Media
Language

Belajar dan Berbahagia di Surga Cokelat Belgia

Last updated on 23 Sep 2018

IMG_7706.PNG Photo by Hannah Pemberton via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Memperkaya pengalaman, sekaligus menikmati cokelat terbaik dunia, bisa kamu dapat sekaligus apabila memilih Belgia sebagai negara tujuanmu melanjutkan kuliah. Negara yang terletak di Barat benua Eropa ini memang dikenal dengan surganya cokelat. Ribuan toko cokelat, dengan berbagai jenis dan rasa, ada di Belgia.

Tapi tentunya, kuliah di Belgia tidak hanya menyoal pengalaman dan cokelat saja. Negara kelahiran Herge, penulis komik dan seniman yang terkenal dengan karya The Adventure of Tintin itu tentunya memiliki berbagai alasan lain yang tak kalah menarik untuk kamu jadikan sebagai destinasi utama untuk melanjutkan kuliah. Apa saja? Mari simak pembahasan berikut ini.


Untuk daftar lengkap universitas di Belgia, klik di sini.


Beasiswa bagi Mahasiswa Internasional

Bagi kamu yang ingin kuliah tanpa menggunakan biaya pribadi, Belgia telah menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Kamu bisa memanfaatkan beasiswa kuliah di pemerintah Belgia seperti Belgian Developmenat Agency (BTC) Schloarships, VLIR-UOS Training and Masters Scholarships, CIUF-CUD Scholarships, dan Eramus Mundus Scholarship Programs in Belgium, maupun beasiswa dari pihak swasta.

Biaya Hidup Murah

Kekhawatiran kamu akan biaya hidup dan biaya pendidikan yang tinggi, tatkala menempuh pendidikan di Eropa, boleh jadi bisa diatasi apabila kamu kuliah di Belgia. Biaya pendidikan dan biaya hidup di sini relatif murah. Terlebih, jika kamu seorang dengan gaya hidup yang sederhana. Selain itu, untuk memperingan beban biaya dalam menjalani kehidupan sehari-hari, Belgia juga mengizinkan mahasiswa yang menempuh pendidikan di sana untuk bekerja part time. Jadi, tidak hanya mendapatkan kesempatan kuliah dan hidup dengan biaya murah, kamu juga bisa menambah uang saku yang bisa digunakan untuk berwisata ria.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Belgia.


Kesempatan Belajar Tiga Bahasa

Selain bahasa Inggris, kamu juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing lain. Sebab, di Belgia terdapat tiga bahasa asing yang umumnya dikuasai oleh masyarakat. Ketiga bahasa tersebut adalah bahasa Perancis, Belanda dan Jerman. Jadi, selain kehidupan multikultural, Belgia juga menawarkan multilingualisme dan institusi pendidikan tinggi di sana memprioritaskan peningkatan kemampuan berbahasa asing.

Membuka Kesempatan Menambah Jaringan Internasional

Belgia membuka kesempatan bagi kamu untuk menambah jaringan internasional. Sebab, Belgia merupakan salah satu negara yang menjadi pusat Eropa dengan aktivitas perdagangannya. Selain itu, negara dengan segudang bangunan kuno tersebut merupakan ibukota Uni Eropa dan juga ‘rumah’ bagi NATO.

Oleh karena itu, siapapun yang memilih untuk menempuh pendidikan di sana, sudah barang tentu mendapatkan kesempatan lebih mudah terhubung dengan jaringan internasional dan berhubungan dengan masyakarat yang multikultural.


Universitas Populer di Belgia: Université Libre de Bruxelles


Keindahan Pesona Abad Pertengahan

Belgia adalah negara yang mempesona. Hidup di Belgia dapat membawa kamu seakan tengah hidup di abad pertengahan. Terdapat bangunan-bangunan megah dan ikonik yang tersebar di kota-kota di sana. Keindahan alam Belgia pun juga tak kalah indah. Maka tidak heran, negara ini kerap kali dijadikan destinasi wisata bagi turis dari berbagai belahan dunia.

Kamu tidak cuma akan dimanjakan dengan pesona Belgia. Sebagai negara dengan ‘segudang’ bangunan klasik yang terawat baik, Belgia juga bisa kamu jadikan sebagai negara yang akan memperkaya pengalaman dan wawasanmu mengenai sejarah peradaban dunia. Berkat letak geografisnya, negara ini menjadi saksi bagaimana pergolakan ekonomi, politik dan kebudayaan kerajaan romawi terjadi.

Surganya Penikmat Cokelat

Bila kamu seorang penikmat coklat, kamu patut berbahagia. Sebagaimana telah dibahas pada bagian pembuka, Belgia memang merupakan pusatnya cokelat. Terdapat sekitar 2.100 toko cokelat di sana. Ditambah lagi, kamu akan menemukan berbagai festival cokelat yang sering diadakan oleh penduduk asli, maupun para pendatang. Tentunya hal tersebut akan sangat menyenangkan bagi kamu yang benar-benar mencintai cokelat.

Tidak cuma bisa merasakan kenikmatannya, tersedianya berbagai macam cokelat di sana juga dapat mengurangi risiko timbulnya stres. Hal tersebut lantaran cokelat mengandung zat anandamide yang dapat menenangkan kerja otak, phenethylamine yang akan membuat kamu merasa lebih bahagia, serta flavonol yang memperlancar aliran darah ke otak, sehingga membuat kamu dapat lebih berkonsentrasi.

+++

Nah, dengan berbagai alasan di atas, bukankah sudah sepatutnya kamu mempertimbangkan Belgia sebagai negara tujuan dalam melanjutkan kuliah? Tentunya. Sebab, tidak hanya keuntungan dalam segi akademis saja, manfaat bagi kesehatan fisik dan mental juga mampu kamu rasakan di sana. Yuk kuliah di Belgia, karena belajar akan menjadi lebih bahagia!


Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Belgia, klik di sini.