Language

Apa Itu Gates Cambridge? Yuk Cari Tahu!

Last updated on 05 Dec 2019
Apa Itu Gates Cambridge? Yuk Cari Tahu!

Gates.jpg Sumber: fscho.com

Oleh Kristantinova

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi S2 di Inggris dengan jalur beasiswa, apakah kalian pernah mendengar tentang Gates Cambridge sebelumnya? Gates Cambridge adalah program beasiswa yang diselenggarakan pertama kali pada Oktober 2000 melalui donasi dari Bill dan Melinda Gates untuk Universitas Cambridge. Donasi yang diberikan adalah 210 juta USD yang merupakan donasi terbesar yang pernah diberikan kepada universitas di Inggris. Tujuan dari program beasiswa Gates Cambridge adalah untuk membangun jaringan global antara pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk memperbaiki kehidupan orang banyak.

Beasiswa ini diberikan untuk siswa postgraduate students (jenjang setelah S1) yang menunjukan standar intelektual yang tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan berkomitmen untuk membuat kehidupan yang lebih baik untuk orang banyak.

Untuk tahun pelajaran 2020/2021-2022, Gates Cambridge menyediakan 80 beasiswa penuh untuk mahasiswa dari seluruh penjuru dunia (kecuali Inggris) untuk melanjutkan pendidikan di Cambridge University. Sekitar dua pertiga dari beasiswa ini didedikasikan untuk mahasiswa jenjang S3 atau PhD. Sisanya, terdapat 25 ditujukan untuk warga negara Amerika Serikat dan 55 tersedia untuk seluruh warga negara lainnya.

Yang membedakan program beasiswa Gates Cambridge dari program beasiswa lainnya adalah titik berat terhadap kepemimpinan sosial dan tidak adanya batas umur untuk mendaftar. Maka dari itu, sangat diharapkan untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini untuk mendedikasikan hidupnya untuk membangun jaringan kemanusiaan yang dinamis dengan sesama awardees di Gates Cambridge Scholars Council.

Untuk mendapatkan beasiswa Gates Cambridge, Kamu bisa memilih seluruh program studi yang tersedia di Cambridge University, kecuali:

  • Program studi di strata S1 seperti Bachelor of Arts (BA) atau afiliasi Bachelor of Arts (BA kedua)
  • Master of Business (MBA)
  • Master of Finance (MFin)
  • PGCE
  • MBBChir Clinical Studies
  • MD Doctor of Medicine degree (6 years, part-time)
  • Graduate Course in Medicine (A101)
  • Part-time degrees
  • Non-degree courses

Apabila kamu berhasil mendapatkan beasiswa Gates Cambridge, berikut adalah hal-hal yang dibiayai oleh beasiswa tersebut:

  1. Biaya kuliah

  2. Biaya hidup selama berkuliah di Cambridge (14.900 Poundsterling per tahun pada tahun 2017-2018)

  3. Biaya tiket pesawat ekonomi menuju dan dari Inggris pada saat memulai dan mengakhiri kuliah di Cambridge

  4. Biaya visa dan IHS (Immigration Health Surcharge)


Baca juga:


Selain hal-hal diatas, Gates Cambridge juga akan mempertimbangkan beberapa pendanaan tambahan seperti dana pengembangan akademik yang biayanya berkisar antara 500-2.000 poundsterling, biaya keluarga, biaya tak terduga, biaya melahirkan, dan lain-lain yang mana secara rinci bisa kamu lihat di sini.

Pasti kamu ingin tahu proses pemilihan mahasiswa yang pantas mendapatkan beasiswa Gates Cambridge. Proses pemilihan awardees terdiri dari tiga tahapan: Pertama, dewan penilai mendapatkan skor dan nominasi pendaftar yang memenuhi syarat dari setiap fakultas. Bagi yang mendapatkan nominasi (biasanya hanya sebagian kecil dari jumlah pendaftar) akan selanjutnya dipertimbangkan lewat prestasi akademis dari seluruh pendaftar pada tahun itu dan juga terbukti memenuhi standar karakter yang diinginkan oleh Gates Cambridge.

Kedua, dewan penilai akan membuat daftar pendek dari daftar nominasi sebelumnya beasiswa dan mengelompokkannya menurut bidang studinya. Daftar ini lalu dikirim ke Shortlisting Committees untuk menganalisa hasil tulisan dari motivation letter yang ditulis sampai letter of recommendation yang disertakan saat mendaftar. Dengan menggunakan pedoman standar kriteria Gates Cambridge, mereka akan mengidentifikasi siapa yang pantas untuk masuk tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Tahap ketiga dan terakhir adalah wawancara. Tahap wawancara mungkin tahap yang paling kompetitif karena orang-orang yang masuk sampai ke tahap ini sudah melalui tahapan-tahapan penyisihan sebelumnya. Seluruh kandidat yang masuk daftar pendek akan di wawancara dinilai dari segi kecocokan kriteria ideal yang ditetapkan Gates Cambridge. Untuk memahami langsung proses wawancara ini, baca di laman ini.

Apabila kamu berencana untuk mendaftarkan diri di program beasiswa Gates Cambridge, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan seperti pernyataan tertulis maximum 500 kata mengenai alasan kenapa kamu adalah orang yang pantas mendapatkan beasiswa Gates Cambridge.

Pernyataan tertulis tersebut akan digunakan oleh Gates Cambridge sebagai cara mengenal kandidat-kandidat yang telah di nominasikan fakultas berdasarkan alasan akademis. Lewat pernyataan tertulis ini juga, kamu sebagai kandidat dapat menunjukan kapasitasmu untuk memimpin dan berkomitmen untuk memperbaiki kehidupan orang banyak. Bagian dari pendaftaran ini adalah dimana dewan penilai akan melihat latar belakang, prestasi, pengalaman, dan rencana masa depan kandidat jika semua itu cocok dengan program beasiswa Gates Cambridge.

Selain pernyataan tertulis, kamu juga harus memilih seorang referensi yang bersifat non-akademik untuk mendukung pernyataanmu. Kamu bisa memilih rekan kerja atau atasanmu di tempat kerja yang bisa memberikan pernyataan mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa Gates Cambridge.

Pendaftar juga disarankan untuk tidak memilih keluarga, teman atau orang lain yang kurang memenuhi kualifikasi untuk menjadi referensi mereka karena ditakutkan kurang bisa memberikan pernyataan yang sesuai dengan kriteria Gates Cambridge.

Bagi kamu yang mendaftar untuk S3, Gates Cambridge mengharuskan pendaftar S3 untuk menyertakan proposal penelitian sebagai bagian dari dokumen mendaftar program beasiswa ini. Proposal penelitian hanya perlu sekitar dua halaman, tapi kamu juga harus mengecek persyaratan untuk program studi dan fakultas yang kamu tuju mengenai panjang dan formatnya.

Jika kamu berencana untuk mendaftarkan diri mengikuti program beasiswa Gates Cambridge untuk tahun 2020 pendaftarannya sudah dibuka sejak 9 September 2019. Tergantung dari jurusan yang kamu tuju, pendaftarannya akan berakhir pada 3 December 2019 atau 7 Januari 2020. Kamu bisa mengecek jurusan-jurusan tersebut disini.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Segera daftarkan dirimu untuk berpeluang mendapatkan kesempatan studi dengan beasiswa di Cambridge University!