar di sana. Jangan heran kalau kamu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat lokal di sana. Pelukan dan ciuman sudah menjadi hal wajar saat menyapa, apalagi jika sudah kenal akrab. Sikap masyarakat lokal yang ramah dan bersahabat tentunya dapat menunjang keberlangsungan studimu selama di Portugal.

Bahasa lokalnya yang sudah terkenal secara global

Tahukah kamu kalau bahasa Portugal merupakan bahasa keenam yang paling banyak digunakan di dunia? Meskipun kelihatannya jauh lebih terkenal bahasa Jerman dan Prancis, bahasa Portugal lebih banyak digunakan di dunia loh. Ada sekitar 236 juta orang di dunia yang berbicara menggunakan bahasa Portugal sedangkan bahasa Jerman digunakan oleh 79 juta orang dan bahasa Prancis digunakan oleh 76 juta orang.

Jadi, berinteraksi dan mempelajari bahasa Portugal akan menjadi nilai tambah di CV mu loh. Kamu bisa menciptakan koneksi dan memperluas jaringan pertemanan dan karirmu ke Amerika Selatan, Eropa, Afrika, dan juga Asia yang menggunakan bahasa Portugal sebagai bahasa lokal mereka. Jangan salah, orang-orang di Macau dan Cina juga ada yang bisa berbicara dengan bahasa Portugal loh karena Macau merupakan bekas jajahan Portugal dulunya.

Cuacanya yang bersahabat

islands-in-portugal-cover.jpg Foto oleh escape.com.au

Tidak hanya masyarakat lokalnya saja yang bersahabat, tetapi cuaca di Portugal juga sama bersahabatnya dengan penduduknya. Cuaca di Portugal hampir selalu cerah dan hujan biasanya hanya datang 90 hari dalam satu tahun. Jika kamu senang menghabiskan waktu untuk aktivitas outdoor tentu cuaca yang cerah dan bersahabat ini akan sangat menguntungkan.

Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan

Bicara soal Portugal, pasti tidak jauh-jauh dari pantai karena memang lanskap negara ini dikelilingi oleh pantai. Jika kamu senang dengan olahraga air seperti berselancar dan scuba-diving, maka Portugal sudah siap menyuguhkan tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi nih. Tetapi kalau kamu tidak suka dengan olahraga air pun kamu tetap bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk berenang, berjemur, atau mengikuti festival musik yang banyak diadakan di pantai-pantai di sana. Selain itu, kalau kamu senang dengan bola, tidak ada salahnya juga loh kamu menonton pertandingan bola liga Portugal. Barangkali kamu bisa menyaksikan pemain bola yang nantinya akan sama terkenalnya seperti Cristiano Ronaldo.

Pemandangan kota-kotanya yang begitu cantik

porto.jpeg Foto oleh escape.au.com

Kalau kamu senang dengan bangunan-bangunan tua yang bersejarah, Portugal juga memiliki pemandangan indah tersebut. Kamu bisa mengelilingi kota Lisbon yang kaya akan sejarah sambil mengunjungi museum-museum di sana. Castle of Sao Jorge merupakan salah satu tempat dengan view terbaik di kota Lisbon. Jika kamu sedang libur, kamu bisa mengunjungi Sintra dengan kereta api untuk one-daytrip. Di sana kamu akan menemukan bangunan berarsitektur klasik yang juga merupakan situs peninggalan UNESCO. Jika ingin yang lebih jauh, kamu juga mengunjungi kota Evora yang berjarak 130 km dari kota Lisbon. Evora memiliki kuil-kuil bergaya Roma klasik yang juga merupakan situs peninggalan UNESCO.

Makanan lokal yang enak-enak

Kebanyakan makanan di Portugal berbahan baku daging, ikan, dan telur. Kalau kamu bukan vegan, maka kamu tidak akan pernah kelaparan di sini karena variasi makanan di Portugal sangat beragam, mulai dari makanan berat hingga dessert nya. Beberapa makanan lokal yang dapat kamu jumpai di Portugal antara lain adalah sepiring ikan sarden bakar yang akan banyak dijumpai di festival-festival musim panas. Kemudian ada juga Francesinha Sandwich yang isinya terdiri dari roti, daging, sosis, keju leleh, dengan telur di atasnya. Tidak lupa juga dessert ikonik khas Portugal, egg tart yang terbuat dari tepung, mentega, telur, kayu manis dan gula.

Peluang karir yang terbuka lebar

Kabar mengenai krisis ekonomi yang menerpa negara ini memang benar adanya. Tetapi hal itu tidak membuat Portugal menjadi destinasi studi yang buruk. Faktanya, jika kamu berkuliah di Portugal maka kamu akan menemukan banyak peluang karir karena ada banyak perusahaan start-up yang berkembang di Portugal dan siap membuka diri untuk fresh graduate.

Nah, itu tadi adalah beberapa alasan mengapa Portugal adalah negara yang menarik dan patut kamu pertimbangkan sebagai destinasi studimu. Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Yuk mulai cari-cari universitas yang cocok denganmu dan dapatkan pengalaman kuliah menyenangkan nan terjangkau di Portugal!